Setting Joystick PES 2017

Ada kalanya Anda butuh menghilangkan penat atau sekadar mencari kesenangan di tengah kepadatan aktivitas. Biasanya, kegiatan yang banyak dilakukan adalah dengan bermain game.

Nah, penggemar sepak bola di Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan permainan PES dari berbagai seri-serinya.

PES memang dikenal sebagai permainan Play Station (PS) yang cukup seru dan menarik. Sehingga, banyak orang tertarik memainkannya dan menjadikannya salah satu game wajib untuk kaum pria.

Jangan khawatir jika tidak memiliki PS. Sebab, PES kini juga bisa dimainkan di PC, lho! Kendalanya, cukup sulit bermain menggunakan keyboard.

Tetapi tenang, ada solusi pada setiap kendala. Anda tetap bisa mendapatkkan pengalaman bermain game PES pada PC yang lebih menarik dengan menggunakan joystick.

Joystick memang lebih populer digunakan pada perangkat PS dari generasi lama hingga generasi terbaru. Kini, perangkat input ini bisa juga dimainkan pada PC dalam bentuk USB.

Namun demikian, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat joystick bisa dimainkan pada perangkat PC selayaknya Anda memainkan PES pada perangkat PS.

Caranya adalah dengan melakukan setting Joystick PES 2017 yang akan kami informasikan berikut ini.

Cara Setting Joystick PES 2017

Cara Setting Joystick PES 2017

Sebelum memulai langkah pengaturan, pastikan Anda sudah memiliki joystick yang bisa dibeli di toko-toko komputer dengan harga yang variatif.

Nah, barulah Anda bisa memulai langkah-langkah berikut.

Perlu diingat, langkah berikut ini bukan hanya untuk cara setting joystick PES 2017 saja, melainkan juga bisa diaplikasikan pada seri PES 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, hingga PES 2021.

1. Sambungkan joystick ke PC dan pastikan hingga terbaca dengan baik

2. Buka ‘Setting.exe’ dari PES 2017 yang akan Anda mainkan. Opsi ini bahkan seringkali otomatis muncul di desktop. Namun, jika tidak terbaca, Anda bisa mencarinya secara manual di C: Program Files > Konami > Pro Evolution Soccer > Setting.exe

3. Setelah terbuka, klik menu ‘Controller

4. Klik atau centang ‘DirectInput

5. Klik kolom ‘Controller’ yang berfungsi untuk menandakan controller pada player atau memilih player berapa yang akan diatur, misalnya Controller 1 untuk Player 1, Controller 2 untuk Player 2, dan seterusnya

6. Klik kolom ‘Devices’, kemudian pilih joystick yang telah tersambung

7. Selanjutnya Anda bisa langsung mengatur tombol joystick. Terkadang, letak tombol berbeda-beda, sehingga ada beberapa yang perlu disesuaikan terlebih dahulu agar fungsi dan letaknya sama seperti joystick PES pada PS secara umum. Ikuti pengaturannya sebagai berikut ini:

  • Tombol ‘Y’ ganti ke ‘△’ untuk fungsi ‘operan terobosan’
  • Tombol ‘B’ ganti ke ‘○’ untuk fungsi ‘umpan jauh (crossing)’
  • Tombol ‘A’ ganti ke ‘X’ untuk fungsi ‘operan datar’
  • Tombol ‘X’ ganti ke ‘□’ untuk fungsi ‘tendang ke gawang’
  • Tombol ‘RB’ ganti ke ‘R1’ untuk fungsi ‘lari cepat’
  • Tombol ‘RT’ ganti ke ‘R2’ untuk fungsi ‘menghalau lawan atau dribbling ketat’
  • Tombol ‘LB’ ganti ke ‘L1’ untuk fungsi ‘operan terobosan tinggi atau switch pemain’
  • Tombol ‘LT’ ganti ke ‘L2’ untuk fungsi ‘akurasi dan lainnya’
  • Tombol ‘Select’ ganti ke ‘Start’ untuk fungsi ‘pause’
  • Tombol ‘Start’ ganti ke ‘Select’ untuk fungsi ‘melakukan seleksi’
  • Tombol sisanya biarkan saja demikian

8. Klik ‘OK’ dan PES siap untuk Anda mainkan.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara setting Joystick PES 2017 single dan multiplayer di semua Windows. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga:

Leave a Comment