Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

5 Software Partisi Hardisk Terbaik

2 min read

software partisi hardisk gratis

Software Partisi Hardisk – Partisi adalah salah cara yang biasa digunakan pada saat proses instalasi sebuah komputer ataupun laptop. Selain itu, user juga dapat melakukan partisi hardisk pada saat sistem operasi berjalan.

Partisi ini dilakukan karena memang user perlu/butuh membagi space pada hardisk yang bertujuan memberikan keleluasaan pada disk teretentu.

Selain memberikan keleluasaan pada pengguna, pembagian partisi ini juga dapat mempermudah pengguna dalam manajemen data, agar data tersebut tersusun secara rapi.

Pentingnya melalukan partisi hardsik ini salah satunya adalah juka Anda menyimpan data atau file dalam satu hardisk pasti sangat banyak dan akan membuat loading terhadap pembacaan hardisk menjadi lambat.

Oleh karena itu, perlu mengelompokkan file-file Anda sesuai dengan tempatnya yaitu dengan mempartisi hardisk.

Saat ini sudah ada banyak pilihan aplikasi atau software partisi hardisk yang bisa Anda gunakan pada Windows 7 atau Windows 10, di antaranya sebagai berikut:

Software Aplikasi untuk Partisi Hardisk

Software EaseUs Partition Master

software partisi hardisk
easeus.com

EaseUs Partition Master ini juga sering disebut dengan All in one Partition Manager. Hal ini diksebabkan, selain memiliki kemampuan dalam melakukan partisi.

Software ini juga bisa digunakan untuk melakukan recovery data atau backup data. Software ini memiliki 3 fitur sekaligus yang terangkup hanya dalam 1 software saja.

Jika Anda membutuhkan fitur tambahan, Anda dapat melakukan upgrade software ke versi pro.

Beberapa fitur utama yang dimiliki software ini yaitu menjalankan tes disk, melakukan konversi dari disk dinamis ke disk basic, menambahkan dan memindahkan hasil partisi NTFS tanpa harus restart, menghapus ruang disk kosong dengan remover gratis, dan lain sebagainya.

Software ini juga memiliki banyak kelebihan seperti:

  • Partisi ulang disk

Membagi disk menjadi beberapa partisi yang bertujuan untuk menjaga data agar tersusun rapi. Membuat ukuran, mengubah, memformat, menggabungkan, mengkonversi dan menghapus partisi.

  • Kloning hard drive

Mampu mengkloning seluruh HDD/SDD atau memilih partisi dari file satu ke file yang lain. Hal ini bertujuan untuk mengganti atau meningkatkan disk Anda tanpa kehilangan data.

  • Mengembalikan partisi yang hilang

Software ini mampu memulihkan partisi yang dihapus atau hilang baik disengaja maupun tidak disegaja pada ruang disk Anda.

Software MiniTool Partition Wizard

Software MiniTool Partition Wizard
windows-1.com

Software partisi hardisk terbaik yang selanjutnya adalah MiniTool Partition Wizard. Software gratis ini berfungsi untuk membantu Anda dalam melakukan pengoptimalan manajemen data.

Menariknya software ini dapat digunakan untuk internal dan eksternal disk.

Terdapat kurang kebih 20 menu yang dapat Anda gunakan untuk mengatur partisi, tes atau yang lain.

Beberapa fitur utama yang dimiliki software ini yaitu menambahkan partisi tanpa harus restart, merubah tipe disk, menyembunyikan partisi dan masih banyak lain. Software ini juga memiliki banyak kelebihan, seperti:

  • Mampu mempartisi berbagai media penyimpanan.
  • Mengkonversi FAT ke NTFS tanpa perintah harddisk.
  • Mampu merecover partisi yang hilang atau dihapus.
  • Mampu memanajemen partisi disk dasar, seperti membuat partisi, menghapus partisi, menyalin partisi dan clone disk.
  • Mampu mengkonversi jenis disk MBR dan GPT tanpa kehilangan data.

Software AOMEI Partition Assistant

Software AOMEI Partition Assistant
cbsistatic.com

AOMEI Partition Assistant merupakan software yang membantu Anda dalam melakukan manajemen data atau partisi hardisk. Software ini juga mampu meningkatkan kinerja harrdisk Anda.

Aplikasi untuk partisi hardisk ini menawarkan alternatif partisi manajer atau partition manager yang menjalankan harddisk dan manajemen partisi, optimasi sistem advanced, serta mencopy wizard dengan mudah yang bertujuan untuk menjaga komputer Anda agar tetap berjalan dengan lancar dan cepat.

Software partisi hardisk ini memiliki beberapak kelebihan seperti:

  • Mampu membuat, menghapus dan memformat partisi.
  • Mampu mencovert partisi dari MBR ke GPT
  • Mampu mencopy partisi
  • Mampu mengubah ukuran dan label partisi
  • Mampu mengubah drive letter serta membuat bootable CD
  • Mampu menggabungkan partisi menjadi satu.
  • Mampu memecah partisi
  • Mampu mengecek partisi dan testing bad sector

Software Macrorit Disk Partition Expert

Software Macrorit Disk Partition Expert
cbsistatic.com

Macrorit Disk Partition Expert ini memiliki kemampuan untuk terbaik dalam melakukan partisi disk atau disk partition, seperti memperluas disk, membagi, serta memformat disk.

Software partisi yang satu ini juga telah dilengkapi dengan adanya sistem perlindungan data terbaik. Selain itu, software ini memiliki beberapa fitur unggulan, seperti:

  • Membagi partisi harddisk
  • Mengganti tempat partisi
  • Menghapus dan menyembunyikan partisi
  • Didukung oleh disk yang berukuran 2TB, 1024.
  • Mampu digunakan oleh semua jenis server komputer atau laptop, dan lain sebagainya.

Software Acronis Disk Director

software partisi hardisk terbaik
acronis.com

Acronis Disk Director ini merupakan software partisi harddisk yang digunakan untuk membantu Anda dalam segala macam masalah magnetic storage.

Selain dapat digunakan untuk mempartisi harddisk, software ini juga bisa digunakan untuk memformat dengan cepat segala dile sistem seperti NTFS, FAT, FAT32, LINUX, dan lain sebagainya.

Aplikasi partisi hardisk ini juga bisa mengubah ukuran partisi disk, menyalin, dan memindahkan partisi, serta membelah dan menggabungkan partisi tanpa harus ada data yang hilang.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *