Perbedaan GPU dan VGA

Perbedaan GPU dan VGA – Apa yang dimaksud dengan VGA dan GPU? Dalam istilah komputer, Anda akan menemukan GPU dan VGA.

GPU yang merupakan akronim dari Graphic Processing Unit adalah komponen perangkat keras yang fungsinya sebagai interface atau antarmuka antara monitor dan komputer.

Perangkat ini memungkinkan monitor untuk menampilkan apa yang dilakukan komputer. GPU terkadang disamakan dengan VGA meski keduanya berbeda.

Penjelasan GPU dan VGA

Pengertian GPU

Sebelum membahas tentang perbedaan GPU dan VGA, kita harus memahami tentang kedua perangkat tersebut.

Graphics Processing Unit atau GPU merupakan istilah yang dikenalkan pertama kali oleh nVidia untuk highly-parallel processor yang digunakan pada graphics accelerator cards mereka.

Sejak saat itu, istilah GPU ini diadopsi oleh perusahaan lain yang juga memproduksi peralatan atau perangkat grafis PC.

Fungsi utama dari GPU adalah untuk memproses gambar dan video untuk komputer agar dapat dilihat oleh pengguna.

Selain untuk memproses gambar dan video, GPU juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk rendering model 3D, video game, dan lain-lain.

Pengertian VGA

Video Graphic Array atau yang biasa disingkat VGA adalah satu dari sekian banyak interface atau antarmuka yang dapat ditemukan pada GPU.

Fungsi VGA adalah menjadi tempat atau pusat bagi pemrosesan grafis. Artinya, semua grafis akan diproses oleh GPU yang terpasang pada VGA.

Istilah VGA digunakan untuk menyebut beberapa hal yang berbeda, salah satunya untuk menyebut konektor D-Sub yang digunakan untuk menyediakan sinyal RGB analog dengan VSync dan Hsync.

Selain itu, istilah VGA juga digunakan untuk menyebut resolusi 640×480. Namun, sejatinya, istilah VGA mengacu pada perangkat Video Graphics Array yang dikembangkan oleh IBM untuk PS/2.

Perbedaan

Setelah mengetahui definisi atau pengertian dari GPU dan VGA, kita dapat mengetahui tentang perbedaan keduanya. Perbedaan VGA dan GPU berdasarkan uraian di atas adalah sebagai berikut.

1. Bentuk

Perbedaan GPU dan VGA 1
matamu.net

Perbedaan VGA dan GPU yang pertama adalah dari segi bentuk. GPU biasanya berbentuk chip yang artinya, ukurannya kecil.

Jika dianalogikan, GPU ini seperti CPU yang menempel pada motherboard. Bedanya, GPU menempel pada unit khusus atau motherboard secara langsung.

Jika komponen ini menempel pada motherboard secara langsung, istilah penyebutan yang digunakan adalah VGA on board. Namun, jika memiliki unit khusus, komponen ini akan ditempelkan di VGA card.

Jika GPU berbentuk chip, maka VGA diproduksi dalam bentuk kartu, papan, atau board yang ditancapkan pada motherboard.

Karena itulah komponen ini biasanya disebut dengan nama VGA card. VGA card biasanya dilengkapi dengan slot output yang dapat dihubungkan dengan display seperti HDMI, chanel, DVI, atau VGA8.

2. Fungsi

Perbedaan GPU dan VGA 2
winpoin.com

Perbedaan GPU dan VGA juga dapat dilihat dari segi fungsi.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, GPU dapat diibaratkan sebagai otak atau inti dari VGA, yaitu untuk mengolah atau memproses gambar dan video untuk komputer sehingga dapat dilihat serta dinikmati oleh pengguna.

Sebaliknya, VGA sebagai komponen yang menjadi tempat menempelnya GPU tentu memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu sebagai pusat terjadinya pemrosesan grafis.

Jika dianalogikan, VGA hampir sama seperti motherboard yang menyediakan tempat bagi CPU untuk memproses data.

Bedanya, jika pusat pemrosesan pada motherboard terjadi di CPU, maka pemrosesan pada VGA terjadi di GPU di mana data yang diproses berupa data-data grafis.

Intinya, GPU dan VGA saling bersinergi untuk menampilkan data-data grafis berupa foto dan video untuk dinikmati pengguna komputer.

Leave a Comment