Apa itu Google Drive: Pengertian, Fitur, serta Fungsinya

Nama Google Drive (GD) pasti sudah tidak asing di telinga kamu yang sering mendownload dan berbagi file di internet. Google Drive secara otomatis tersedia di semua perangkat Android. Tingginya kebutuhan media storage juga mempopulerkan GD. Apa itu Google Drive dan apa manfaat serta fitur yang tersedia?

Google Drive bisa dikatakan adalah layanan penyimpanan file online yang disediakan oleh Google. Dengan menggunakan GD, kamu bisa mengunggah file ke sana dan mengunduh file dari sana.

Layanan yang disediakan Google Drive bukan sekadar upload dan download saja, ada layanan lain yang tersedia di sana.

Apa itu Google Drive?

Google Drive adalah sebuah layanan penyimpanan file yang berbasis cloud. GD memungkinkan penggunanya menyimpan dan membagikan file secara online. 

Google Drive juga menyediakan layanan sinkronisasi dokumen, foto, dan beragam jenis file lain untuk beragam perangkat, termasuk HP, PC, laptop, dan tablet.

Google Drive dibuat dan dikembangkan oleh Google. Hal tersebut membuat GD memiliki integrasi layanan yang baik dengan produk Google lainnya.

GD terintegrasi dengan Google Docs, Android, YouTube, Google Analytics, dan produk Google lain. GD bukan satu-satunya layanan media penyimpanan berbasis cloud.

Layanan serupa selain Google Drive adalah Dropbox, Apple iCloud, Microsoft OneDrive, dan SugarSync. Google Drive tersedia dalam 3 format berbeda.

Ketiganya adalah desktop (aplikasi komputer), aplikasi mobile (iOS & Android), dan website (browser). Ketiganya saling terhubung dan bisa digunakan bergantian.

Fitur dan Fungsi Google Drive

Apa itu Google Drive

Apa itu Google Drive sudah kamu ketahui, saatnya mengetahui fitur dan fungsi yang tersedia di sana.

BACA JUGA  Kenapa Video di Google Drive Tidak Bisa Diputar dan Cara Mengatasinya

1. Berbagi dan Sinkronisasi File

Fitur dan fungsi utama dari Google Drive adalah berbagi file. File yang bisa disimpan di Google Drive macam-macam, dari video, audio, sampai dokumen.

Kamu bisa mengupload file ke Google Drive atau mendownload file ke sana. Adanya fitur ini akan membuatmu bisa menyimpan file sekaligus berbagi file.

GD juga menyediakan fitur sinkronisasi file dimana kamu bisa mengakses semua file yang disimpan di sana di beragam perangkat.

Kamu bisa menyimpan file melalui aplikasi GD di Android dan mengaksesnya melalui website GD di laptop. Fitur ini membuat mengakses file bisa dilakukan dengan sangat mudah.

2. Backup File dan Chat WhatsApp

Fitur selanjutnya dari Google Drive adalah backup file. Google Drive menyediakan layanan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengamankan beragam jenis file penting yang ada para perangkat yang kamu gunakan.

Kamu juga bisa menggunakan Google Drive untuk menyimpan percakapan dari aplikasi WhatsApp (WA).

3. Simpan Konten Internet

Google Drive menyediakan fitur untuk menyimpan beragam konten yang ada di internet. Kamu bisa memasang ekstensi Google Drive di Google Chrome.

Setelah memasang ekstensi, kamu bisa menyimpan link beserta konten yang ada di website ke sana. Semua konten yang ada di sana bisa disimpan ke GD.

Selain link dan konten website, Google Drive juga bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan Gmail attachments.

Hal tersebut akan mempermudah pembagian attachment ketika menggunakan Gmail. Beragam konten yang ada di internet bisa langsung didownload dan disimpan ke akun Google Drive-mu.

4. Fitur Office dan Produktivitas

GD menyediakan beragam fitur office dan produktivitas. Kamu bisa menggunakan GD untuk melakukan konversi file PDF ke Docs.

BACA JUGA  Berapa Kapasitas Google Drive dan Cara Mengakalinya

Kamu juga bisa melakukan scan dokumen. Untuk melakukannya, buka aplikasi GD di HP dan foto dokumen (fisik). Google akan menyimpan dokumen tersebut (format PDF) di mana saja.

Google Drive juga bisa bekerja sebagai aplikasi office yang sederhana. GD menyediakan fitur Google Docs, Google Slides, dan Google Sheets.

Ketiga fitur tersebut membuat kamu bisa membuka dokumen Word, Power Point, dan Excel di sana untuk melakukan pengeditan dan pengubahan sesuai dengan keinginan.

Memahami apa itu Google Drive beserta fitur dan fungsinya akan membuatmu tertarik menggunakan file storage berbasis cloud dari Google tersebut.

Saat ini, GD merupakan salah satu file storage berbasis cloud yang banyak digunakan karena integrasinya dengan Google dan kompatibilitas antar perangkat.