Apa Mungkin Disadap? Inilah Kenapa Kontak WA Bertambah Sendiri

Tisucoding.com – Kamu mungkin pernah mengalami kejadian kontak WA bertambah sendiri atau mungkin kamu sedang mengalaminya saat ini. Kejadian ini banyak dialami oleh para pengguna WA. Penyebab kenapa kontak WA bertambah sendiri tidak ada hubungannya dengan peretasan.

Penyebabnya berkaitan dengan email dan kartu SIM. Masalah ini memang terkesan sepele. Namun, apabila tidak diselesaikan akan menjadi sesuatu yang sangat mengganggu. Solusinya harus segera kamu temukan. Solusi untuk menyelesaikan masalah ini sendiri tidak sulit dipraktikkan.

Kenapa Kontak WA Bertambah Sendiri dan Solusi Mengatasinya

Kenapa Kontak WA Bertambah Sendiri

Tidak perlu panik dan tidak perlu takut jika muncul kontak asing secara sendiri tanpa diketahui. Penyebab dan solusinya tidak serumit yang dipikirkan.

Kontak WA yang bertambah bersumber dari sesuatu yang menyebabkan munculnya nama baru di sana. Solusinya mudah saja, hapus kontak yang tidak diperlukan.

Berikut adalah penyebab kenapa kontak WhatsApp bisa bertambah sendiri, solusi mengatasi masalah tersebut, dan upaya pencegahan untuk mengantisipasinya.

1. Penyebab Kontak WA Bertambah Sendiri

Kamu mungkin berpikir bahwa penyebab kontak WA tambah sendiri disebabkan nomor HP dipakai WA orang lain dan semacamnya.

Tenang, penyebab kontak WhatsApp bertambah sendiri tidak ada kaitannya dengan peretasan dan pencurian identitas. Penyebab masalah berkaitan dengan email dan kartu SIM.

Penyebab yang sering mengakibatkan masalah tersebut adalah adanya kartu SIM baru yang masuk atau adanya email baru.

Kartu SIM dan email yang baru dimasukkan umumnya menyimpan nomor atau kontak HP. Akibatnya, ketika dimasukkan, nomor dan kontak HP tersebut ikuti terbaca dan disimpan di WhatsApp.

BACA JUGA  Cara Download Puffin Browser Untuk PC

Situasi yang paling memungkinkan hal tersebut terjadi adalah ketika kamu memasukkan kartu SIM atau email teman ke HP.

Otomatis, kamu akan mendapati adanya penambahan kontak WA tanpa disadari. Kenapa kontak di kartu SIM dan email bisa ikuti bertambah? WA mencadangkan kontak ke SIM atau email.

Akibatnya, kontak WhatsApp tersebut akan ikuti terbawa kemanapun kartu SIM atau email berpindah. Melihat penyebab dari kontak WA bertambah sendiri, kamu mungkin tertawa sendiri karena bisa saja panik dan beranggapan bahwa ada peretasan atau hal-hal berbau kriminal yang mungkin jadi penyebabnya.

2. Solusi Kontak WhatsApp Bertambah Sendiri

Setelah mengetahui penyebab kenapa kontak WA bertambah sendiri saatnya kamu mengetahui solusi untuk mengatasinya.

Kartu SIM dan email memang menambah sendiri kontak WA di sana. Namun, kontak WA yang bertambah belum memiliki nama. Mudah mengidentifikasi mana kontak bawaan SIM dan email.

Kamu hanya perlu menghapus kontak-kontak baru tidak bernama jika memang tidak memerlukannya. Dengan begitu, WA kamu terbebas dari kontak asing.

Bagaimana dengan upaya pencegahan masalah tersebut? Berikut upaya pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kontak WA tambah sendiri.

  • Simpan kontak dalam satu lokasi, contohnya kartu SIM.
  • Hapus kontak yang tersimpan di tempat sebelumnya. Sisakan satu tempat penyimpanan kontak.
  • Jangan bagikan nomor kontak ke media sosial apapun. Hal tersebut akan menurunkan penambahan kontak karena banyak disharing di luar sana.

Upaya pencegahan di atas bisa menjadi cara untuk membuat penambahan kontak WA tanpa pengetahuan tidak terjadi.

Jika sudah terjadi maka tidak ada pilihan selain menghapusnya. Manajemen kontak WA memang perlu diperlukan. Siapa sangka, perkara kontak WhatsApp seperti ini bisa sangat menyebalkan.

BACA JUGA  Apa itu Google Drive: Pengertian, Fitur, serta Fungsinya

Penyebab kenapa kontak WA bertambah sendiri dan solusinya sudah kamu ketahui. Sebagai solusi kedepannya, kamu bisa menggunakan sinkronisasi kontak WA dan membackup kontak WA ke beragam media secara berkala agar jika bermasalah di kemudian harus bisa segera diselesaikan dengan mudah.