Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Sejarah, Pengertian, Fungsi dan Jenis Keyboard

3 min read

Mengenal sejarah keyboard
Sejarah awal mula dan perkembangan keyboard. Serta pembahasan mengenai pengertian, fungsi dan jenis-jensis keyboard.

Sejarah Keyboard – Keyboard merupakan bagian dari mesin pengetikan dimana keberadaannya sangat penting untuk menciptakan susunan kata hingga paragraf dalam sebuah mesin ketik.

Tanpa disadari, di setiap harinya kita bertemu dan memanfaatkan keyboard untuk segala keperluan mulai dari mengetik pesan pada handphone, menyusun kata pada komputer, laptop, ataupun gadget kita lainnya.

Beberapa hal mengenai keyboard seperti pengertian keyboard, sejarah keyboard, fungsi keyboard hingga jenis keyboard sebenarnya sangat penting untuk kita ketahui.

Pengertian Keyboard

Pengertian Keyboard Komputer
wired.com

Dalam pengertiannya pengertian dari keyboard sendiri merupakan sebuah perangkat keras atau hardware pelengkap komputer yang berbentuk papan berisi berbagai macam huruf abjad mulai dari A hingga Z, serta dilengkapi beberapa simbol dan angka.

Dimana setiap tombol pada papan tersebut memiliki fungsi untuk menciptakan huruf, angka ataupun perintah fungsional lainnya yang nantinya akan muncul pada papan layar komputer.

Tombol fungsi pada sebuah keyboard mampu melakukan perintah yang sangat spesifik dan canggih. Beberapa contoh tombol fungsi pada keyboard yaitu diantaranya tombol enter, delete, insert, control, shift, caps lock dan lain sebagainya.

Kombinasi dua atau lebih dari tombol fungsi mampu pula menciptakan perintah cepat sesuai dengan fungsi dan perintah berdasarkan tugasnya. Biasanya sebuah keyboard dihubungkan pada sebuah sistem komputer menggunakan kabel ataupun koneksi nirkabel.

Sejarah Keyboard

Sejarah Keyboard
indoworx.com

Asal mula keyboard berawal dari mesin bernama mesin ketik. Konon, dahulu banyak orang sudah memanfaatkan mesin ketik baik itu mesin ketik biasa maupun mesin ketik listrik untuk menciptakan tulisan dalam sebuah kertas.

Keyboard diawali dengan kemunculan keyboard ABCDE hingga keyboard qwerty dalam sebuah mesin ketik. Christopher Latham Sholes merupakan sosok dibalik penemuan mesin ketik.

Pada masa itu, Chistopher mampu menciptakan mesin ketik untuk di komersilkan di pasaran. Namun, sejarah mengatakan bahwa sebelum Christopher memulai untuk menciptakan mesin ketik, Henry Mill dan William Justin Burt telah lebih dahulu mencoba untuk merakit mesin ketik.

Hanya saja mesin ketik ciptaan mereka memiliki kemampuan yang masih rendah dalam hal kecepatan dan dinilai mesin ketik tersebut cenderung bekerja lebih lama untuk menulis jika dibandingkan dengan menulis dengan menggunakan tangan.

Oleh karenanya, mesin ketik ciptakan Henry Mill dan William Justin Burt tidak laku saat dipasarkan.

Mengutip dari sejarahnya, awalnya keyboard atau dahulu dikenal dengan mesin ketik diciptakan dengan menggunakan keyboard ABCDE.

Namun dalam teknisnya pengguna pada saat itu mengeluh bahwa mesin ketik ciptaan Christopher Letham Sholes sering mengalami kegagalan mekanik serta sering mengalami kemacetan saat ditekan.

Saat itu Christopher Letham Sholes menampung segala keluhan dan kritik dan kemudian menciptakan solusi untuk keluhan dari pengguna mesin ketiknya dengan mencoba merubah ulang dan mengacak susunan huruf yang terletak pada papan mesin ketiknya, dan terciptalah susunan huruf QWERTYUIOP.

Penciptaan tombol QWERTYUIOP yang dilakukan Christopher Letham Sholes didasarkan pada mengubah kecepatan dari setiap orang saat mengetik menggunakan mesin ketik.

Ketika pengguna mesin ketik melambatkan dalam mengetik maka kegagalan mekanik tidak akan mungkin terjadi pada mesin ketik rancangannya.

Hingga saat ini beberapa keyboard yang kita temui masih banyak memanfaatkan susunan keyboard milik Christopher Letham Sholes ini, yaitu dengan menggunakan susunan QWERTYUIOP dan seterusnya.

Fungsi Keyboard

Fungsi Keyboard Komputer
bbci.co.uk

Keyboard dalam sebuah mesin ketik atau komputer berfungsi untuk memasukan data berupa tulisan ataupun angka pada komputer sesuai dengan perintah pengguna untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh presesor.

Berdasarkan fungsi kebutuhan dari pengguna, fungsi keyboard dibagi atas 2 fungsi yaitu fungsi tunggal dan fungsi kombinasi.

Adapun contoh dari fungsi tunggal keyboard yaitu :

  1. Capslock merupakan bagian dari keyboard yang berfungsi untuk mengaktifkan dan mengatur besar atau kecilnya huruf yang ingin diketik oleh pengguna.
  2. Back space merupakan bagian dari keyboard yang berfungsi untuk mengapus satu karakter atau menghapus kata demi kata yang terlanjur terketik oleh pengguna.
  3. Delete sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan back space yaitu sama-sama menghilangkan kata yang sudah terlanjur untuk diketik, perbedaannya yaitu delete menghapus kata yang berada dibelakang kursor.
  4. End berfungsi untuk memindahkan kursor ke bagian akhir dari tulisan yang telah kita ketikan.
  5. Esc merupakan keyboard dengan fungsi membatalkan sebuah perintah.
  6. Enter merupakan keyboard untuk fungsi memindahkan letak kursor menuju baris baru.
  7. Home berfungsi untuk meletakkan kursor pada sudut kiri atas atau pada awal baris sebuah paragraf atau tulisan.
  8. Puge up berfungsi sebagai tombol untuk menggerakan baris satu layar ke arah atas, untuk perintah sebaliknya yaitu menggerakan baris satu layar ke awal bawah menggunakan keyboard page down.
  9. Tab merupakan bagian dari keyboard yang berfungsi untuk memindahkan kursor dalam satu tabulasi ke arah kanan.

Selain memiliki fungsi tunggal, keyboard juga memiliki fungsi kombinasi, dimana fungsi ini akan tercipta jika dua keyboard ditekan secara bersamaa. Adapun contoh dari fungsi kombinasi ini diantaranya yaitu:

  • Ctrl +A : memblock atau memilih semua tulisan yang telah terketik pada layar komputer
  • Ctrl +B : menebalkan huruf ataupun angka
  • Ctrl +C : melakukan perintah copy atau menyalin tulisan
  • Ctrl+D : memilih jenis font. Ctrl+E : menciptakan tulisan pada posisi rata tengah
  • Ctrl+F: mencari sebuah huruf atau angka yang telah diketik
  • Ctrl+G: Go To
  • Ctrl+H : Repleace
  • Ctrl+I : menciptakan tulisan miring atau italic
  • Ctrl+J: membuat tulisan pada posisi rata kiri dan kanan
  • Ctrl+K : Menyisipkan hyperlink
  • Ctrl+L : membuat tulisan menjadi rata kiri
  • Ctrl+M : increase ident
  • Ctrl+O : membuka file
  • Ctrl+1 : membuat spasi single
  • Ctrl+2 : membuat spasi double
  • Ctrl+5 : membuat spasi 1.5 lines

Jenis Keyboard

Jenis Keyboard komputer
spaceku.com

1. Keyboard QWERTY

Merupakan jenis keyboard yang keberadaan mengawali keberadaan keyboard saat ini, keyboard ini ditemukan di tahun 1878. Nama qwerty sendiri diambil dari huruf paling atas pada keyboard jenis ini

2. Keyboard Dvorak

Keyboard jenis ini ditemukan pada tahun 1932, pada jenis keyboard ini, pekerjaan dibebankan pada tangan sebelah kanan, tujuan dari penciptaan keyboard Dvorak ini yaitu agar pengguna tidak sering mengalami kelelahan dalam mengetik.

3. Keyboard Alphabetic

Keyboard ini adalah keyboard yang memiliki urutan seperti susunan pada huruf alfabet yang kita kenal yaitu bermulai dari huruf A hingga Z.

4. Keyboard Klockenberg

Keyboard Klockenberg adalah keyboard unik karena keyboard ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kiri dan bagian kanan. Kedua bagian ini dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat dengan bentukan miring, dan lebih dengan posisi meja.

5. Keyboard Numerik

Seperti dengan namanya keyboard ini merupakan keyboard yang dirancang dalam bentuk susunan angka. Tujuan dari pembuatan keyboard ini yaitu agar pengguna lebih mudah dalam urusan numeric atau angka karena pengguna hanya perlu untuk mengaksesnya menggunakan satu tangan.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *