10+ Aplikasi Membuat Flowchart Gratis Online dan Offline

Flowchart atau diagram alur merupakan sebuah diagram yang digunakan yang menunjukkan suatu tahapan atau proses. Untuk membuat flowchart, Anda dapat mengandalkan beberapa aplikasi membuat flowchart terbaik berikut ini.

Rekomendasi Aplikasi Membuat Flowchart

#1. Diagram Ring

free aplikasi flowchart

Diagram Ring merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda membuat diagram secara gratis, seperti diagram cincin, diagram batang, diagram kelas, diagram kasus, diagram alur, dan lain-lain.

Dengan Diagram Ring, membuat flowchart atau diagram alur dapat dilakukan dengan mudah karena aplikasi ini dilengkapi dengan dua mode, yaitu mode pilih dan mode hubungkan.

Mode pilih memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa bentuk yang berbeda ke flowchart atau diagram, sedangkan mode hubungkan dapat membantu pengguna aplikasi untuk menghubungkan bentuk-bentuk yang dipilih dengan garis.

Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengganti atau menyesuaikan ukuran huruf pada diagram dengan leluasa.

#2. Microsoft Visio

aplikasi membuat flowchart

Microsoft Visio merupakan salah satu aplikasi pembuatan flowchart yang populer. Aplikasi besutan Microsoft ini dapat digunakan untuk membuat flowchart atau diagram alur, diagram, bagan organisasi,  denah rumah atau floor plan desain teknik, dan sebagainya.

Dengan aplikasi ini, anggota tim dapat mengerjakan diagram secara bersamaan.

Ini karena pengguna Microsoft Visio dapat menghubungkan diagram dan data yang dibuat ke data real-time sehingga setiap perubahan yang terjadi di dalam data dasarnya dapat terlihat melalui format bentuk yang diterapkan.

Microsoft Visio memiliki versi web yang dapat diakses melalui browser apa pun dan kapan pun.

Dari segi fungsi dan fitur, Microsoft Visio dibekali dengan pilihan diagram serta template grafik yang bervariasi.

Hal ini sangat berguna karena pengguna aplikasi memiliki banyak pilihan diagram yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

#3. Dia Diagram Editor

aplikasi diagram gratis

Salah satu aplikasi pembuat flowchart yang bersifat gratis dan open source adalah Dia Diagram Editor.

Aplikasi yang dapat digunakan di berbagai platform (Windows, Linux, dan Mac OS) ini dikembangkan oleh Alexander Larson sebagai bagian dari GUI yang disebut GNOME.

Para analis memanfaatkan Dia untuk membuat diagram alur, diagram antar entitas, diagram UML, diagram logic, hingga diagram networkingCisco.

Diagram tersebut dapat disimpan dalam berbagai ekstensi atau format file seperti JPG, PNG, CGM, WMF, VDX, dan sebagainya.

Selain dapat menyimpan file dalam berbagai format, aplikasi pembuat diagram ini juga dapat membuka serta mengolah file gambar dengan berbagai format XML.

Keuntungan menggunakan aplikasi ini adalah pengguna dapat menambah objek atau bentuk baru dengan cara membuat file XML sederhana yang berformat SVG.

#4. Rational Rose

Download aplikasi flowchart

Software untuk membuat flowchart yang selanjutnya adalah Rational Rose, yang merupakan tools permodelan visual untuk pengembangan sistem berbasis objek.

Tools ini sangat handal dalam membantu pengembang melakukan analisis serta perancangan sistem.

Selain dapat membantu para pengembang memahami sistem secara komprehensif, Rational Rose juga membantu proses analisis sistem melalui diagram-diagram yang dibuat oleh pengembang.

#5. yED Graph Editor

aplikasi flowchart gratis

Selain Microsoft Visio, ada juga aplikasi yED Graph Editor yang dapat digunakan untuk membuat diagram dengan cepat dan efektif.

Aplikasi ini berupa aplikasi desktop gratis yang dapat digunakan di berbagai platform utama  seperti Windows, Mac OS X, dan Unix/Linux.

yED Graph Editor juga menyediakan fitur yang mendukung berbagai format diagram sehingga memungkinkan penggunanya untuk membuat diagram baik secara manual maupun mengimpor data eksternal untuk keperluan manipulasi atau analisis.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat mind map, bagan organisasi, ERD, diagram swimlane, dan masih banyak lagi.

Fitur yang disediakan yED Graph Editor di antaranya adalah antarmuka pengguna yang intuitif, ekspor bitmap dan grafik vektor, impor data eksternal dari spreadsheet Excel, serta pengaturan otomatis elemen diagram.

Aplikasi ini dapat digunakan oleh pemula, tetapi juga dilengkapi dengan kontrol yang dibutuhkan oleh profesional.

#6. ThinkComposer

Download ThinkComposer Gratis

ThinkComposer adalah aplikasi pembuat diagram atau bagan yang tampilannya lebih kompleks dan profesional jika dibandingkan dengan Dia Diagram Editor dan yED Graph Editor.

Hal ini wajar karena software atau aplikasi ini memang didesain untuk orang-orang yang sudah mahir.

ThinkComposer menyediakan berbagai menu sehingga diagram yang dihasilkan pun lebih bervariasi, seperti timeline, business model, tree diagram, class diagram, dan use case diagram.

Software yang bersifat gratis ini dapat digunakan di PC dengan berbagai sistem operasi mulai dari Windows XP sampai Windows 8.

#7. Diagram Designer

aplikasi pembuat flowchart

Diagram Designer adalah aplikasi pembuat diagram yang dilengkapi dengan grafis pradesain yang mencakup berbagai bentuk dasar (segala jenis lingkaran, kotak, dan panah).

Pengguna aplikasi ini juga dapat mengubah atau menyesuaikan format grafis yang dibuat. Diagram Designer dilengkapi dengan menu menggabungkan grafis dengan panah agar menjadi satu kesatuan.

Dengan aplikasi gratis ini, pengguna juga dapat mengimpor berkas dalam berbagai format, mulai dari JPG, PNG, BMP, PCX, hingga GIF.

Pengguna aplikasi ini juga dapat menggabungkan template-template yang terpisah dengan menggunakan objek dan simbol. Untuk persamaan matematika dan akar kuadrat, aplikasi ini menyediakan plotter.

#8. Gliffy Diagram

Gliffy Diagram aplikasi gratis

Bagi Anda yang ingin membuat diagram alur atau flowchart yang berbasis web, Gliffy Diagram adalah aplikasi yang tepat.

Aplikasi ini sangat mudah dipelajari sehingga sangat cocok untuk para pemula.

Hanya dengan memindahkan shape dari panel kiri ke template, pengguna aplikasi ini akan langsung mendapatkan diagram Venn, flowchart, atau jenis diagram lain yang terlintas di benak.

Ada banyak bentuk dan ikon yang dapat dipilih di aplikasi ini. Selain itu, pengguna Gliffy Diagram juga dapat menambahkan bentuk buatan sendiri dengan mudah.

Hal ini dapat terjadi karena grid bawaan pada aplikasi ini tertata rapi, membuat setiap elemen berada di tempatnya. Alhasil, membuat flowchart dengan aplikasi ini dapat dilakukan dengan cepat.

#9. Pencil Project

Aplikasi Pencil Project

Pencil Project termasuk aplikasi opensource gratis. Aplikasi ini mudah digunakan untuk membuat prototipe antarmuka pengguna atau Graphical User Interface (GUI).

Umumnya, GUI digunakan untuk membuat mockup yang populer di kalangan pengguna komputer atau PC.

Pencil Project memiliki banyak bentuk bawaan yang dapat digunakan untuk menggambar berbagai jenis antarmuka pengguna baik dari desktop ke platform seluler, yaitu elemen flowchart, fitur shape, bentuk desktop/web UI, bentuk android, serta IOS GUI.

Pencil Project mendukung pembuatan diagram dan ekspor ke ke berbagai format output (Adobe PDF, inkscape SVG, dan lain-lain), dokumen Open Office/Libre Office, serta penautan antar halaman.

Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan OpenClipart.org sehingga pengguna dapat mencari clipart dengan mudah di internet.

#10. PlantUML

PlantUML aplikasi flowchart

Aplikasi untuk membuat flowchart yang terakhir adalah PlantUML. Dengan aplikasi PlantUML, Anda tidak perlu membuat flowchart atau diagram alur secara manual karena software ini dapat membantu membuat flowchart dengan bantuan bahasa script.

Software atau aplikasi ini berbasis Java sehingga Anda harus memiliki Java terlebih dahulu untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Jenis-jenis diagram yang dapat dihasilkan oleh PlantUML di antaranya class diagram, sequence diagram, network, timing diagram, dan Gantt Chart.

Itu tadi beberapa aplikasi pembuat flowchart online maupun offline yang bisa di download secara gratis. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Leave a Comment