Cara Menambah Font di Windows 7
tisucoding.com

Cara Menambah atau Menginstall Font di Windows 7

Tutorial bagaimana cara menambah font di Windows 7 dengan cepat dan mudah yang dapat Anda coba sendiri pada perangkat komputer.

Bagaimana cara menambah font di Windows 7? Di era digital seperti saat ini, desain grafis sudah seperti sebuah keharusan pada semua perusahaan. Bahkan, bukan hanya perusahaan, bisnis kecil-kecilan pun penting untuk memiliki setidaknya sedikit saja ilmu desain grafis.

Nah, bagi Anda yang mau berkecimpung di dunia desain grafis ini, diperlukan satu hal dasar yang sering dipandang sepele, padahal penting kehadirannya, yaitu font.

Menggunakan font bawaan yang biasanya sudah terinstall default pada Windows mungkin sudah cukup untuk digunakan sebagai penulisan pada Word, namun biasanya kurang mendukung untuk digunakan pada gaya desain dan produk desain tertentu.

Sebab, font sangat mempengaruhi proporsi desain pada suatu hasil karya desain grafis. Hal ini karena desain bukan sekadar mementingkan gaya kepenulisan dan konten yang informative, melainkan juga mementingkan sisi estetika.

Untuk mengatasi hal tersebut, Windows mengizinkan untuk penggunanya bisa menginstall font sesuai dengan yang diinginkan para penggunanya. Font berbentuk file ttf banyak tersedia di internet untuk diunduh secara gratis dan untuk menambah koleksi font.

Anda bisa juga menambah pilihan font pada Windows dengan mengimpor file font dari USB atau CD/DVD. Cara menambah font di Windows 7 bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja, berikut kami berikan informasi mengenai langkah-langkahnya.

Cara Menambahkan Font pada Windows 7

Untuk bisa mendapatkan font yang diinginkan, Anda bisa membuka situs font gratis yang tersedia di internet. Situs gratis ini sudah bebas hak cipta, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengunduh dan mencari jenis font pada situs pilihan tersebut.

Setelah memilih font yang diinginkan, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menambah font di Windows 7:

1. Download file font pada situs font gratis. Biasanya font dikompresi dalam bentuk folder .zip yang di dalamnya akan menemukan beberapa variasi font yang sama dengan bentuk berbeda. Disini kita akan mendownload font Roboto

Cara Menambah Font di Windows 7

2. Ekstrak file font .zip dengan cara mengklik kanan folder, lalu pilih “Extract here” atau “Extract file”. Maka, kini Anda akan melihat file font dengan jenis TrueType ataupun OpenType.

ekstrak font roboto

3. Selanjutnya install font dengan cara Klik kanan pada font yang ingin digunakan, lalu pilih “Install”.

4. Biasanya aka nada notifikasi pop up yang meminta izin program untuk membuat perubahan ke komputer. Jika sudah mempercayai sumber font tersebut, Anda bisa klik “Yes” atau “Ya”.

install font windows 7

5. Cek pada beberapa software yang menggunakan penulisan, apakah tulisan yang didownload sudah berhasil masuk ke software yang ada pada komputer Anda. Jika sudah ada, Anda bisa double check dengan mencobanya pada software yang dibutuhkan.

cek font di word

Topik Terkait:

Semua font yang telah di download, tersimpan di dalam sistem disk C:, maka ada cara lain untuk menambahkan file ke Windows 7 selain cara tersebut, yaitu:

  1. Pertama “Copy” file font di folder Downloads
  2. Buka Local Disc C:, kemudian pilih folder Fonts, maka akan ada banyak jenis font di dalamnya.
  3. Lalu “Paste” file font tadi
  4. Kemudian Anda bisa langsung cek pada berbagai macam software yang ingin anda gunakan, pastikan apakah font sudah terinstall pada berbagai macam software yang Anda akan gunakan.

Itulah beberapa cara menambah font di Windows 7, mudah sekali bukan? Perlu diketahui, jika Anda memasang font pada sistem Windows 7 untuk digunakan pada Microsoft Word, maka software atau program lainnya pun bisa turut menggunakan font yang telah di install tersebut, seperti software Adobe Photoshop maupun Corel Draw. Selamat mencoba!

Rendra Giovani
Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan