Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Teknik Komputer dan Jaringan: Materi dan Peluang Kerja

4 min read

pENGERTIAN teknik komputer dan jaringan
Mengenal jurusan SMK paling populer, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Mulai dari alasan masuk, materi hingga peluang kerja

Tisucoding.com – Dengan begitu cepatnya perkembangan teknologi dan informasi, tentunya akan menuntun manusia untuk tetap terus mengikuti perkembangannya. Teknologi adalah sebuah studi yang akan terus berkembang di setiap saat, jadi akan tetap selalu dipelajari.

Di Indonesia sendiri sudah terdapat jurusan yang fokus mempelajari perkembangan teknologi, yaitu teknik komputer dan jaringan. Atau dalam bahasa inggris disebut dengan Computer and Network Engineering.

Teknik komputer dan jaringan atau disebut dengan TKJ biasanya hanya akan ada di sekolah kejuruan atau STM/SMK.

Pada jurusan TKJ ini, Anda akan mengenal dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan sistem komputer, dari komponen yang terdapat di perangkat komputer hingga cara merakit komputer tersebut.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah penjelasan tentang teknik komputer dan jaringan.

Mengenal Teknik Komputer dan Jaringan

Apa itu TKJ? Pengertian TKJ sendiri sudah dijelaskan sebelumnya, teknik komputer dan jaringan adalah sebuah studi pendidikan yang mempelajari tentang teknologi dan komunikasi khususnya di bidang komputerisasi.

Jurusan ini mulai mendapat perhatian dari banyak orang, alasannya karena hampir semua kegiatan saat ini sudah menggunakan teknologi.

Di jurusan TKJ pun akan langsung terjun ke praktek dan dapat diimplementasikan di dunia kerja secara profesional. Walaupun memiliki banyak peminat, jurusan ini tidak semudah seperti yang dibayangkan.

Jika Anda ingin masuk jurusan ini, Anda harus memiliki bakat dan niat yang maksimal untuk mempelajari segala hal tentang teknologi.

Jika sejak awal niat Anda tidak maksimal, tentunya nanti ketika pengimplementasiannya akan terasa berat dan kualitas kerjanya tidak sesuai yang diharapkan perusahaan-perusahaan terutama yang bergerak di bidang teknologi informasi.

Nantinya ketika Anda masuk ke jurusan ini, Anda akan mempelajari beberapa materi tentang perangkat jaringan komputer, seperti Mikrotik, Cisco, Linux, dan masih banyak lagi.

Anda pun akan diajarkan tentang cara membangun sebuah jaringan di beberapa variasi topologi, setting IP dasar, dan mencari solusi dari masalah yang terdapat di jaringan.

Alasan Masuk Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

alasan masuk tkj
smkpgri1ngawi.sch.id

Dengan banyaknya peminat yang ingin masuk jurusan ini tentunya tanpa alasan. Di bawah ini adalah beberapa alasan yang harus Anda ketahui terlebih dahulu jika ingin masuk ke jurusan TKJ.

1. Teknologi Sudah Menjadi Kebutuhan

Dengan melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat, tentunya membuat teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang, contohnya seperti komputer, handphone, dan masih banyak lagi.

Bahkan jika seseorang tidak mengikuti perkembangan teknologi, maka akan kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Banyak Perusahaan yang Sudah Menggunakan Teknologi

Saat ini sudah banyak transaksi bisnis yang memanfaatkan teknologi agar dapat tetap bekerja selama 24 jam, contohnya seperti perusahaan hosting, bank, atau perusahaan yang ada di dalam bidang komunikasi.

3. Tetap Terus Berkembang

Di setiap waktu, teknologi tidak akan pernah berjalan di tempat dan akan terus berkembang seiring berkembangnya zaman. Contohnya saja ketika dulu komputer memiliki ukuran yang sangat besar dan penggunaanya sangat terbatas.

Namun sekarang terdapat komputer yang dapat dibawa kemana saja atau dikenal dengan laptop dan telah memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu Anda dalam berkegiatan sehari-hari.

4. Peluang Kerja Tinggi

Jurusan TKJ kerjanya apa? Karena teknologi informasi akan terus berkembang dan akan selalu digunakan, tentunya peluang kerja pun akan semakin tinggi.

Sudah dipastikan bahwa di era kedepan manusia akan tetap terus berinteraksi dengan teknologi yang dapat bekerja secara terus menerus, dimana manusia nantinya yang akan mengontrol teknologi tersebut.

5. Ketergantungan Manusia Terhadap Teknologi

Karena teknologi sudah menjadi kebutuhan bagi manusia, maka di dalam kehidupan sehari-hari manusia juga akan bergantung dalam memanfaatkan teknologi, baik untuk berkomunikasi, mengembangkan bisnis, hingga membantu dunia pendidikan.

Materi yang Dipelajari di Teknik Komputer dan Jaringan

materi pelajaran tkj
tvreviewofficial.blogspot.com

Jika Anda nantinya masuk ke jurusan teknik komputer dan jaringan, terdapat beberapa materi yang akan dipelajari.

Materi TKJ yang Anda dapatkan nantinya tidak hanya akan tentang komputer dan komponennya saja, namun juga akan mempelajari beberapa jaringan yang nantinya akan menambah pengetahuan Anda tentang ilmu teknologi yang telah ada.

Berikut ini adalah beberapa materi teknik komputer dan jaringan yang akan Anda dapatkan.

1. Komputer dan Jaringan Dasar

Pada materi ini, nantinya Anda akan mempelajari tentang komputer dan jaringan dasar yang digunakannya, termasuk materi hardware atau komponen komputer, perkembangan jaringan, dan bagian pada komputer lainnya.

2. Pemrograman Dasar

Karena Anda nantinya akan langsung berinteraksi dengan teknologi, tentu Anda juga harus memahami cara pemograman. Pada materi ini akan berisi tentang cara melakukan coding di dalam sebuah operasi komputer.

3. Teknologi Jaringan Berbasis Luas

Salah satu materi yang akan Anda dapatkan nantinya adalah teknologi jaringan berbasis luas. Nantinya Anda akan mempelajari tentang soal diagnosa kerusakan komputer beserta cara memperbaikinya dan cara pembuatan jaringan komputer, seperti LAN, WAN, dan internet.

4. Administrasi Infrastruktur Jaringan

Di materi administrasi infrastruktur jaringan ini, nantinya Anda akan dituntut untuk memahami berbagai macam konfigurasi jaringan, contohnya seperti Cisco, Mikrotik, dan berbagai macam jaringan komputer lainnya.

5. Simulasi dan Komunikasi Digital

Untuk materi ini, Anda diharuskan untuk mahir menganalisa dalam memahami perilaku dari sebuah sistem di dalam perangkat komputer.

6. Desain Grafis

Anda nantinya juga akan mendapatkan materi dasar tentang desain grafis. Materi ini tentunya sangat bermanfaat setelah Anda lulus nantinya karena berbagai perusahaan sudah banyak yang menggunakan jasa desainer dalam membuat desain grafis untuk keperluan komersial.

Kelebihan Teknik Komputer dan Jaringan

kelebihan tkj
smkmuhima.sch.id

Dengan memahami materi yang diajarkan pada jurusan teknik komputer dan jaringan, tentunya Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan yang belum tentu didapatkan ketika memilih jurusan lain.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari jurusan teknik komputer dan jaringan.

1. Materi yang Berkualitas

Nantinya ketika proses pengajaran dimulai, Anda akan dikenalkan dengan materi pengenalan sistem operasi terlebih dahulu dan akan dijelaskan secara urut agar dapat memahami hal-hal mendasar tentang sistem komputer.

2. Lebih Banyak Melakukan Praktik

Seperti halnya jurusan lain pada sekolah kejuruan, Anda nantinya akan lebih banyak melakukan praktik dibandingkan memahami teorinya.

Dengan langsung melakukan praktik, Anda akan lebih cepat dalam menguasai materi yang telah diajarkan sebelumnya.

3. Selalu Update dengan Teknologi

Karena nantinya akan berinteraksi secara langsung dengan teknologi, tentunya Anda akan selalu update dengan perkembangan teknologi terbaru.

Bahkan Anda dapat mengetahui terlebih dahulu dibandingkan orang lain tentang teknologi apa yang nantinya akan muncul selanjutnya.

Peluang Kerja Teknik Komputer dan Jaringan

teknik komputer dan jaringan
talentcanada.ca

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak perusahaan saat ini sudah menerapkan teknologi dalam segala aktivitas pekerjaannya.

Dengan melihat hal tersebut, tentunya peluan kerja bagi lulusan teknik komputer dan jaringan akan menjadi sangat banyak.

Saat ini banyak perusahaan yang mencari sumber daya dengan kemampuan komputerisasi yang bagus dalam menciptakan sebuah sistem untuk membantu proses produksi perusahaan.

Para perusahaan baru khususnya perusahaan startup pun banyak mencari designer yang nantinya akan digunakan untuk membantu proses marketing agar menjadi lebih menarik lagi.

Jika Anda ingin masuk ke jurusan teknik komputer dan jaringan, pastikan terlebih dahulu Anda telah memahami pengetahuan dasar tentang perangkat komputer dan jaringannya. Dengan memahami hal tersebut, nantinya ketika proses pembelajaran Anda akan lebih cepat memahami materi yang diberikan.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *