Info Kode Plat T: Bekasi, Karawang, Subang, Purwakarta

Tisucoding.com – Kendaraan yang berlalu lalang di jalanan memiliki plat nomor yang berbeda-beda. Plat nomor bisa memberitahukan dari wilayah mana kendaraan tersebut berasal atau didaftarkan. Nah, dari manakah kendaraan dengan plat T berasal?

Biasanya, kendaraan dengan nomor polisi berawalan T sangat sering ditemukan di wilayah Karawang, Jawa Barat. Apakah ada daerah lain yang juga menggunakan plat nomor berhuruf T? Mari simak penjelasan lengkap di artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Download

Sejarah Singkat Plat Nomor di Indonesia

Sejarah penggunaan plat nomor pada kendaraan di Indonesia diawali pada tahun 1811. Di tahun ini, Inggris sedang menduduki wilayah Batavia setelah merebutnya dari tangan Belanda. Setiap kereta kuda diberi plat dengan huruf sesuai dengan kode batalyon yang menempati wilayah tersebut.

Contohnya antara lain B untuk wilayah Jakarta karena yang menduduki wilayah ini adalah batalyon B. Sementara batalyon A menduduki wilayah Banten. Inilah yang kemudian menjadi asal usul penggunaan huruf pada plat nomor di Indonesia.

Di masa itu, wilayah Indonesia terbagi ke dalam beberapa karesidenan yang di dalamnya mencakup beberapa kabupaten. Satu batalyon umumnya membawahi 1 karesidenan.

Hal ini juga yang membuat plat nomor di satu karesidenan umumnya memiliki huruf depan yang sama. Contohnya saja eks karesidenan Karawang yang saat ini memiliki plat nomor T. Ada juga eks karesidenan Cheribon (Cirebon) yang memiliki plat E.

Perlu diketahui bahwa sekarang sistem karesidenan sudah tidak digunakan lagi di Indonesia. Namun ini masih menjadi patokan dalam menentukan penggunaan plat nomor kendaraan.

Daerah Plat T

Daerah kode Plat T

Seperti yang sudah sempat disebutkan di atas, plat nomor huruf T digunakan untuk wilayah eks karesidenan Karawang. Dahulu, karesidenan ini hanya meliputi wilayah Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta sebelum akhirnya digabungkan dengan karesidenan Jakarta.

Namun daerah yang menggunakan plat nomor huruf T tidak hanya 2 kabupaten tersebut. Ada wilayah lain yang juga menggunakan plat T yaitu Subang dan sebagian wilayah Kabupaten Bekasi.

Untuk memahami lebih lengkap tentang wilayah-wilayah yang menggunakan plat huruf T, silakan simak informasi yang akan disampaikan di bawah ini.

1. Kabupaten Karawang

Wilayah pertama yang memiliki plat nomor kendaraan T adalah Kabupaten Karawang. Untuk membedakan antara plat kendaraan T yang berasal dari Karawang dan kabupaten lainnya, ada huruf belakang yang digunakan untuk identifikasi.

Untuk mengetahui sebuah kendaraan berasal dari kabupaten atau kota mana, perhatikan huruf belakangnya. Untuk kendaraan yang berasal dari Karawang, huruf belakangnya adalah:

  • D*
  • E*
  • F*
  • G*
  • H*
  • I*
  • J*
  • K*
  • L*
  • M*
  • N*
  • O*
  • P*
  • Q*
  • R*
  • S*

Jika ada kendaraan yang memiliki plat nomor T 1234 QR atau T 3467 MU, bisa dipastikan kendaraan tersebut didaftarkan di Samsat Kabupaten Karawang.

2. Kabupaten Purwakarta

Kabupaten Purwakarta sejak dahulu memang masuk ke dalam karesidenan Karawang. Itulah mengapa kendaraan bermotor yang ada di wilayah kabupaten satu ini juga memiliki plat nomor huruf T. Namun huruf belakangnya berbeda dengan Kabupaten Karawang.

Kendaraan yang berasal atau didaftarkan di wilayah hukum Kabupaten Purwakarta memiliki huruf belakang A*, B*, atau C*. Karena hanya punya 3 huruf belakang, kendaraan yang berasal dari wilayah ini lebih mudah untuk dikenali.

Berikut ini adalah beberapa contoh plat nomor kendaraan yang berasal dari Kabupaten Purwakarta:

  • T 3724 BU
  • T 4684 AK
  • T 6549 CT

3. Kabupaten Subang

Subang merupakan kabupaten yang berada di sisi timur Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta. Kabupaten ini juga memiliki plat nomor kendaraan dengan huruf depan T. Namun huruf belakangnya berbeda dengan plat T dari Karawang maupun Purwakarta.

Berikut ini adalah beberapa huruf belakang pada plat kendaraan yang terdaftar di Samsat Kabupaten Subang, Jawa Barat.

  • T*
  • U*
  • V*
  • W*
  • X*
  • Y*
  • Z*

Beberapa contoh plat kendaraan yang berasal dari Subang antara lain T 6543 WG dan T 7623 YX. Untuk mengenali apakah kendaraan berasal dari Subang atau tidak, perhatikan huruf belakangnya kemudian cocokkan dengan list di atas.

4. Sebagian Kecil Kabupaten Bekasi

Kendaraan yang berasal wilayah Kabupaten Bekasi memiliki plat B dengan hutuf belakang F**. Selain itu, ada juga sebagian kecil kendaraan dari wilayah ini yang memiliki plat T. Untuk huruf belakangnya sendiri sama persis seperti Kabupaten Subang, yaitu T*, U*, V*, W*, X*, Y*, atau Z*.

Jika ingin membeli kendaraan second dengan plat nomor T dan huruf belakang seperti di atas, sebaiknya pastikan dulu daerah asalnya. Apakah berasal dari Kabupaten Subang atau Kabupaten Bekasi?

Mengetahui daerah asal kendaraan second akan bermanfaat untuk mempermudah ketika dalam proses cabut berkas dan balik nama.

Cara Cek Daerah Asal Plat Nomor

Cek Asal Plat Nomor T

Di atas sudah dijelaskan tentang daerah mana saja yang memiliki kendaraan dengan plat T. Untuk mengetahui daerah asal kendaraan dengan lebih akurat, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan.

Saat ini, pengecekan plat nomor kendaraan sudah semakin mudah karena ada database dan sistem yang terbuka untuk umum. Semua masyarakat dapat melakukan pengecekan tanpa harus datang langsung ke kantor Samsat.

Ada beberapa platform yang bisa dipakai untuk mengecek plat nomor T. Silakan simak tutorial di bawah ini untuk memahami cara-caranya.

1. Situs e-Samsat

Kendaraan dengan plat T seluruhnya berasal dari wilayah Jawa Barat, yaitu Kabupaten Karawang, Purwakarta, Subang, dan Bekasi. Oleh karena itu, untuk mengecek platnya bisa dilakukan melalui situs e-Samsat Jawa Barat.

Download

Cara mengecek di situs tersebut bisa disimak di bawah ini:

  1. Pertama, buka browser terlebih dahulu.
  2. Kemudian masuk ke situs berikut ini https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/.
  3. Berikutnya, masukkan plat nomor dimulai dari huruf depan, angka, dan huruf belakangnya. Jangan sampai salah ketik, ya.
  4. Pilih warna plat nomor, yaitu hitam, kuning, atau merah.
  5. Selanjutnya, masukkan captcha yang ditampilkan dengan benar.
  6. Klik Cari.
  7. Jika semua data yang ditampilkan sudah cocok dan sesuai, maka detail tentang kendaraan tersebut akan ditampilkan di layar.

2. Aplikasi SAMBARA

Tidak hanya memiliki situs e-Samsat, Provinsi Jawa Barat juga memiliki aplikasi SAMBARA. Ini merupakan aplikasi mobile untuk Samsat Jawa Barat.

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan Samsat seperti pembayaran pajak kendaraan dan pengecekan plat nomor kendaraan. Berikut adalah tutorial untuk mengecek plat T dengan aplikasi SAMBARA.

  1. Buka Google Play Store terlebih dahulu kemudian cari aplikasi SAMBARA.
  2. Install terlebih dahulu aplikasi tersebut dan tunggu sampai aplikasi terpasang.
  3. Buka aplikasi SAMBARA dan klik pada menu Info PKB.
  4. Masukkan data plat nomor kendaraan yang akan dicek dengan format yang sesuai.
  5. Selanjutnya, klik pada tombol Cari.
  6. Layar akan menampilkan informasi lengkap tentang kendaraan terkait, termasuk pajak yang harus dibayarkan.

Plat T diberikan untuk kendaraan yang berasal atau diregistrasi di Samsat wilayah eks karesidenan Karawang. Wilayahnya meliputi Kabupaten Karawang, Purwakarta, Subang, dan sebagian Bekasi.