Ketahui Ukuran Banner Youtube Dalam Bentuk Pixel, Youtuber Harus Paham Nih!

Sudah tahu biasanya banner Youtube diletakkan sebelah mana? Saat mengunjungi sebuah channel Youtube, biasanya ditemukan gambar pada bagian atas, nah gambar itulah yang biasa dinamakan sebagai header atau banner. Ternyata banyak Youtuber yang belum paham terkait ukuran banner Youtube lho!

Jika ingin membuat header sendiri, maka perlu mengetahui ukuran yang sesuai untuk header Youtube itu sendiri. Namun, masalah header ini memang seringkali disepelekan oleh semua kreator. Padahal peran header sangat penting agar tampilan halaman Youtube pribadi lebih menarik lagi pastinya.

Pahami Pedoman Ukuran Banner Youtube

ukuran banner youtube

Sebelum memutuskan untuk membuat sendiri header, maka pahami pedoman ukuran header sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh pihak Youtube. Ukuran bannernya sendiri berbeda-beda tergantung pada perangkat yang digunakan untuk mengakses Youtube setiap harinya.

Dengan menyesuaikan perangkat, maka header Youtube yang dipasangkan pada halaman beranda bisa terlihat penuh seperti layaknya televisi. Oleh sebab itu, ukuran header pada halaman Youtube sengaja disesuaikan dengan perangkat penggunanya, baik itu menggunakan smartphone atau laptop.

Para kreator Youtube yang ingin memasang header, sebaiknya ketahui ukuran yang pas sesuai perangkat yang digunakan. Tujuannya agar tidak ada bagian header yang terpotong dan merusak penampilannya sendiri ketika diakses oleh pengguna lainnya. Bagaimana rincian ukurannya?

1. Perihal Dimensi

Dimensi minimum gambar yang bisa diupload sebagai header Youtube yaitu 2048 x 1152 pixel, sedangkan untuk ukuran idealnya yaitu 2560 x 1440 pixel. Dengan dimensi minimum tersebut, gambar header akan terlihat penuh dan tidak ada bagian yang terpotong.

Cara pasang banner Youtube untuk menempatkan teks logo dengan aman minimal berukuran 1546 x 423 pixel. Semua bentuk tulisan dan logo yang masuk dalam area pengukuran akan selalu terlihat ketika channel Youtube dibuka dengan menggunakan perangkat apapun.

Jika pemilik channel Youtube ingin menambahkan teks atau gambar lagi, maka usahakan tidak di luar area tersebut. Tambahan teks atau gambar yang di luar area tersebut tidak akan terdeteksi dan banyak bagian yang akhirnya terpotong.

BACA JUGA  3 Cara Mengunci Google Drive untuk Meningkatkan Keamanan Data  

3. Lebar Header

Perlu diketahui, lebar maksimum header Youtube yaitu 2560 x 423 pixel. Dengan menggunakan ukuran tersebut, maka area pastinya akan lebih aman dan selalu tampak pada bagian manapun dan bisa menggunakan berbagai ukuran sesuai dengan area header.

4. File Gambar

Ukuran banner Youtube yang digunakan memiliki file gambar tidak melebihi 6 MB. Jika lebih dari ukuran tersebut, maka sistem Youtube secara otomatis akan menolak gambar tersebut. Biasanya upload gambar header berkali-kali tidak berhasil, sehingga perlu diperiksa kembali ukurannya.

Begini Cara Mengubah Header Halaman Youtube Sesuai Pedoman

Setelah memahami masalah pedoman ukuran header halaman Youtube, sekarang waktunya untuk mengetahui cara mengganti atau upload header di channel Youtube. Cara mudah mengganti header halaman Youtube dengan menggunakan PC atau laptop yang lebih leluasa.

  • Silahkan buka browser pada laptop atau PC. Lebih disarankan pengguna menggunakan Chrome atau Firefox versi terbaru, karena aksesnya lebih lancar tanpa lemot.
  • Lalu kunjungi situs Youtube pada alamat https://youtube.com/.
  • Pilih opsi Login ketika belum berhasil masuk pada akun sebelumnya. Saat sudah berhasil untuk Login, maka yang sebelumnya dijelaskan bisa dilewati.
  • Pilih opsi Tombol Profil yang terletak pada bagian kanan atas halaman Youtube, kemudian klik Your Channel dan Customize Channel.
  • Nantinya dalam mengganti background header halaman Youtube, Anda akan menemukan halaman preview channel dan tombol yang bisa digunakan dalam beberapa aksi.
  • Pilih opsi Add Channel Art yang bisa ditemukan pada bagian header channel. Jika sebelumnya sudah menyiapkan banner dan ingin mengeditnya sedikit, maka klik Edit lalu klik Edit Channel Art.
  • Tentukan File Gambar yang sebelumnya sudah disiapkan dari Youtube Photo Gallery dengan klik Gallery. Tidak lama, Youtube akan memberikan sebuah preview untuk menyesuaikan cropping pada bagian channel art.
  • Proses mengedit header halaman Youtube sudah selesai dan klik Done.

Bagaimana Cara Membuat Header Halaman Youtube di PicsArt?

membuat banner youtube dengan picsart

Membuat Header untuk halaman Youtube sebenarnya mudah dilakukan dengan memperhatikan ukuran yang tepat. Cara membuatnya sendiri bisa menggunakan beberapa aplikasi editing seperti PicsArt yang terkenal mudah dan tidak ribet saat mengedit bagian gambar, teks, dan juga peletakannya seperti Pixellab dan Photoshop.

  • Silahkan buka aplikasi PicsArt kemudian pilih background. Jika pengguna sudah memiliki foto tinggal melakukan upload saja.
  • Klik opsi Alat kemudian Potong Gambar. Silahkan sesuaikan ukuran kanvas dengan ukuran lebar 2048 dan tinggi 1152. Coba ganti ukuran yang diinginkan, lalu klik tanda centang untuk konfirmasi perubahan yang sudah dilakukan.
  • Berapa ukuran header halaman Youtube dengan menggunakan PicsArt? Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, ukuran header harus disesuaikan dengan perangkat pembuka Youtube sekitar 2048 x 1152. Baru selanjutnya fokuskan untuk melakukan edit foto lewat PicsArt tersebut.
  • Tambahkan bagian teks, kemudian klik centang yang tersedia pada bagian atas. Atur jenis font, coretan, warna, dan sebagainya sesuai dengan selera. Tambahkan foto pada bagian header sesuai dengan ukuran pixel yang sudah ditentukan.
  • Jika sudah selesai mengedit, tekan tanda panah lalu simpan Gallery. Klik selesai.
BACA JUGA  Kenapa Kode Keamanan WA Berubah?

Membuat Header Halaman Youtube Melalui Aplikasi Canva di HP?

berapa ukuran banner untuk youtube

Selain bisa menggunakan aplikasi PicsArt, Youtuber juga bisa menciptakan header menarik hanya dengan menggunakan aplikasi Canva di Hp android. Membuat header halaman Youtube melalui aplikasi Canva sangatlah mudah, bahkan bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih cepat.

1. Silahkan Membuka Halaman Baru

Coba lakukan pendaftaran terlebih dahulu lewat aplikasi Canva dengan menggunakan akun Google ataupun Facebook. Oleh sebab itu, mengedit header halaman Youtube lewat Canva perlu dilakukan secara online dengan koneksi internet yang memadai.

2. Mencari Template yang Sesuai

Bagi para kreator YT bisa tinggal memilih template lewat perpustakaan Canva. Tentukan template profesional yang sesuai dengan tema dan gaya saluran. Jika sudah menemukan template terbaik, silahkan klik untuk menciptakan desain sesuai selera dan mendownloadnya.

3. Memanfaatkan Semua Fitur

Dengan memanfaatkan semua fitur Canva, maka penggunanya bisa menciptakan header halaman Youtube sesuai dengan resolusi semua perangkat yang digunakan. Tambahkan GIF, video, foto, ilustrasi, bentuk, gelembung, percakapan, dan komponen kreatif lainnya.

4. Menyesuaikan Header

Selesai menambahkan GIF, foto, dan ilustrasi, pengguna bisa mengunggah tambahan foto, gambar, ataupun video agar kelihatannya bisa menjadi lebih unik. Sesuaikan peletakan gambar dengan presisi agar terlihat rapi dan jelas pastinya.

5. Silahkan Publikasikan Pada Saluran

Lakukan pratinjau terlebih dahulu pada desain header halaman Youtube tersebut sebelum mengunduhnya. Nah, baru setelah itu segera unggal pada saluran Youtube atau bisa dibagikan lebih dulu pada teman-teman dengan menggunakan fitur kolaborasi.

Ukuran banner Youtube yaitu 2048 x 1152 pixel, sedangkan untuk ukuran idealnya yaitu 2560 x 1440 pixel. Pastikan ukurannya bisa sesuai dengan perangkat yang digunakan saat mengakses Youtube agar tidak ada bagian gambar yang terpotong dan terlihat tidak menarik.