Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

8 Perbedaan Windows 10 Home dan Pro

2 min read

Perbedaan windows home pro
Perbedaan windows 10 home dan pro? Memangnya ada bedanya? Lalu versi mana yang lebih baik untuk digunakan? Simak penjelasan berikut ini.

Tisucoding.comPerbedaan windows 10 home dan pro? Memangnya ada bedanya? Lalu versi mana yang lebih baik untuk digunakan? Mungkin masih ada yang bingung mengenai perbedaan tersebut. Jadi, Windows 10 merupakan sistem operasi dari Windows yang bisa dikatakan masih baru diluncurkan.

Sistem operasi ini hadir dengan beberapa varian Windows 10 diantaranya adalah Home, Pro, Enterprise, Education, Mobile, IoT (internet of Things), Team dan Pro Workstations. Lalu yang paling populer diantaranya adalah Windows 10 versi Pro dan juga versi Home.

Nah, bagi yang baru akan upgrade atau berpindah menggunakan Windows 10 atau akan menginstall ulang perangkat komputer dengan Windows sebaiknya menyimak ulasan berikut ini tentang perbedaan dua edisi Windows 10 yang diluncurkan ini.

Dengan begitu, bisa memilih sistem operasi yang pas dan sesuai dengan kebutuhan.

Edisi Windows 10 home dan pro nyatanya memiliki beberapa perbedaan terutama pada beberapa fiturnya. Jadi sebelum memutuskan untuk memilih edisi pro atau home yang paling tepat, simak beberapa ulasan perbedaan berikut ini.

Perbedaan Windows 10 Home Vs Pro

Fitur Home Pro   
Device encryption2 Ada Ada
Firewall and network protection Ada Ada
Internet protection Ada Ada
Parental controls / protection Ada Ada
Secure Boot Ada Ada
Microsoft Edge Ada Ada
Battery saver mode Ada Ada
Mobile Ada Ada
Windows start menu Ada Ada
Cortana Ada Ada
Windows Store Apps Ada Ada
Windows Ink Ada Ada
Windows Hello Ada Ada
Programs outside the Windows Store Ada Ada
Assigned Access Tidak Ada
Windows Update for Business Tidak Ada
BitLocker Tidak Ada
Hyper-V Tidak Ada
Remote Desktop Tidak Ada

1. Fitur

Perbedaan pertama terletak pada fitur yang dibawa oleh masing-masing edisi. Ada beberapa fitur Windows Pro yang tidak ditemukan pada Windows Home. Apa saja?

  • Assigned Access

Fitur ini hanya terdapat pada edisi Windows 10 Pro yang tidak ditemukan pada edisi Home sehingga cocok untuk pengguna yang sangat menjaga privasi.

Fitur ini memberikan batasan akses pengguna lain pada perangkat komputer. Pengguna bisa membuat akun sekunder dengan memberikan batasan hanya bisa menggunakan beberapa aplikasi saja.

  • Windows Update for Business

Fitur satu ini memberikan layanan berupa pembaruan Windows yang berbasis cloud. Fitur ini biasanya banyak ditujukan bagi para profesional terutama di bidang IT.

  • BitLocker

Fitur kemanann yang bisa ditemukan di edisi pro adalah BitLocker. Fitur ini adalah fitur yang memmungkinkan para pengguna untuk dapat meng-enkripsi drive dengan AES atau Advance Encryption Standard. Biasanya banyak dimanfaatkan oleh perusahaan atau para pekerja IT.

  • Hyper-V

Satu lagi fitur yang hanya ada di Windows 10 Pro adalah Hyper-V yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan.

Fitur ini digunakan untuk virtualisasi server yang bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan utilisasi infrastruktur pada sebuah perusahaan.

  • Remote Desktop

Fitur lain yang hanya ditemukan pada edisi pro adalah remote desktop yang memiliki kegunaan untuk menghubungkan pada komputer virtual jarak jauh. Fitur seperti ini juga biasanya banyak digunakan oleh para professional terutama di bidang IT.

2. Keamanan

keamanan windows 10

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro yang lainnya terletak pada sistem kemanannya. Jika sebelumnya sudah dijelaskan adanya fitur keamanan BitLocker untuk enkripsi drive, ada lagi fitur Enterprise Data Protection.

Fitur ini memiliki fungsi untuk melindungi data-data yang ada pada perangkat komputer dengan menggunakan teknologi enkripsi.

3. Pengaturan pada Windows Update

Satu lagi perbedaan windows 10 home dan professional yang ada pada Windows Home dan Pro adalah pada pengaturan Update Windows. Pada edisi Pro, Windows update bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Update dapat diatur dan ditunda bahkan hingga maksimal 35 hari. Selain itu, proses update juga bisa diatur pada jam-jam tertentu sehingga bisa diatur pada saat perangkat tidak begitu banyak digunakan.

4. Harga

Perbedaan Fitur Windows 10 Pro dan Home

Untuk soal harga, Windows Home dan Pro juga cukup berbeda. Windows Pro original memiliki harga lisensi yang lebih tinggi pada kisaran diatas 3 juta rupiah. Sedangkan untuk Windows Home original di banderol dengan harga sekitar 2.5 juta rupiah.

Dengan fitur-fitur yang tersedia pada Windows Pro ini tentu saja tidak heran jika harganya lebih tinggi sebanding dengan kepuasan dan juga keamanan menggunakan sistem operasi tersebut.

Windows 10 Pro memang sepertinya ditargetkan untuk para professional terutama di bidang IT. Jadi jika kamu menginginkan performa Windows yang sangat baik bisa mencoba menggunakan edisi pro.

Tapi jika hanya digunakan untuk keperluan biasa seperti mengerjakan tugas, atau untuk pekerjaan biasa sepertinya menggunakan Windows edisi Home sudah sangat bagus. Jadi kira-kira Windows 10 yang kamu gunakan Pro atau Home?

Untuk bisa mengetahui apakah sistem operasi yang kamu gunakan adalah home atau pro bisa langsung cek pada perangkat yang kamu gunakan. Caranya bagaimana?

Pertama buka menu Windows – Setting – Pilih Update & Security – Lalu pilih menu About

Disana kamu bisa menemukan banyak informasi tentang perangkat yang kamu gunakan termasuk jenis Windows 10 yang sedang terpasang apakah home atau pro. Lihat pada bagian Windows specifications dan kamu akan menemukan edisi Windows yang sedang digunakan.

Seperti itulah cara cek versi Windows pada perangkat komputer dan beberapa penjelasan mengenai perbedaan Windows 10 Home dan Pro. Jadi pilihan edisi Windows 10 mana yang kira-kira cocok dengan kebutuhanmu?

Baca juga artikel seputar Komputer atau artikel bermanfaat lainnya dari Giovani.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *