Cara Tukar Tambah HP di Shopee dalam 7 Langkah Mudah

Tisucoding.com – Apakah di Shopee bisa tukar tambah HP? Bisa dong. Buat kamu yang lagi butuh HP baru tapi nggak bisa keluar rumah karena suatu alasan, maka bisa cek cara tukar tambah HP di Shopee berikut ini.

Jadi selain fitur COD, iklanku, dan donasi, Shopee juga menambahkan fitur tukar tambah Shopee. Salah satu produk yang bisa ditukar adalah HP. Tapi untuk saat ini, fitur ini baru bisa dinikmati oleh kamu yang tinggal di Jakarta ya, dan opsi pengirimannya hanya Shopee Express.

Gimana Sih Cara Tukar Tambah HP di Shopee?

Cara Tukar Tambah HP di Shopee

Caranya dibagi menjadi beberapa langkah berikut ini ya:

1. Cari Toko / Banner Tukar Tambah

Langkah pertama setelah kamu buka aplikasi Shopee dan ada di halaman utama adalah cari banner atau tulisan tukar tambah.

Kalau di halaman utama tadi nggak ada misal, maka kamu bisa ketik “tukar tambah HP” di kolom pencarian dan nantinya akan muncul daftar toko mana saja yang terima tukar tambah HP di platform Shopee.

2. Pilih HP

Sekarang kamu bisa lihat-lihat dulu HP mana yang kamu butuhkan atau inginkan untuk ditukar tambah dengan HP lama kamu. Pilihan tokonya ada banyak dan dengan pilihan tipe HP yang beragam.

Supaya lebih gampang, kamu bisa tab kategori “Terlaris“, “Terbaru“, atau urutkan berdasarkan “Harga” (dari harga tertinggi ke terendah atau sebaliknya). Kamu bisa juga nih filter berdasarkan harga tertentu (misalnya harga minimal Rp 1.000.000), berdasarkan jumlah bintang, atau kategori lainnya.

BACA JUGA  3 Cara Cetak Resi Shopee Anti Ribet

3. Baca Deskripsi

Kalau kamu sudah menemukan HP yang kamu inginkan, jangan langsung buru-buru check out dan bayar ya.

Supaya nggak beresiko kecewa atau mengalami kerugian nantinya, kamu wajib banget nih lakukan beberapa hal di bawah ini sebelum memasukkan produk ke dalam keranjang dan melakukan pembayaran:

  • Baca deskripsi produk atau syarat dan ketentuan toko untuk metode tukar tambah karena masing-masing toko punya aturan yang nggak sama. Baca dengan teliti dan kalau ada hal yang nggak kamu pahami, jangan sungkan buat nanya ke toko daripada ada miss komunikasi.
  • Selain deskripsi, kamu juga wajib cek review pembeli. Kira-kira ada yang ngasih bintang 1 nggak dan apa alasannya. Baca review sebanyak mungkin untuk memastikan kualitas produk, layanan toko, dan mendapatkan sejumlah informasi penting lainnya.
  • Satu lagi yang harus kamu cek adalah foto-foto dari HP. Utamakan untuk mengecek foto dari para pembeli daripada foto dari toko karena biasanya foto di toko nggak asli.

4. Input IMEI

Langkah selanjutnya pada cara tukar tambah HP di Shopee adalah input IMEI dari HP lama kamu pada kolom yang sudah ada. IMEI sendiri bisa kamu temukan di menu Pengaturan dan masuk ke bagian About Phone . Kalau nggak ketemu, maka bisa juga pakai cara instan dengan ketik kode dial *#06#.

5. Testing

Setelah input IMEI, sekarang kamu harus lakukan testing pada HP lama kamu agar bisa mendapat nilai tukar tambah. Kamu bisa pakai aplikasi testing HP yang biasanya akan muncul otomatis setelah proses input IMEI. Nantinya akan ada notif untuk kamu download aplikasi.

6. Checkout

Kalau permintaan kamu sudah disetujui oleh Shopee, sekarang kamu bisa checkout HP yang sudah kamu incar tadi dan jangan lupa pakai voucher khusus tukar tambah yang sudah diberikan ya. Biasanya voucher akan kamu terima di hari yang sama atau h+1 setelah testing.

BACA JUGA  8 Cara Dapat Uang dari Shopee

7. Reset HP dan Tunggu Kurir

Shopee akan memberikan kamu notif kapan kurir akan datang mengambil HP ke alamat kamu. Sebelum kurir datang, pastikan semua data penting di HP lama sudah dibackup kemudian lakukan reset (kembali ke setelan pabrik).

Gimana, cara tukar tambah HP di Shopee gampang banget kan? Kamu hanya butuh 7 langkah di atas dan tanpa harus keluar rumah sama sekali. Prosesnya dijamin aman karena dilakukan di e-commerce resmi.