Tisu Coding

Berbagi Pengetahuan

Home / Komputer / Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Kertas Berkedip dengan Mudah

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Lampu Kertas Berkedip dengan Mudah

Printer Epson L3110 merupakan tipe printer yang laris di pasaran Indonesia karena kualitasnya baik. Meskipun demikian, beberapa orang mengalami kendala pada printer ini seperti lampu berkedip. Banyak yang belum tahu bagaimana cara mengatasi printer Epson L3110 lampu kertas berkedip.

Biasanya yang menjadi penyebab utama permasalahan tersebut adalah penggunaan printer yang kurang tepat atau tidak sesuai petunjuk. Bisa juga dikarenakan ada benda asing yang masuk ke dalam printer tersebut.

Cara Mengatasi Printer Epson l3110 Lampu Kertas Berkedip

Saat printer Epson L3110 mengalami kendala jangan buru-buru membawanya ke tempat service. Kamu bisa mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dulu.

Mencari Tahu Penyebabnya

Lampu indikator pada printer Epson L3110 yang berkedip-kedip bisa menjadi tanda bahwa printer tersebut mengalami masalah.

Coba cek apakah ada benda asing di dalam printer Epson L3110. Jika tidak ada, mungkin permasalahannya karena ada kertas yang terselip.

Kertas yang terselip di dalam printer Epson L3110 menyebabkan macet sehingga pada saat kertas ditarik dari printer ada bagian yang robek dan tertinggal di dalamnya. Hal tersebut menyebabkan printer error dan lampu indikator otomatis menyala.

Cara Mengatasinya

Kamu tidak perlu panik dulu saat lampu printer Epson L3110 berkedip. Coba ikuti cara mengatasi printer Epson L3110 lampu kertas berkedip berikut.

1. Cara Pertama

Cek printer Epson L3110 secara keseluruhan dengan membuka penutupnya. Lalu cek apakah ada kertas yang tersangkut atau ada ada benda asing yang tertinggal di dalamnya. Jika ada sesuatu segera keluarkan dari dalam printer. Kemudian Restart printer tersebut.

BACA JUGA  Spesifikasi, Review, dan Harga Canon Pixma ip2770

2. Cara Kedua

Jika cara pertama tidak berhasil, Kamu bisa mencoba cara yang kedua. Batalkan semua antrian dokumen yang akan dicetak dan cabut kertas yang telah terpasang di printer Epson L3110. Tekan tombol Power untuk mematikan printer.

Tunggu beberapa menit, setelah itu nyalakan kembali printer Epson L3110 dan pasang kertas di tempat semula. Coba untuk melakukan print dokumen.

3. Cara Ketiga

Masih ada cara ketiga untuk mengatasi printer Epson L3110 lampu kertas berkedip jika cara pertama dan kedua tidak berhasil. Matikan printer terlebih dulu dan cabut semua kabel-kabelnya.

Cabut roller secara perlahan dan bersihkan dengan lap basah atau tisu. Sambungkan kembali semua kabel-kabel printer Epson tersebut. Biasanya setelah roller printer dibersihkan maka printer Epson L3110 sudah bisa menarik kertas secara normal.

Cara Mengatasi Berbagai Permasalahan Lainnya Pada Printer Epson L3110

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 Tidak Bisa Mengeluarkan Tinta Hitam

Kamu bisa melakukan cleaning manual atau cleaning PC jika printer Epson L3110 tidak bisa mengeluarkan tinta hitam.

1. Cleaning Manual

Untuk melakukan cleaning manual kamu bisa menekan tombol Icon Segitiga. Tekan terus tombol tersebut sampai lampu indikator berkedip kemudian lepaskan. Tunggu beberapa saat hingga lampu tak berkedip lagi dan lakukan tes print.

2. Cleaning dengan Menggunakan PC

Buka PC lalu pilih printer Epson L3110 dan klik kanan. Pilih Printing Preferences. Pada menu tersebut pilih Maintenance – Head Cleaning. Tunggu sampai proses selesai. Jika tetap tidak bisa mengeluarkan tinta hitam, Kamu bisa mencoba cara tersebut beberapa kali.

Cara Mengatasi Printer Epson L3110 dengan Hasil Print Bergaris

Ada 2 cara yang bisa Kamu gunakan untuk mengatasi printer Epson L3110 saat hasil printnya bergaris.

BACA JUGA  Jangan Langsung Ganti, 5 Solusi Terbaik Mengatasi Mouse Tidak Bisa Scroll

1. Cara Pertama

Aktifkan printer Epson L3110 dan hubungkan printer tersebut dengan komputer. Cari icon printer Epson L3110 yang ada di pojok kiri bawah. Klik kanan dan lakukan Head Cleaning. Tunggu sampai prosesnya selesai.

2. Cara Kedua

Pada dasarnya cara kedua ini hampir sama dengan cara pertama yakni dengan melakukan Head Cleaning tetapi dengan cara yang berbeda. Cari Panel Kontrol kemudian pilih Perangkat Kertas dan Suara. Selanjutnya pilih Perangkat dan Printer.

Pada halaman tersebut pilih Preferensi Pencetakan. Lanjut pilih Perawatan dan klik Pembersihan Kepala. Lalu klik Start. Tunggu prosesnya selesai.

Cara Melakukan Reset Pada Printer Epson L3110

Untuk mereset printer Epson L3110 Kamu tidak perlu ke tempat servicenya. Kamu bisa melakukannya sendiri secara otomatis dengan beberapa cara berikut:

  1. Pastikan printer Epson L3110 sudah terhubung dengan komputer atau laptop untuk bisa meresetnya.
  2. Download software yang digunakan untuk mereset printer Epson L3110.
  3. Matikan antivirus dan Windows Defender agar software tersebut tidak terhapus.
  4. Buka file yang sudah didownload tersebut dan jalankan aplikasi Adjporg.exe untuk mereset printer tersebut.
  5. Buka folder Keygen WLGen Epson L3110.exe.
  6. Kemudian klik Add Licence
  7. Isi data customer dengan lengkap dan salin Hardware IDE
  8. Klik Save dan pilih Create Licence Key. Ikuti semua prosesnya dan copy semua data dari file tersebut ke folder ADjprog.exe.
  9. Buka folder ADjprog.exe tersebut dan pilih Port Printer Epson L3110. Selanjutnya klik Particular adjustment mode.
  10. Klik Waste Ink Pad Counter untuk mereset tabung tinta.
  11. Kemudian pop up baru akan muncul dan klik Main Pad Counter – Check.
  12. Terakhir klik initialize dan tunggu sampai proses selesai.

Jangan buru-buru membawa printer Epson L3110 ke tempat service. Gunakan berbagai cara di atas untuk mengatasi printer Epson L3110 lampu kertas berkedip.

Jika dengan melakukannya sekali tidak bisa mengatasi permasalahan tersebut, maka Kamu bisa mengulanginya beberapa kali.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :