Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit – Untuk Anda pengguna laptop maupun komputer pasti sudah sering sekali dengan instilah Windows bukan? Nah, Windows ini merupakan sistem operasi yang paling populer di Indonesia.

Hal tersebut dibuktikan dari pengguna dari Windows ini yang sudah tidak terhitug lagi banyaknya.Kenapa Windows merupakan sistem operasi paling populer?

Hal ini dikrenakan, mayoritas laptop maupun komputer yang Anda gunakan menggunakan sistem operasi buatan Microsoft ini.

Kini, sudah ada banyak versi windows yang tersedia seperti Spring 10 Creators Update, yang merupakan varian paling baru dari Windows.

Selain jenis dan versi, Windows juga memiliki basis sistem yang berbeda.

Sejauh ini, basis sistem pada Windows ini dibedakan atas 2 jenis, yaitu Windows 32 bit dan Windows 64 bit Lalu apa saja perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit?

Perbandingan Windows versi 32 bit dan yang 64 bit

Perbandingan Windows 32 bit dan 64 bit ini seringkali tidak diperhatikan dan tidak dipermasalahkan bagi beberapa pengguna Windows dan mungkin salah satu dari beberapa pengguna tersebut adalah Anda.

Padahal, perbedaan tersebut sangat besar, apalagi saat PC atau laptop digunakan untuk melakukan task yang berat. Nah, berikut ini perbedaan antara Windows 32 bit dan 64 bit yang perlu Anda ketahui:

1) Jumlah RAM

Perbandingan Windows 32 bit dan 64 bit

Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit yang pertama dapay Anda lihat dari jumlah RAM yang dapat Anda gunakan.

Jumlah RAM yang dimaksud disini bukanlah jumlah slot RAM pada laptop atau komputer namun jumlah RAM di sini lebih merujuk pada total kapasitas RAM yang bisa Anda gunakan pada laptop atau komputer Anda.

Untuk Windows 32 bit ini pada umumnya memiliki batasan kapasitas RAM yang lebih kecil dibandingkan dengan Windows 64 bit.

Pada dasarnya, untuk versi 32 bit hanya punya batas maksimal RAM hingga 3,2 GB saja. Jadi meski Anda memiliki 4 RAM, tapi Anda hanya dapat menggunakannya sekitar 3,2 GB.

Sedangkan untuk Windows 64 bit Anda bisa menggunakan RAM dengan kapasitas di atas 4GB. Sehingga Anda bebas untuk menggunakan kapasitas RAM berapapun.

Kapasitas maksimal yang dimiliki Windows 64 bit ini tergantung berapa kapasitas maksimal yang didukung oleh processor laptop dan komputer Anda.

2) Performa Perangkat

Windows 32 bit dan 64 bit

Perbedaan Windows 32 bit vs 64 bit selanjutnya adalah dari segi performa perangkat. Windows 32 bit hanya akan bisa berjalan secara optimal jika digunakan untuk melakukan task yang ringan.

Sedangkan untuk Windows 64 bit Anda bisa mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti design, video editing, programming dan pekerjaan berat lainnya.

3) Kemampuan Dalam Memproses

Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

Perbandingan Windows 32 bit dan 64 bit dapat Anda lihat dalam segi kemampuan dalam memproses data.

Perbedaan arsitektur pada Windows 32 but dan 64 but tentu akan sangat berpengaruh pada performa laptop atau computer Anda sendiri.

Pada Windows 32 bit ini dapat diartikan ketika melakukan satu kali proses, data yang dapat diproses hanya sebesar 32 bit.

Sedangkan yang versi 64 bit bisa memproses data lebih besar, yakni 64 bit dalam sekali putaran. Dengan demikian dari segi kemampuan memproses data, Windows 64 bit lebih unggul dibandingkan 32 bit.

Hal ini dikarenakan dapat memproses hingga 64 bit dalam satu putaran. Hal ini tentu saja akan lebih cepat dan maksimal.

Artikel Terkait

Leave a Comment