Cara Mematikan Firewall Windows 10

Cara Mematikan Firewall – Hampir semua perangkat komputer atau laptop sudah dilengkapi dengan Firewall, tanpa terkecuali window 10. Namun tahukah Anda apa Firewall itu?

Jadi Firewall atau yang sering juga disebut dengan Windows Firewall adalah sebuah sistem atau program yang dibenamkan oleh Microsoft ke dalam sistem operasi Windows, dimulai dari Windows XP hingga versi yang terbaru yaitu Windows  10.

Jadi, Firewall ini merupakan sistem perlindungan anti virus Windows yang berguna untuk mengontrol laju jaringan internet yang akan masuk pada jaringan pribadi.

Sehingga tujuan utama diciptakannya Firewall ini adalah untuk melindungi komputer atau laptop Anda dari serangan virus maupun program perusak lainnya baik yang berada pada jaringan LAN, Wireless maupun Wired.

Maka dari itu sistem ini akan melacak, mengendalikan atau memutuskan apakah jaringan tersebut boleh lewat, tolak atau bahkan dihilangkan dari komputer maupun laptop Anda.

Pada umumnya, Firewall ini akan aktif ketika laptop atau komputer Anda pertama kali booting. Hal ini dikarenakan mengingat fungsi dari Firewall sendiri yang sangat krusial terkait dengan keamanan dari privasi Anda para pengguna.

Bahkan saking hebatnya Firewall ini, terkadang ketika Anda baru pertama kali menjalankan aplikasi baru pada laptop atau komputer Anda, Anda perlu “Allow” yang artinya mengizinkan atau tidak aplikasi tersebut agar tidak di blok oleh Firewall.

Jadi, secara garis besar Firewall diartikan sebagai benteng penjaga yang membatasi penggunaan internet pada komputer atau laptop Anda.

Jadi, ibarat penjaga keamanan, Firewall ini akan mengidentifikasi tamu yang datang dan menyaring penyusup yang berusapa menyusup pada komputer maupun laptop Anda

Memahami Cara Mematikan Firewall Windows 10

Meskipun keberadaan Firewall ini sangat membantu dengan keunggulan yang dimilikinya, namun program ini juga memiliki kekurangan.

Tak jarang Anda akan menjumpai atau mengalami kendala saat proses pertukaran data antara dua PC atau laptop. Perlu diketahui bahwa cara kerja Firewall memungkinkan data pada sebuah perangkat asing tidak bisa diakses.

Karena hal tersebutlah tentunya mau tidak mau Anda harus menonaktifkan Firewall ini agar nantinya koneksi dapat berjalan dengan baik dan lancar. Lalu, bagaimana sih cara mematikan Firewall Windows 10?

Nah, bagi Anda yang saat ini masih bingung bagaimana cara mematikan Firewall Windows 10, saya akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Anda dapat mengikuti langkah-langlah di bawah ini:

  • Langkah pertama yaitu Anda masuk pada pengaturan Windows Firewall terlebih dahulu. Cara untuk masuk ke pengaturan Windows Farewell yaitu Anda bisa menggunakan menu search Windows 10 atau cortana. Ketikkan “Windows Firewall” lalu pilih Windows Defender Firewall.cari fitur firewall di control panel
  • Setelah langkah pertama berhasil, maka selanjutnya Anda dapat lanjut ke langkah kedua. Selanjutnya, akan muncul pilihan yang berkaitan tentang bagaimana Anda mengatur Firewall pada Windows 10. Silahkan masuk ke menu “Turn Windows Defender Firewall on or off“.Cara Mematikan Firewall Windows 10
  • Langkah terakhir untuk menonaktifkan semua pengaturan Firewall Windows 10, baik private network maupun public network, Anda hanya harus mengeklik pada Turn Of Windows Firewall hingga muncul ikon ceklist. Kemudian tekan Ok.matikan windows defender firewall

Nah, apabila Anda telah mematikan Firewall Windows 10 namun Anda berubah pikiran dan ingin mengaktifkan program tersebut kembali.

Anda dapat melakukan langkah sebaliknya, yakni mengaktifkan firewall dengan mengeklik menu Turn On Windows Firewall hingga muncul ikon atau gambar ceklist, baik untuk private network maupun public network. Setelah itu tekan OK.

Leave a Comment