Pengertian Hardware, Software, dan Brainware

Pembahasan lengakap mengenai pengertian hardware, software dan brainware menurut ahli beserta contohnya. Penting untuk dipelajari bagi kamu yang suka komputer.

Tisucoding.com – Perangkat komputer menjadi salah satu komponen penting di dalam perkembangan teknologi saat ini. Komputer memiliki peranan penting dalam membantu aktivitas manusia karena memiliki beberapa fitur canggih di dalam sistem kerjanya.

Di dalam sebuah komputer terdapat 3 istilah yang berkaitan dengan sistem kerja dari komputer itu sendiri, yaitu hardware, software, dan brainware. Berikut ini adalah materi pengertian hardware, software, dan brainware yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Hardware, Software, dan Brainware?

#1. Perangkat Keras (Hardware)

Hardware atau perangkat keras adalah seluruh komponen fisik yang terdapat di dalam komputer. Bentuk dari perangkat hardware cukup mudah dikenali, yaitu semua komponen yang dapat dilihat dan diraba secara langsung dan berbentuk nyata adalah perangkat hardware.

Fungsi hardware adalah untuk memudahkan si pengguna komputer saat bekerja. Fungsi lainnya adalah agar sistem komputer dapat bekerja dengan baik.

Perangkat hardware sendiri dibagi menjadi tiga jenis,yaitu perangkat input, perangkat proses, dan perangkat output.

Perangkat Input (Input Device)

Perangkat input berfungsi sebagai perangkat masukan user yang nantinya akan di proses oleh sistem komputer. Bentuk masukan ke dalam komputer bisa dari berbagai format data, seperti teks, foto, gambar, hingga video.

Berikut ini adalah beberapa perangkat input yang biasanya digunakan di dalam komputer.

1. Keyboard

Pengertian Hardware, Software, dan Brainware
aboutmyblackskin.com

Di dalam sebuah perangkat komputer tentunya harus memiliki perangkat keyboard. Keyboard sendiri berfungsi sebagai perangkat yang menginput masukan berupa teks dengan tombol-tombol yang telah disediakan.

Walaupun saat ini windows telah menyediakan keyboard di dalam softwarenya, tentunya dalam proses mengetik lebih nyaman menggunakan perangkat kerasnya.

2. Mouse

mouse perangkat keras
youtube.com

Salah satu perangkat keras lainnya yang harus ada di dalam sebuah komputer adalah mouse. Mouse sendiri berfungsi untuk menggerakan kursor dan membantu dalam memilih opsi perintah yang terdapat di dalam komputer.

Mouse pun saat ini sudah lebih berkembang dan memiliki berbagai jenis mouse, seperti mouse game yang memiliki lebih banyak tombol dan bentuk yang berbeda dibandingkan dengan mouse pada umumnya.

Perangkat Proses (Process Device)

Perangkat proses adalah perangkat pengolah data yang berasal dari perangkat keras input. Biasanya perangkat jenis ini terdapat di dalam komputer, jadi tidak dapat terlihat jika Anda belum membongkar komputer.

Berikut ini adalah beberapa perangkat proses yang terdapat di dalam komputer.

1. Motherboard

Pengertian motherboard
amazon.com

Motherboard adalah perangkat yang berfungsi sebagai tempat untuk beberapa komponen saling terhubung untuk menjalankan sistem operasi.

Motherboard adalah salah satu perangkat penting yang terdapat di dalam komputer, jadi jika perangkat motherboard rusak tentu akan menggangu sistem kerja komputer tersebut.

2. Processor atau CPU

pengertian hardware
pixabay.com

Processor atau CPU ini adalah komponen komputer yang berfungsi menjadi otak-nya komputer yang berkerja untuk mengendalikan proses dari suatu komputer dan dibantu oleh perangkat lainnya. Prosessor ini memiliki bentuk segiempat yang terletak pada motherboard.

Berikut adalah contoh prosessor yang masih digunakan saat ini, seperti: Intel Pentium 4, Dual Core, Core 2 Duo, Core i3, Core i5, Core i7 dan ada juga AMD.

2. CD-ROM / CD-RW

hardware cd rom
upload.wikimedia.org

Perangkat CD-ROM / CD-RW berfungsi untuk membaca bentuk CD atau DVD dengan menggunakan sebuah optik. Untuk perangkat CD-ROM penggunaanya hanya dapat membaca isi CD, sedangkan untuk CD-RW dapat digunakan untuk menyimpan data yang terdapat di dalam isi CD tersebut.

Perangkat Output (Output Device)

Perangkat ouput adalah berbagai perangkat hardware yang berfungsi sebagai media keluaran dari hasil pengolahan data komputer.

Perangkat output sendiri bentuknya dapat terlihat agar Anda dapat melihat hasil dari masukan yang telah di olah sebelumya dengan sistem. Di bawah ini adalah beberapa contoh perangkat output yang ada di dalam sebuah komputer.

1. Printer

Perangkat keras printer
amazon.com

Printer biasanya digunakan untuk mencetak hasil sebuah data dalam bentuk teks maupun gambar. Saat ini printer lebih banyak memiliki fitur-fitur canggih, seperti fitur fotocopy atau fitur scanning yang tentu sangat membantu Anda dalam mempermudah pekerjaan.

2. Speaker

pengertian hardware
youtube.com

Speaker adalah sebuah perangkat output yang berfungsi untuk mengeluarkan data berupa suara. Biasanya pada komputer keluaran terbaru sudah menyediakan perangkat speaker di dalamnya, jadi tidak perlu menggunakan perangkat speaker eksternal hanya untuk mendengarkan suara keluaran.

#2. Perangkat Lunak (Software)

Software atau perangkat lunak adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan dikelola oleh komputer. Data elektronik tersebut bisa berupa sebuah program atau aplikasi yang nantinya akan menjalankan sebuah perintah dari user.

Fungsi software di dalam komputer bertugas agar dapat menjalankan program dan menghasilkan output sesuai keinginan Anda sendiri.

Software komputer sendiri dibagi menjadi 2 tipe, yaitu software sistem operasi dan software aplikasi. Software sistem operasi biasanya berguna sebagai sistem operasi sebuah perangkat komputer, seperti windows, iOS, linux, dan lain-lain.

Sedangkan software aplikasi adalah beberapa program yang dapat membantu Anda dalam melakukan hal sesuai kebutuhan Anda.

Sistem Operasi (OS)

1. Windows

Sistem operasi Windows 10
thurrott.com

Windows mungkin bisa menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan pada perangkat komputer saat ini. Dikeluarkan pertama kali pada tahun 1990 oleh Microsoft Corp, saat ini windows sudah memiliki beragam versi, seperti windows 7, windows 8, dan yang paling baru adalah windows 10.

2. Microsoft DOS (Disk Operating System)

Sistem operasi Microsoft DOS
gadgetplus.co.id

Dikeluarkan pertama kali pada tahun 1981, Microsoft DOS adalah salah satu sistem operasi yang digunakan pada perangkat komputer.

Sebelum diambil alih oleh Microsoft Corp, sistem operasi ini pertama kali dikembangkan oleh Tim Petterson, CEO dari perusahaan Seatle Computer Products.

3. Mac OS

Sistem operasi Mac OS
pcmag.com

Mac OS adalah sistem operasi yang dibuat khusus untuk pengguna perangkat Mac, produk dari Apple. Pertama kali dikenalkan pada tahun 1984, saat ini Mac OS menjadi pesaing utama windows dalam bidang teknologi sistem operasi.

4. Linux

Sistem operasi Linux
filemagz.com

Berbeda dengan sistem operasi sebelumnya, Linux adalah sistem operasi yang memiliki tipe unix modular dengan menggunakan kernel monolitik. Sistem operasi Linux sendiri sudah berkembang antara tahun 1970-an hingga 1980-an.

5. Unix

Sistem operasi unix
pinterest.com

Sistem operasi Unix pada umumnya digunakan untuk keperluan perusahaan yang membutuhkan pengelolaan data yang besar.

Software Aplikasi

1. Microsoft Office

Penjelasan Hardware, Software, dan Brainware
id.wizcase.com

Hampir semua perangkat komputer tentunya harus memiliki software Microsoft Office di dalam perangkatnya. Microsoft Office dapat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas sesuai dengan kebutuhan.

Microsoft Office sendiri terdiri dari beberapa software, dari Microsoft Word, Microsoft Excel, hingga Microsoft Power Point.

2. Adobe Photoshop

Hardware, Software, dan Brainware
youtube.com

Adobe Photoshop menjadi salah satu software aplikasi yang banyak terpasang di semua perangkat komputer. Dikembangkan oleh perusahaan Adobe system. Program aplikasi ini dikhususkan untuk Anda yang ingin melakukan editing foto/gambar hingga membuat sebuah efek.

3. Google Chrome

Pengertian Hardware, Software, dan Brainware
selular.id

Dengan kemajuan teknologi internet, tentunya Anda juga harus menggunakan aplikasi browser yang cukup baik. Salah satu aplikasi browser yang banyak digunakan saat ini adalah Google Chrome. Dengan user interface yang menarik membuat Anda akan mudah dalam mengakses internet.

#3. Braiware (Pengguna)

Apa yang dimaksud dengan brainware? Brainware adalah istilah yang biasanya digunakan untuk manusia yang menjalankan sistem komputer.

Manusia lah yang merancang sistem hardware dan software bekerja dengan sesuai keinginan. Jika menurut tingkat pemanfaatan, brainware dapat digolongkan pada 4 tingkatan, yaitu.

1. System Analyst

System analyst adalah yang bertanggung jawab dan yang merencanakan sistem dari sebuah proyek menjadi sebuah sistem informasi untuk dapat memanfaatkan fungsi komputer.

2. Programmer

Pengertian Hardware, Software, dan Brainware
amazonaws.com

Programmer adalah orang yang bertugas untuk mempersiapkan program sesuai kebutuhan pada sistem komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Contoh bahasa pemrograman seperti C++, Javascript, PHP, Python, Ruby dll.

3. Administrator

Administrator adalah orang yang memiliki tugas untuk mengelola sistem operasi dan berbagai program yang berjalan pada sebuah sistem komputer.

4. Operator

Operator adalah pengguna biasa yang memanfaatkan sistem komputer untuk keperluannya.

Dengan memahami pengertian hardware, software dan brainware, wawasan Anda terhadap dunia komputer tentunya akan semakin bertambah.

Jika Anda tertarik dengan dunia IT, tentunya Anda terlebih dahulu harus memahami hal-hal dasar sepertiĀ  ketiga komponen yang sudah dijelaskan di atas.


FAQ Hardware, Software, dan Brainware

Apa yang dimaksud hardware?
Pengertian perangkat keras atau hardware adalah seluruh komponen fisik yang terdapat di dalam komputer. Dibagi menjadi tiga jenis, yaitu perangkat input (Input Device), perangkat proses (Process Device) dan perangkat output (Output Device)

Apa saja contoh hardware?
Contoh hardware seperti Motherboard, Harddisk, Processor atau CPU (Central Processing Unit), Casing, Mouse, Keyboard, Power Supply, RAM, Sound Card.

Apa yang dimaksud software?
Pengertian perangkat lunak atau software adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan dikelola oleh komputer. Yang berfungsi untuk menjalankan program dan menghasilkan output sesuai keinginan pengguna (Brainware).

Apa saja contoh software?
Contoh software seperti, Sistem operasi Linux, Windows, Unix, Aplikasi Google Chrome, Photoshop, Mozila Firefox, Microsoft Word, Corel Draw dan Zoom.

Apa yang dimaksud brainware?
Brainware atau pengguna adalah orang yang memakai, menggunakan atau yang mengoprasikan perangkat komputer. Brainware berfungsi sebagai penghubung atau jembatan antara perangkat keras dan perangkat lunak.

Apa saja contoh brainware?
Contoh brainware seperti, User, Programmer, Administrator dan Operator

Leave a Comment