8 Cara Mengatasi Google Drive Error di Laptop dan HP

Mengatasi Google Drive Error – Performa Google Drive sebagai salah satu cloud server terbaik memang tidak perlu diragukan. Sayangnya, platform yang satu ini tidak 100% sempurna sehingga terkadang Google Drive error. Misalnya ketika hendak membuka file atau membagikan file.

Seperti yang telah diketahui, Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan lebih besar dibanding platform sejenis. Hal ini menjadi kelebihan utama selain penggunaannya yang gratis. Bagi yang mengalami kendala Google Drive bermasalah, sebaiknya simak ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Google Drive Error di Laptop/Komputer

Cara Mengatasi Google Drive Error

Biasanya Google Drive yang error di laptop/komputer disebabkan pengaturan yang belum memiliki izin akses file. Padahal, kamu sudah memiliki tautan menuju file yang di-share orang lain. Tidak hanya itu, unduhan file yang terlalu banyak dalam satu waktu pun bisa menjadi penyebabnya.

Kesalahan login akun juga bisa menjadi faktor yang membuat kamu berpikir bahwa Google Drive sedang error. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

1. Ketahui Izin Akses File

Pernah membuka link Google Drive lalu justru muncul keterangan “Tidak Ditemukan”? Sebagian orang menganggap bahwa platform penyimpanan cloud tersebut sedang bermasalah. Padahal, jawabannya mungkin karena izin aksesnya dibatasi.

Artinya, kamu tidak memiliki akses untuk membuka link dokumen yang dibagikan tersebut. Jika link berasal dari rekan kerja mengenai pekerjaan, silahkan tanyakan pada pengirim mengenai izin akses tautan tersebut.

BACA JUGA  Cara Download Puffin Browser Untuk PC

2. Nonaktifkan Software

Pada dasarnya, beberapa jenis antivirus memang cukup sensitif terhadap file tertentu. Misalnya jika kamu mengunduh dokumen asing dari Google Drive, perangkat lunak tersebut bisa menjadi penghalang.

Silahkan matikan terlebih dahulu antivirus yang ada di laptop/komputer. Biasanya bagi pengguna Windows menggunakan Windows Security, berikut langkah-langkah menonaktifkannya.

  • Langkah pertama, buka menu Start di Windows.
  • Ketikkan Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Windows Security.
  • Di bagian Virus & Threat Protection, pilih Manage Settings.
  • Nonaktifkan opsi Real-time protection.
  • Selesai.

3. Login Menggunakan Google Drive Lain

Cara mengatasi Google Drive error accessing folder contents yang satu ini mungkin sedikit klise. Namun, tak jarang cukup work mengatasi berbagai masalah di platform tersebut. Oleh karena itu, silahkan gunakan akun Google lain untuk mengakses Google Drive.

4. Menyimpan File ke Akun Google Drive Sendiri

Meskipun sudah berhasil mengakses file tautan Google Drive, terkadang terdapat keterangan limit unduhan. Perlu diketahui bahwa keterangan tersebut bukan berarti Google Drive tersebut error. Melainkan jumlah unduhan file yang dibagikan sudah mencapai batasnya.

Oleh karena itu, kamu perlu menunggu kurang lebih 24 jam agar bisa mendownloadnya. Namun solusi lainnya yaitu dengan menyimpan file terlebih dahulu ke Google Drive sendiri. Setelah itu, silahkan unduh file tersebut dan simpan ke direktori yang ada di laptop/komputer.

Cara Mengatasi Google Drive yang Error di HP Android

Perlu diketahui bahwa interface Google Drive memang cukup nyaman diakses di HP Android. Tak heran jika platform Google ini banyak difavoritkan untuk backup file. Namun ketika mendapati Google Drive error 404, berikut beberapa solusinya:

1. Menutup Semua Aplikasi Terlebih Dahulu

Terlalu banyak membuka aplikasi dalam satu waktu bisa membuat RAM HP cepat penuh. Tak heran jika performa Google Drive juga menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, silahkan tutup tab semua aplikasi yang berjalan di latar belakang terlebih dahulu.

BACA JUGA  2 Cara Mengganti Nama File di Google Drive Mudah di HP dan Komputer

2. Update Aplikasi Google Drive

Biasanya aplikasi Google Drive sendiri sudah bersifat bawaan di HP Android. Namun, tentunya update aplikasi tidak selalu dilakukan otomatis. Oleh karena itu, silahkan update terlebih dahulu melalui Play Store.

  • Buka aplikasi Google Play Store yang ada di Android.
  • Cari aplikasi “Google Drive”.
  • Selanjutnya tap Update.
  • Tunggu sampai proses pembaruan selesai dilakukan.
  • Setelah itu, silahkan buka kembali Google Drive.

3. Install Ulang Aplikasi Google Drive

Google Drive yang error memang seringkali membuat bingung. Terlebih jika saat itu kamu sedang membutuhkannya untuk mengunggah atau membuka file.

Solusi berikutnya yaitu dengan menginstall ulang aplikasi Google Drive. Silahkan uninstall terlebih dahulu aplikasinya lalu download kembali di Playstore.

4. Hapus Cache Google Drive

Banyak yang tidak terlalu menghiraukan file cache di HP. Padahal jika terlalu bertumpuk juga akan mempengaruhi kinerja smartphone itu sendiri, berikut cara menghapusnya.

  • Buka menu Pengaturan lalu Aplikasi.
  • Scroll dan pilih aplikasi Google Drive.
  • Selanjutnya pilih opsi Hapus Cache atau Hapus Memori.
  • Jika sudah, silahkan buka aplikasi Google Drive kembali.

Beberapa solusi mengatasi Google Drive error di atas bisa dicoba satu per satu. Jika masih bermasalah, kamu bisa coba restart laptop/HP yang digunakan untuk mengakses Google Drive. Bisa jadi masalahnya terletak di perangkat yang dipakai.