Ad Clicks : Ad Views :
Tisu Coding

Berbagi Pengetahuan

img
Home / Materi IT / 21+ Contoh Iklan Unik dan Menarik

21+ Contoh Iklan Unik dan Menarik

Untuk memaksimalkan penjualan produk, suatu perusahaan biasanya akan membuat sejumlah iklan menarik dengan tujuan menjangkau target pasar.

Akan tetapi, agar iklan kompatibel dengan produk (barang/jasa) yang ditawarkan, sebaiknya simak terlebih dahulu contoh iklan di bawah ini!

Dalam proses pembuatan iklan umumnya tim kreatif akan fokus pada pengerjaan desain dan jargon yang bisa menarik perhatian.

Sebab fungsi dari iklan itu sendiri atau sebagai media promosi, untuk memperkenalkan sebuah produk kepada publik supaya mau membeli dan menggunakannya.

Contoh Iklan Terlengkap yang Bisa Dijadikan Referensi

Iklan dibagi ke dalam beberapa kategori dan umumnya diklasifikasikan berdasarkan pada jenis produk dan layanan, penggunaan media iklan, informasi yang disampaikan, hingga tujuan iklan.

Bagi yang memiliki rencana untuk membuat iklan promosi, namun bingung memilih topik yang sesuai dengan konsep bisnis atau kebutuhan.

Di bawah ini adalah contoh terlengkap dari berbagai kategori iklan yang bisa dijadikan sebagai panduan oleh pemula:

1. Iklan Minuman Coca-Cola

Contoh Iklan Minuman Coca-Cola

Siapa yang tidak mengenal minuman berkarbonasi favorit ini? Produk minuman yang diproduksi The Coca-Cola Company ini telah digandrungi oleh berbagai kalangan masyarakat.

Selain memiliki rasa menyegarkan, kesuksesan branding Coca-Cola juga tidak terlepas dari promosinya yang keren.

Iklan Coca-Cola identik dengan penggunaan warna merah dan putih yang menjadi ciri khasnya. Tidak lupa mengusung teks promosi andalannya, yaitu “Hidupkan Semangatmu dengan Coke Ayo!”.

2. Iklan Snack Soyjoy

Contoh Iklan Snack Soyjoy

Digadang-gadang sebagai pelopor snack sehat dari bahan baku kedelai utuh, Soyjoy bukan hanya menghadirkan konsep makanan ringan unik dan menarik.

Akan tetapi, dari segi promosinya juga sangat impresif, sehingga wajar apabila soyjoy dianggap sebagai eksklusif.

Selain unggul dari segi kualitas produk, produk sehat dengan teks promosi “Bantu kenyang lebih lama” ini juga menawarkan berbagai macam variasi snack yang bisa dipilih sesuai selera.

3. Iklan Makanan Pizza Hut

Contoh Iklan Makanan Pizza Hut

 

Chain restaurant yang diprakarsai Dan dan Frank Carney, Pizza Hut juga kerap mengadakan promo untuk berbagai produk dan paket terbarunya.

Tidak heran jika restoran dengan menu hidangan utama pizza ini tidak pernah sepi oleh pelanggan, baik yang makan di tempat atau take away.

Iklan di atas adalah salah satu contoh promosi paket Beli 2 Dapat 3 dari Pizza Hut. Dengan teks promosi “Lebih banyak makin hemat”, Pizza Hut memberikan kesempatan pada pelanggan untuk memilih pizza dengan aneka topping.

4. Iklan Susu Full Cream Frisian Flag

Pasti sudah tidak asing dengan susu full cream dari Frisian Flag, bukan? Terkenal dengan jargon promosinya, yaitu “Rasakan manfaat minum susu setiap hari!”.

Konsumen juga dimanjakan dengan penawaran berbagai varian rasa dan produk, termasuk low fat (rendah lemak).

Dalam setiap iklan produknya, Frisian Flag masih setia menggunakan kombinasi warna putih dan biru yang sekaligus menjadi perwujudan dari logo brand tersebut.

5. Iklan Pencegahan Perkawinan Anak

Contoh Iklan Pencegahan Perkawinan Anak

Contoh iklan layanan masyarakat di atas diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Indonesia Layak Anak, dan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Tujuan dari pembuatan iklan tersebut sudah jelas, yaitu sebagai salah satu upaya untuk mencegah pernikahan dini atau anak di bawah umur sesuai ketentuan Undang Undang.

Desain yang ditampilkan memang sangat sederhana, namun mudah dipahami maksudnya.

Seperti dilihat, bahwa pernikahan dini memiliki risiko besar sebab usia anak-anak belum matang secara psikologi. Sehingga dikhawatirkan akan membawa dampak tidak baik.

6. Iklan Wall’s Ice Cream Sandwich

Dengan jargon “Cool Banget”, Wall’s menawarkan produk ice cream terbarunya, yaitu Sandwich rasa vanila dan coklat yang krispi di luar tapi lumer di dalam.

Hadir dengan visual simple namun menarik, iklan ini mengajak siapa saja yang melihatnya untuk mencoba varian rasa ice cream terbaru tersebut.

7. Iklan Pop Mie Kuah Pedes Dower

Melalui iklan ini, Pop Mie ingin memperkenalkan varian rasa dari produk terbarunya, yaitu Kuah Pedes Dower yang memiliki cita rasa khas pedas, asam, dan segar.

Mengusung jargon “Awas Nagih”, penggunaan gambar cabe menangis di samping produk seolah menjadi penegasan bahwa produk terbaru dari Pop Mie ini benar-benar pedas dan bisa membuat ketagihan.

8. Iklan Sabun Cuci Piring Sunlight

Contoh Iklan Sabun Cuci Piring Sunlight

Produk sabun cuci piring dari Unilever ini sejatinya sudah sangat dikenal oleh masyarakat di seantero Indonesia, karena dijual hampir di setiap retail dan toko sembako.

Namun, hingga saat ini Sunlight masih tetap menghadirkan berbagai iklan promosi sebagai penunjang eksistensi produk.

Dengan jargon “5x lebih cepat mengatasi lemak bandel”, iklan produk Sunlight juga mempunyai karakteristik berupa penggunaan warna hijau yang dominan.

9. Iklan Beng Beng

Produk makanan ringan berupa wafer caramel dengan balutan coklat krispi ini memang sangat populer dan disukai oleh banyak kalangan, karena rasanya dianggap mantul alias mantap betul.

Namun, kesuksesan Beng Beng dalam merajai pasar tentu juga berkat iklan promosinya yang selalu menyuarakan “4 kelezatan sekali gigit”, sehingga membuat penasaran.

10. Iklan Layanan Masyarakat Posyandu

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Posyandu

Contoh iklan di atas berisi ajakan kepada masyarakat, khususnya para ibu yang yang memiliki balita agar tidak lupa pergi ke posyandu.

Selain untuk menimbang berat badan anak, Posyandu juga menyediakan pelayanan gizi dan imunisasi lengkap untuk anak.

Sebagai upaya mengajak, Posyandu menghadirkan jargon yang singkat, padat, namun maknanya jelas, yaitu “Punya Balita? Ditimbang di Posyandu ya. Anak sehat, tambah umur, tambah berat, tambah pandai”.

11. Iklan Pelaksanaan PTM

Iklan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas kapasitas 100% di atas dibuat oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan GERMAS.

Khususnya untuk menyikapi pandemi Covid-19 yang saat ini telah mereda, sehingga kegiatan belajar tatap muka kembali diberlakukan.

Menghadirkan desain kartun yang simple tapi unik, pada iklan juga dibubuhkan logo dari kedua organisasi pemerintah pada bagian atas sebagai penegas keabsahan informasi.

12. Iklan Lowongan Pekerjaan Staff IT / TEKNISI

Jenis iklan lowongan pekerjaan di atas dibuat oleh perusahaan IT Griyacom, dengan tujuan mencari Staff IT/ Teknisi dengan persyaratan seperti yang telah dituliskan pada iklan.

Untuk memudahkan proses seleksi pelamar kerja, pada iklan juga telah dijelaskan mengenai syarat berkas yang harus dilampirkan. Selain itu, telah dituliskan kemana surat lamaran harus dikirim, sekaligus batas waktu penerimaan lamaran pekerjaan.

13. Iklan Jasa Layanan Laundry

Contoh Iklan Jasa Layanan Laundry

Pembuatan iklan untuk menawarkan jasa yang baik dan benar meliputi beberapa komponen seperti nama layanan, penyedia layanan, informasi layanan, alamat, dan nomor telepon/hp.

Semua unsur iklan tersebut dapat ditemukan pada iklan di atas. Meskipun desain yang dihadirkan sangat sederhana, namun semua informasi yang harus diketahui calon pelanggan sudah lengkap.

14. Iklan Layanan Cleaning Service

Seperti dapat dilihat, bahwa iklan di atas menawarkan jasa berupa layanan kebersihan (cleaning service), meliputi area dapur, kamar mandi, perkantoran, debu, hingga vakum.

Untuk memperjelas layanan yang ditawarkan, disebutkan juga variasi waktu layanan yang bisa dipilih klien, mulai dari sekali, mingguan, dan bulanan. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan jargon “We’ll do all dirty, work for you!”, layanan kebersihan ini dapat dihubungi secara online sehingga bisa lebih menghemat waktu para pengguna jasanya.

15. Iklan Baris

Contoh Iklan Baris

Bagi yang suka membaca koran, majalah, atau tabloid, tentu sudah familiar dengan iklan baris. Pada iklan baris umumnya hanya berisi informasi singkat dan kadang hanya berisi dua atau tiga baris saja.

Iklan baris terdiri dari beberapa kategori, yaitu penawaran jasa/barang, pencarian, penjualan, dan lowongan. Contoh iklan baris bisa dilihat pada gambar di atas.

16. Iklan Kolom Jual Mobil

Contoh Iklan Kolom Jual Mobil

Sesuai namanya, iklan kolom dimuat dalam kolom berbentuk persegi empat. Dengan ciri khas, jika hanya ada satu iklan dalam satu kolom. Selain berisi teks atau tulisan, iklan jenis ini juga dilengkapi foto atau gambar mendukung.

Pada gambar di atas misalnya, iklan berisi informasi jual mobil Toyota termurah, free hadiah, dan tanpa undian.

Selain informasi mengenai layanan dan segala kemudahannya, iklan tersebut juga menyertakan sebuah gambar mobil sebagai pendukung informasi.

17. Iklan Oreo

Kukis isi krim yang diproduksi Mondelez International memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat di tanah air.

Seiring perkembangan zaman, Oreo tidak pernah absen meluncurkan produk dengan varian terbaru secara berkala. Terakhir adalah Oreo Soft Cake dengan ukuran lebih besar.

Iklan Oreo pada gambar di atas memang tampak simple, tapi tetap kelihatan menarik. Apalagi, kombinasi warna pada produk dan desainnya yang menarik membuat produk ini sangat disukai.

18. Iklan Penawaran Optik Fokus

Contoh Iklan Penawaran Optik Fokus

Secara umum, jenis iklan ini mengacu pada strategi pemasaran yang tujuan utamanya adalah meningkatkan kesuksesan promosi dan penjualan.

Biasanya iklan ini dibuat dalam bentuk poster dan bahkan video interaktif yang bisa membujuk daya beli konsumen pada produk tertentu.

Gambar di atas adalah iklan penawaran dari Optik Fokus. Pada iklan juga dijelaskan promo yang ditawarkan, yaitu Paket Hemat Kacamata dan Softlens Warna + Air.

19. Iklan Jasa Cuci Mobil

Selain menghadirkan desain yang menarik beserta tarif layanan terlengkap. Pihak pemilik car wash juga menawarkan diskon hingga 45% yang menjadi daya tariknya.

Keberadaan diskon tersebut tentu menjadi nilai plus, sebab siapa yang tidak suka dengan harga murah?

20. Iklan Fanta

Merk minuman ringan bersoda dengan berbagai variasi rasa buah yang khas ini memang begitu digemari oleh kalangan muda.

Untuk memperkenalkan produk terbarunya, Fanta biasanya menghadirkan berbagai macam iklan dengan desain simple, namun mengesankan.

21. Iklan Komersial Diskon Cornetto

Untuk iklan kategori komersial umumnya dibuat dengan tujuan memasarkan sebuah produk supaya konsumen tertarik untuk melakukan pembelian. Iklan akan dibuat seunik mungkin agar dapat meninggalkan kesan pada siapa saja yang melihatnya.

Gambar di atas adalah iklan Cornetto yang dibuat oleh pihak Alfamart. Pada iklan jelas terdapat teks promosi, yaitu “Beli 2 Cornetto Hanya 17.000” untuk periode pemesanan 16-30 Juni 2021. Adanya diskon ini tentu akan membuat pengunjung Alfamart merasa tertarik membeli produk tersebut.

———–

Contoh iklan di atas bisa dijadikan referensi bagi yang ingin membuat iklan tapi bingung harus memulai darimana.

Namun, perlu diingat bahwa selain iklan tulisan dalam bentuk teks. Ada juga iklan lisan yang menggunakan media elektronika, seperti radio dan TV untuk menyampaikan informasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

It is main inner container footer text