Pengertian, Manfaat Hingga Contoh Class Diagram

Class diagram mampu memberikan pandangan yang lebih luas tentang suatu sistem. Berikut merupakan pengertian, manfaat dan contoh class diagram.

Tisucoding.com – Fungsi class diagram ternyata mampu memberikan pandangan yang lebih luas tentang suatu sistem tertentu. Cara kerjanya ialah dengan menunjukkan kelas dan juga hubungan-hubungan yang dimilikinya.

Karena cara kerjanya, hal tersebut membuat class diagram memiliki sifat yang statis. Mengapa demikian? Ini karena  diagram kelas tidak bisa memberikan gambaran apa yang terjadi jika mereka saling berhubungan satu sama lain. Melainkan akan memberikan gambaran hubungan apa yang sedang terjadi.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memahami pengertian, manfaat hingga contoh class diagram di bawah ini.

Pengertian, Manfaat dan Contoh Class Diagram

Pengertian Class Diagram

pengertian class diagram
Source: sites.google.com

Pengertian class diagram menurut para ahli secara umum adalah alur jenis diagram yang bisa dengan jelas memetakan suatu struktur sistem tertentu dengan cara memodelkan kelas, atribut, operasi dan juga hubungan antar objek satu sama lain.

Hal inilah yang membuat class diagram menjadi jenis diagram terpenting pada UML (Unified Modeling Language)

Class diagram akan menggambarkan dan mendeskripsikan suatu class, atribut ataupun objek bahkan juga hubungan satu sama lain seperti dalam hal asosiasi, containment, pewarisan dan lain sebagainya.

Manfaat Class Diagram

manfaat class diagram
Source: tinobusiness.com

Banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh class diagram satu ini. Berikut adalah beberapa manfaat class diagram UML yang patut Anda ketahui:

  1. Class diagram dapat memberikan gambaran tentang implementasi independen dari suatu jenis sistem dipakai, yang kemudian akan dilewatkan diantara berbagai macam komponen class diagram yang dimilikinya
  2. Hanya dengan menggunakan class diagram bisa dibuat sebuah bagan yang terlihat lebih jelas dan juga terperinci. Hal tersebut dilakukan dengan cara memperhatikan kode spesifik yang diperlukan oleh suatu program. Cara inilah yang nantinya akan diimplementasikan ke bagian visual dari struktur yang akan digambarkan
  3. Manfaat berikutnya ialah dapat digunakan untuk menyatakan secara visual tentang kebutuhan spesifik dari suatu informasi dan juga dapat menyebarkan berbagai macam informasi tersebut secara merata ke semua bisnis
  4. Dengan mempelajari jenis diagram ini maka akan membantu untuk meningkatkan pemahaman tentang gambaran umum skema dari suatu aplikasi yang digunakan
  5. Bermanfaat untuk memberikan gambaran tentang suatu model data untuk sistem informasi, bahkan gambaran tersebut bisa ditampilkan untuk model data yang sederhana maupun kompleks.

Simbol Class Diagram dan Fungsinya

fungsi simbol class diagram
Source:nidhomasary04.wordpress.com

Komponen Dasar Class Diagram

komponen class diagram
Source: prelo.co.id

Terdapat 3 komponen dasar dari diagram kelas atau class diagram dimana ketiga bagian tersebut merupakan bagian pokok dari diagram tersebut.

  1. Bagian Atas

Pada bagian atas nama class atau nama kelas. Saat membahas tentang classifier ataupun objek bagian ini menjadi bagian yang sangat penting dan harus ada. Tentunya setiap class yang ada memiliki nama yang berbeda untuk membedakan dengan class lainnya.

Untuk nama dikenal dengan simple name (nama sederhana) serta path name (nama path).

  1. Bagian Tengah

Pada bagian tengah berisikan berbagai macam atribut kelas. Bagian tengah berfungsi untuk memberikan penjelasan kualitas dari suatu kelas.

Bagian tersebut hanya akan digunakan saat menjelaskan suatu kelas tertentu. Singkatnya, atribut yang ada bisa memberikan penjelasan tentang rentang nilai dari sifat tersebut.

Contohnya ialah atribut yang menggambarkan tentang beberapa sifat yang dimodelkan sehingga bisa dengan mudah dibagikan ke semua objek yang ada di dalam kelas. Seperti setiap pohon yang ada, tentunya memiliki tinggi, lebar dan bahkan ketebalan (jari-jari).

  1. Bagian Bawah

Yang termasuk dalam bagian ini adalah ialah operasi kelas (metode), yang mana ditampilkan dengan menggunakan format datar, setiap operasi yang ada pun mengambil jalurnya sendiri-sendiri.

Operasi yang ada menggambarkan tentang suatu kelas yang melakukan interaksi dengan basis data.

Objek tersebut bisa mewakili sesuatu yang nyata di dalam domain suatu masalah. Contohnya adalah konsumen, seperangkat komputer, sebuah barang atau bahkan sebuah konsep seperti pembayaran barang, pengembalian buku dan lain sebagainya.

Dari beberapa objek tersebutlah yang nantinya bisa diabstraksikan ke dalam candidate class yang terlibat di dalamnya.

Hubungan Antar Kelas

hubungan class diagram
Source: darunnajah.com

Ada beberapa hubungan antar class yang dijelaskan pada penjelasan berikut ini:

  1. Asosiasi

Hubungan asosiasi merupakan sebuah hubungan yang statis antar class. Pada umumnya, hubungan tersebut menggambarkan sebuah class yang mempunyai atribut seperti pada class lainnya. Asosiasi biasanya juga disertai dengan jenis class yang membutuhkan informasi tentang eksistensi dari class lainnya.

  1. Agregasi

Hubungan agregasi merupakan hubungan menyatakan suatu bagian dari satu class ke class lainnya.

  1. Pewarisan

Pewarisan merupakan hubungan urutan atau jenjang antar class. Contohnya yakni suatu class bisa mewarisi semua atribut yang ada, serta metode class asli dengan cara menurunkannya ke class lain sehingga ia dipanggil sebagai anak yang mewarisi dari class lainnya.

  1. Hubungan Dinamis

Hubungan dinamis memiliki arti suatu message (rangkaian message) yang dilalui oleh suatu class ke class yang lainnya. Hubungan satu ini juga bisa digambarkan dengan menggunakan sequence diagram.

Contoh Class Diagram

Ada beberapa contoh class diagram sederhana yang bisa Anda amati seperti pada pembahasan berikut ini:

  1. Contoh Class Diagram untuk Sistem Pembelian Barang
    Contoh Class Diagram
    Source: sideplayer.info

Dalam contoh dijelaskan adanya hubungan dari setiap objek, mulai dari pemesanan hingga pembayaran.

  1. Contoh Class Diagram untuk Sistem ATM
    diagram class
    Source: lavieordinairedunebretonne.com

Pada contoh diagram class satu ini memang terlihat lebih sederhana, karena bagi mereka para nasabah hanya perlu menekan beberapa tombol saja untuk mengambil uang di ATM.

Namun, agar bisa aman ada beberapa lapisan keamanan yang harus disematkan untuk mencegah adanya tindak penipuan.

  1. Contoh Class Diagram untuk Sistem Manajemen Hotel
    contoh diagram class
    Source: webstudi.site

Pada contoh class diagram yang digunakan pada sistem manajemen hotel akan ditunjukkan hubungan antar objek yang ada. Seperti tanggung jawab staff, informasi tamu, jumlah kamar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan adanya materi class diagram mulai dari pengertian hingga contoh class diagram dapat disimpulkan bahwa jenis diagram yang satu ini sangatlah penting. Terlebih diagram tersebut digunakan dalam suatu sistem tertentu.

Baca juga artikel seputar materi IT dan artikel menarik lainnya oleh Imanudin

Leave a Comment