Printer Ready Tapi Tidak Bisa Ngeprint

Satu hal yang sering terjadi oleh para pengguna mesin cetak adalah printer ready tapi tidak bisa ngeprint. Hal semacam ini tentu tidak menyenangkan apalagi sedang dalam kondisi buru-buru untuk mencetak dokumen atau ketika akan digunakan untuk melakukan proses scanning dan juga fotocopy.

Kondisi seperti ini harus diketahui penyebabnya agar proses cetak masih bisa berjalan dengan sempurna. Apabila ingin mengetahui apa saja penyebab printer ready namun tidak bisa ngeprint, simak selengkapnya dalam artikel yang akan dibahas di bawah ini.

Penyebab Printer Ready Tapi Tidak Bisa Ngeprint

Ada beberapa penyebab printer ready namun tidak bisa ngeprint. Biasanya, penyebab dari masalah itu adalah beberapa poin di bawah ini, yaitu:

1. Ada Queue Print

Apabila ingin mencetak dalam jumlah yang banyak dan menggunakan beberapa dokumen yang berbeda biasanya akan ada antrian untuk melakukan cetak. Hal ini terkadang menyebabkan masalah apabila mendadak printer diputus begitu saja.

Apabila dipasang kembali, kemungkinan besar akan ada antrean yang tidak bisa dicetak dan menyebabkan proses cetak baru terhenti. Untuk itu lebih baik mengecek bagian antrean, bila ada yang masih menyangkut di sana bisa langsung dihapus atau dihentikan.

2. Printer Tidak Bisa Restart Service

Masalah service.msc biasanya juga sering terjadi pada printer sehingga meski sudah ready tidak akan bisa dimanfaatkan untuk melakukan proses. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus atau menghentikan service.msc pada ada printer.

Dengan menghentikan ini, maka proses antrean untuk melakukan cetak akan dihentikan sehingga printer dalam kondisi fresh. Setelah itu, baru bisa melakukan proses cetak seperti biasa. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab printer ready tapi tidak bisa ngeprint.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Menormalkan Warna Printer Epson? Temukan Jawabannya Disini!

3. Masalah Driver yang Salah

Terkadang masalah driver yang salah juga bisa menyebabkan seseorang tidak bisa melakukan proses cetak atau printing. Hal semacam ini sering terjadi karena driver antara printer satu dengan yang lain terkadang berbeda sehingga harus disesuaikan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemasangan atau instal ulang dari driver yang digunakan sesuai dengan tipe dari printer. Setelah melakukan itu, proses printer bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat karena akan langsung tersambung dengan sendirinya.

Itulah kenapa disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu nama atau jenis printer yang digunakan ketika akan memilih printer apa yang dipakai untuk mencetak bisa sesuai. Jika salah, maka printer tidak akan merespon meski sudah dalam kondisi ready.

4. Belum Tersambung ke Laptop

Terkadang seseorang menggunakan laptop atau komputer yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Hal semacam ini sering terjadi karena printer sering dibawa kemanapun seseorang mau. Bahkan, bisa dibawa dari kantor ke rumah ataupun sebaliknya.

Pasalnya, tidak semua printer memiliki driver yang terpasang secara otomatis setelah ditancapkan. Bisa saja printer ini mengalami masalah meski karena sudah tersambung ke listrik, printer seperti tidak akan merespon apa yang dilakukan oleh laptop.

Salah satu solusi untuk masalah adalah dengan memasang terlebih dahulu driver dari printer yang akan dipakai. Selain itu, juga bisa dengan cara memilih jenis printer yang sesuai dengan printer yang sudah ada karena jika keliru juga tidak akan bisa dipakai untuk mencetak.

Printer ready tidak bisa ngeprint adalah hal biasa. Tapi beberapa orang yang memang tidak pernah atau jarang sekali menggunakan printer, mungkin akan mengalami kebingungan. Bahkan, mereka ingin segera membawanya ke servis padahal tidak mengalami kerusakan apapun.

BACA JUGA  Cara Update Windows 10 Terbaru

Jangan langsung membawanya ke tukang servis agar mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan. Lebih baik diperiksa terlebih dahulu kenapa printer ready tapi tidak bisa ngeprint. Jadi pengguna tidak akan mengalami boros uang dari service yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.