Ketahui Perbedaan Kabel NYA, NYY, dan NYM

Perbedaan Kabel NYA, NYY, dan NYM – Bagi Anda yang bekerja di bidang kelistrikan, tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis kabel listrik dengan ukuran dan kegunaannya masing-masing.

Secara umum, jenis kabel ini dibedakan berdasarkan kemampuan dalam menghantarkan arus yang dipengaruhi luas penampang, isolator, dan juga bahan konduktor yang digunakan.

Kabel listrik merupakan media yang digunakan untuk menyalurkan energi listrik yang terdiri dari isolator dan juga konduktor.

Isolator adalah material pembungkus yang terbuat dari karet ataupun plastik, sedangkan konduktor terbuat dari material serabut tembaga.

Kemampuan menghantarkan arus pada sebuah kabel listrik ditentukan oleh KHA dalam satuan ampere. Kemudian tegangan listrik diukur dengan menggunakan satuan Volt yang dinyatakan dengan satuan Watt.

Secara umum ada tiga jenis kabel listrik yang saat ini banyak digunakan, yakni kabel NYA, NYY, dan NYM. Perbedaan kabel NYA, NYY, dan NYM tentu sulit dilihat bagi orang awam.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi orang-orang yang terbiasa menggunakan ketiga jenis kabel itu untuk memasang instalasi listrik. Di bawah ini adalah perbedaan kabel NYA, NYY, dan NYM yang perlu Anda ketahui.

Jenis-jenis Kabel Listrik

1) Kabel NYA

Perbedaan Kabel NYA, NYY, dan NYM

Kabel NYA banyak digunakan untuk keperluan instalasi rumah dan juga sistem tenaga. Biasanya ukuran kabel yang digunakan untuk instalasi rumah adalah 1,5 mm2 atau 2,5 mm2.

Jenis kabel ini berlapis isolasi PVC dan berinti tunggal. Kode warna isolasi yang ada pada kabel ini adalah merah, biru, kuning, serta hitam.

Kabel ini sering diaplikasikan di perumahan karena memiliki harga yang murah. Akan tetapi, kabel NYA memiliki kelemahan, yaitu mudah digigit tikus, mudah cacat, dan tidak tahan air.

Oleh karena itu, agar lebih aman Anda perlu memasang pipa PVC supaya tidak tersentuh langsung ataupun digigit tikus. Kepanjangan dari jenis kabel NYA, yakni.

  • N = Kabel inti tembaga
  • Y = Isolasi PVC
  • A = Kabel tunggal

2) Kabel NYY

Jenis Kabel NYY

Kabel NYY mempunyai lapisan isolasi dengan material PVC berwarna hitam dan memiliki inti 2, 3, ataupun 4. Kabel ini banyak digunakan untuk instalasi tertanam atau dikenal dengan sebutan kabel tanah.

Keunggulan kabel NYY adalah lapisan isolasi yang jauh lebih kuat dan isolasinya terbuat dari bahan kaku yang tidak disukai oleh tikus.

Selain itu, kabel NYY juga mempunyai tingkat ketahanan tinggi. Namun, dalam pemasangannya tetap harus dilindungi dengan pipa PVC. Adapun kepanjangan dari jenis kabel NYY, yaitu.

  • N = Kabel inti tembaga
  • Y = Isolasi PVC
  • Y = Selubung luar isolasi PVC

3) Kabel NYM

Jenis Kabel NYM

Kabel NYM sering digunakan untuk keperluan instalasi listrik rumah dan juga gedung. Kabel ini memiliki inti lebih dari satu dan dilapisi dengann isolasi PVC berwarna abu-abu atau putih.

Kabel NYM mempunyai lapisan isolasi sebanyak dua lapis. Jadi, tentu tingkat keamanannya lebih baik dibandingkan kabel NYA.

Tidak hanya itu saja, jenis kabel ini bisa digunakan pada lingkungan yang kering maupun basah, tetapi tidak dapat ditanam. Kepanjangan dari jenis kabel NYM, yaitu.

  • N = Kabel inti tembaga
  • Y = Isolasi PVC
  • M = Inti kabel yang lebih dari satu

Demikian penjelasan mengenai perbedaan kabel NYA, NYY, dan NYM yang dapat Anda ketahui.

Setelah menyimak penjelasan di atas, tentu Anda jadi lebih tahu perbedaan dari ketiga jenis kabel listrik tersebut dan mengetahui fungsinya masing-masing.

Leave a Comment