Perbedaan Printer Laser dan Inkjet

Perbedaan Printer Laser dan Inkjet – Printer adalah perangkat utama yang diperlukan dalam proses percetakan selain komputer. Secara umum, ada dua jenis printer, yaitu printer laser dan inkjet.

Pengertian printer laser adalah sebuah teknik percetakan komputer yang memanfaatkan tinta bubuk atau toner dan menggunakan perangkat inframerah.

Sedangkan pengertian printer inkjet adalah teknik percetakan menggunakan tinta yang biasa digunakan.

Kedua jenis printer ini memiliki beberapa perbedaan yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk membeli printer.

Perbedaan printer laser dan inkjet dapat dilihat mulai dari ukuran, efisiensi, hingga harga printer.

Perbandingan Printer Laserjet & Inkjet

1) Kualitas Printer dan Kecepatan Cetak

Perbedaan Printer Laser dan Inkjet 4

Perbedaan printer laser dan inkjet yang pertama dapat dilihat dari kualitas printer. Kecepatan cetak kedua jenis printer ini juga berbeda sehingga berpengaruh terhadap efisiensi kerja.

Printer laser mampu mencetak dengan cepat hingga dua puluh lembar tiap menitnya, sementara printer inkjet hanya mampu mencetak kurang lebih enam lembar gambar berwarna per menit.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan saat akan memilih salah satu dari kedua jenis printer ini.

Jika printer yang dibutuhkan akan digunakan untuk mencetak gambar hitam putih, printer laser lebih efisien sehingga lebih direkomendasikan.

Sebaliknya, jika printer akan digunakan untuk mencetak gambar berwarna, sebaiknya Anda memilih printer inkjet karena kualitas gambar berwarna yang dihasilkan lebih baik.

2) Kualitas Cetakan

Perbedaan Printer Laser dan Inkjet 3

Kualitas cetakan printer laser dan inkjet telah sedikit disinggung di atas di mana printer inkjet dapat mencetak gambar dengan kualitas yang lebih bagus dibanding printer laser.

Artinya, jika Anda membutuhkan printer untuk mencetak gambar berwarna seperti diagram untuk presentasi atau mencetak foto, printer inkjet lebih direkomendasikan.

Ini karena printer inkjet dapat menghasilkan gambar berwarna yang halus dan berkualitas tinggi.

Kelebihan printer inkjet yang tidak dimiliki printer laser adalah performanya dalam menghasilkan gambar dengan gradasi halus.

Alhasil, kualitas gambar dapat terjaga. Sebaliknya, printer laser justru tidak mampu menghasilkan gambar berwarna yang halus karena gambar yang dihasilkan biasanya menampilkan garis di setiap perbedaan saturasi warna.

3) Ukuran Printer

Perbedaan Printer Laser dan Inkjet 2

Perbedaan printer inkjet dan laserjet yang dapat dilihat dengan jelas adalah dari segi ukuran di mana printer laser ukurannya lebih besar dibanding printer inkjet.

Printer inkjet ukurannya lebih kecil sehingga sangat cocok untuk digunakan sendiri dan ditempatkan di kamar yang luasannya terbatas.

Karena ukurannya yang mungil, printer inkjet dapat ditaruh di berbagai tempat yang sempit sekalipun, seperti di atas maupun di bawah meja.

Sebaliknya, printer laser memiliki ukuran yang lebih besar sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk memastikan kalau ruangan yang akan ditempati cukup luas untuk printer laser.

4) Harga Printer

Perbedaan Printer Laser dan Inkjet 1

Salah satu faktor yang amat diperhatikan sebelum membeli printer adalah harga atau biaya. Perbedaan printer laser vs inkjet salah satunya dapat dilihat dari segi harga.

Artinya, selain menyesuaikan dengan kebutuhan, Anda juga perlu menyesuaikan budget yang tersedia dengan jenis printer yang akan dibeli.

Secara umum, harga printer laser dan inkjet sangat dipengaruhi oleh brand serta fitur dari printer yang ditawarkan. Oleh karena itu, sebelum membeli, pastikan bahwa fitur yang ditawarkan printer benar-benar Anda butuhkan.

Pastikan juga kalau brand printer yang dipilih adalah brand yang telah dipercaya kualitasnya sehingga perangkat tersebut awet dan dapat digunakan dalam waktu lama.

Meski dipengaruhi oleh fitur dan brand, harga printer inkjet biasanya lebih murah dibanding printer laser.

Hal ini karena printer laser menggunakan cartridge toner yang harganya lebih mahal dari cartridge tinta di mana efisiensi penggunaannya juga lebih baik dibanding printer inkjet.

Itulah pembahasan lengkap perbandingan antara printer laserjet dan inkjet oleh Tisucoding. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Artikel Terkait

Leave a Comment