Nur Huda Bikhoir Software Engineer yang sering begadang tapi tetap menjaga kesehatan dengan berjemur setiap pagi

10 Aplikasi Pemutar Musik PC Gratis

4 min read

Sekarang ada banyak aplikasi pemutar musik pada perangkat PC. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang dapat Anda coba!

Tisucoding.com – Ada banyak sekali bentuk seni yang menjadi bentuk pengekspresian diri seseorang. Salah satunya adalah musik. Bentuk  seni yang telah dikenal sejak zaman dahulu ini merupakan salah satu cara bagi manusia untuk mengekspresikan perasaannya.

Jika dahulu musik hanya dapat dinikmati secara langsung, kini musik dapat dinikmati dengan menggunakan aplikasi pemutar musik PC atau Laptop secara online maupun offline.

Daftar Aplikasi Pemutar Musik PC Terbaik

1. VLC Media Player

VLC music player

VLC Media Player merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk memutar berbagai file atau berkas multimedia baik audio maupun video dengan berbagai format seperti MPEG, Ogg, DivX dan masih banyak lagi. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memutar VCD, CD maupun DVD.

Aplikasi pemutar multimedia ini sifatnya open source serta tersedia dalam berbagai sistem operasi seperti Microsoft Windows, Mac OS, beragam distro Linux dan beberapa sistem operasi lainnya.

Aplikasi pemutar multimedia yang satu ini dikembangkan oleh VideoLAN Project dan pertama kali dirilis tahun 2001.

Kelebihan utama VLC Media Player adalah aplikasi ini memiliki codec yang lengkap sehingga hampir seluruh jenis berkas multimedia yang berupa audio dan video dapat diputar oleh aplikasi ini.

2. Winamp

winamp aplikasi pemutar musik pc

Winamp merupakan aplikasi pemutar media yang dikembangkan oleh Nullsoft yang kini menjadi cabang dari Time Warner. Sebagai perangkat lunak atau software, Winamp pertama kali diluncurkan pada 1996 oleh Justin Frankel.

Aplikasi pemutar audio yang satu ini dapat memainkan berbagai codec serta dapat dikustomisasi sesuai dengan preferensi penggunanya.

Aplikasi Winamp mendukung beberapa jenis sistem operasi seperti Mac OS X, Android, Windows, dan Linux. Winamp sempat menjadi aplikasi pemutar audio yang sangat populer pada tahun 2005 dengan jumlah pemakai yang awalnya hanya 33 juta hingga menjadi 57 juta pengguna bulanan.

Kepopulerannya ini membuat Winamp menjadi aplikasi pemutar media yang paling sering digunakan setelah Windows Media Player. Sampai saat ini, Winamp masih menjadi aplikasi bawaan di beberapa produk komputer.

3. AIMP3

AIMP Music Player

Jika Anda mengharapkan aplikasi pemutar musik yang gratis namun berkualitas, AIMP3 adalah salah satunya. Aplikasi pemutar musik ini mendukung lebih dari dua puluh format audio sehingga sangat berguna.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur playlist atau daftar putar cepat yang memungkinkan sekelompok audio diputar dalam sekali putar. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur bookmark serta antrian pemutaran.

AIMP3bekerja dengan memproses audio dalam 32-bit sehingga suara yang dihasilkan sangat jelas. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur equalizer dengan efek suara ekstra built-in dan 18-band equalizer.

4. Music Bee

music bee pemutar musik

Selain beberapa aplikasi pemutar audio yang telah dijelaskan, terdapat  aplikasi pengelola musik lain dengan antarmuka yang dilengkapi dengan banyak fitur serta halaman antarmukanya yang mirip dengan iTunes.

Untuk menggunakan aplikasi Music Bee, pengguna perlu mengunduh serta memasang aplikasi tersebut di perangkat PC terlebih dahulu.

Setelah proses instalasi atau pemasangan aplikasi selesai, pengguna aplikasi ini umumnya akan diminta untuk  memiliki folder pemindaian Music Bee untuk musik serta mengimpor lagu dari Windows Media Library atau iTunes.

Salah satu kelebihan dari Music Bee adalah halaman antarmuka yang didesain dengan intuitif dan penataannya yang sangat baik. Selain itu, pengguna juga dapat menyesuaikan tata letak UI serta beberapa skin yang berbeda.

5. MediaMonkey

mediamonkey aplikasi pemutar musik

MediaMonkey merupakan salah satu aplikasi pemutar media yang dikembangkan oleh Ventis Media Inc. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang dibuat khusus untuk memutar berkas audio pada sistem operasi Microsoft Windows.

Walaupun aplikasi ini dibuat untuk memutar berkas audio, namun MediaMonkey dapat dikembangkan menjadi aplikasi untuk memutar media lain seperti video dan format media lainnya dengan menggunakan plugin.

Fitur yang ada pada aplikasi ini di antaranya adalah audio CD, music library, device sync, dan addons. Format audio yang mendukung aplikasi ini adalah MP3, AAC, FL, MPC, WMA, WAV dan APE.

6. Tomahawk

tomhawk music player

Tomahawk merupakan aplikasi pemutar musik yang dapat digunakan untuk memutar koleksi musik yang dimiliki pengguna.

Namun, aplikasi pemutar musik yang satu ini masih memiliki fitur lain yang dapat dinikmati yaitu online streaming sehingga pengguna dapat menikmati musik yang sama di waktu yang sama bersama teman-teman atau kerabat.

Kelebihan Tomahawk adalah aplikasi ini dapat mengambil musik walaupun lintas platform yang mendukung berbagai content resolvers yang merupakan plugin yang memungkinkan penggunanya mencari musik dari layanan yang mendukung secara langsung seperti Spotify, YouTube, SoundCloud, 4Shared, Grooveshark, Dilandau dan lain-lain.

7. GOM Audio Player

Gom pemutar musik pc

GOM Audio adalah software atau perangkat lunak untuk memutar musik dengan fitur yang canggih namun tetap ringan. Selain dapat memutar musik atau audio, pengguna juga dapat menikmati beragam internet radio.

Software ini bersifat gratis sehingga penggunanya tidak perlu membayar untuk dapat menikmati layanan dan fitur yang ada pada aplikasi ini.

GOM Audio dibuat berdasarkan software GOM Player, yaitu perangkat lunak yang telah dikenal sebagai salah satu media player yang populer.

GOM Audio juga dilengkapi dengan fitur penampil lirik lagu yang dapat diedit oleh penggunanya. Saat memutar lagu, perangkat lunak ini dapat masuk ke dalam mode sleep atau shutdown secara otomatis.

8. Songbird

songbird audio player

Songbird adalah program multi-platform yang berbasis XUL framework dari Mozilla. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan sebagai audio player, tetapi juga memiliki fungsi tambahan sebagai audio manager.

Dengan kata lain, pengguna yang memiliki banyak sekali koleksi audio atau musik tidak perlu merasa khawatir karena aplikasi ini dapat mendeteksi file audio dengan sangat cepat.

Perangkat lunak atau aplikasi yang mendukung sistem operasi Windows dan Mac ini memiliki kelebihan yang membuatnya istimewa yaitu kemampuan deteksi file audionya yang sangat cepat.

Aplikasi ini bahkan dapat memasukkan empat ribu lagu ke dalam database hanya dalam waktu 2 menit.

Aplikasi ini tak hanya ringan dan mudah dioperasikan, tetapi juga dapat memberikan manfaat lebih karena fungsinya sebagai pengatur file musik atau audio manager yang jumlahnya sangat banyak.

9. Spider Player

aplikasi pemutar musik gratis

Spider Player merupakan perangkat lunak berupa pemutar audio visual yang dilengkapi dengan antarmuka sederhana dan nyaman.

Walaupun fungsi utamanya adalah untuk memutar file audio atau musik, namun perangkat lunak yang satu ini juga menawarkan hal lain yang tidak dapat dilakukan oleh pemutar audio lainnya.

Spider Player dapat digunakan untuk menyalin CD, memilih format audio yang diekstrak serta menentukan kualitas kompresi. Format audio yang dapat dipilih menggunakan aplikasi ini adalah MP3, OGG, WMA dan WAV.

Selain itu, perangkat lunak atau aplikasi ini juga dibekali dengan alat edit teks ringan sehingga pengguna aplikasi ini dapat melengkapi daftar audio dengan lirik lagu favorit.

10. Foobar 2000

foobar aplikasi pemutar musik gratis

Foobar 2000 merupakan audio player yang dikembangkan oleh Peter Pawlowski yang mendukung sistem operasi Windows, iOS dan Android. Selain memutar audio dalam berbagai format, Foobar2000 juga dilengkapi antarmuka yang dapat dikustomisasi.

Itu tadi beberapa aplikasi pemutar musik pc yang dapat Anda coba. Dan baca juga artikel menarik lainnya hanya di Tisucoding.com

Nur Huda Bikhoir Software Engineer yang sering begadang tapi tetap menjaga kesehatan dengan berjemur setiap pagi