Penyebab Mozilla Firefox Tidak Bisa Dibuka dan Cara Memperbaikinya

Mozilla Firefox Tidak Bisa Dibuka – Sekarang ini masyarakat di seluruh dunia seakan tidak bisa terlepas dari kehadiran internet. Setiap harinya ada banyak orang yang menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk berselancar di dunia internet, baik membuka media sosial tertentu ataupun menyelesaikan pekerjaan.

Hal tersebut tentu saja merupakan sesuatu yang wajar karena memang internet kini sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat. Asalkan tidak mengganggu aktivitas lainnya dan menjadi candu.

Kehadiran internet memberikan dampak positif yang luar biasa bagi para penggunanya. Salah satunya adalah masyarakat mudah mendapatkan berbagai macam informasi yang dapat menambah pengetahuan mereka.

Kini menjelajahi internet dapat dilakukan dengan sangat mudah karena telah tersedia berbagai macam browser internet.

Salah satu software browser internet yang sangat popular dan banyak digunakan oleh masyarakat adalah Mozilla Firefox. Software ini dapat menunjang kebutuhan Anda dalam mencari informasi tertentu di internet.

Dalam penggunaannya, Mozilla Firefox memiliki banyak sekali kelebihan karena menyediakan add-ons yang menambah fungsi daripada browser tersebut.

Akan tetapi, browser ini juga memiliki sejumlah kekurangan, seperti sering muncul server not found, not responding, maupun software yang tidak bisa dibuka.

Mozilla Firefox Tidak Bisa Dibuka

Penyebab Mozilla Firefox Tidak Bisa Dibuka

penyebap mozila firefox
vpnoverview.com

Kenapa mozilla tidak bisa dibuka? Mozilla Firefox yang tidak bisa dibuka sama sekali tentu terjadi karena berbagai sebab. Berikut ini adalah beberapa penyebab dari software Mozilla Firefox tidak bisa dibuka.

  1. Add-On, Extentions, dan Plugins yang Tiba-Tiba Terinstall

    Hal tersebut tentunya biasanya terjadi pada saat Anda mendownload file-file tertentu di internet, tetapi yang muncul malahan software yang bahkan Anda sendiri tidak mengetahui fungsinya.

    Nah, hal inilah yang membuat Anda diarahkan pada software yang Anda kira akan ‘mengarahkan’ pada file yang didownload.

    Padahal file tersebut hanyalah berisi add-ons, extention, ataupun plugins yang tidak membuat kinerja Mozilla Firefox menjadi lebih lambat.

  1. Kesalahan Pengaturan pada About:Config

    Bagi Anda yang sudah berpengalaman menggunakan Moziila Firefox, pasti tahu jika alamat tersebut dapat membuat proses pencarian menjadi lebih stabil, cepat, dan lebih baik dibandingkan hanya menggunakan setelan default yang berasal dari software.

    Namun, diperlukan kehati-hatian dalam melakukan penyetelan alamat tersebut. Hal ini karena apabila terjadi kesalahan, maka akan membuat Mozilla Firefox menjadi bermasalah. Salah satunya membuat software tidak bisa dibuka.

Cara Memperbaiki Mozilla Firefox Tidak Bisa Dibuka

Browser mozila firefox
sodapdf.com

Apabila saat ini Anda sedang mengalami masalah Mozilla Firefox, maka Anda tidak perlu merasa khawatir. Berikut ini adalah cara memperbaiki Mozilla Firefox yang tidak bisa dibuka.

  1. Tekan Ctrl + Alt + Del pada keyboard dan kemudian pilih Start Task Manager. Nantinya Anda akan diarahkan pada tampilan Windows Task Manager.
  2. Selanjutnya Mozilla Firefox yang ada pada tab Applications di bagian tab Process.
  3. Apabila sudah ketemu, Anda bisa klik kanan lalu klik End Process. Setelah itu, laman Mozilla Firefox akan keluar secara otomatis.
  4. Kemudian klik Start – All Programs – klik kanan dan pilih Mozilla Safe Mode. Nantinya akan munculnya berbagai pilihan sebelum Anda membuka Mozilla Firefox dengan versi Safe Mode. Anda dapat mencentang semuanya dan pilih Make Changes and Restart.
  5. Tunggu beberapa waktu dan Mozilla Firefox akan melakukan restart serta terbuka kembali.
  6. Jika sudah terbuka, pilih menu yang ada pada tombol berwarna jingga dengan tulisan ‘Firefox’.
  7. Klik add-ons dan hapus beberapa add-ons yang tidak diinstall atau tidak Anda ketahui asalnya.
  8. Anda juga dapat melihat bagian tab plugins dan menghapus plugins yang tidak diperlukan atau tidak terinstall sebelumnya.
  9. Apabila Anda sudah menghapus keseluruhannya, maka restart Mozilla Firefox dengan cara menutup lamannya dan kemudian bisa dibuka kembali setelah beberapa saat.

Anda juga perlu memperhatikan bahwa tidak semua plugins terhapus dari lama Mozilla Firefox karena beberapa di antaranya biasanya perlu untuk diuninstall dari Windows.

Selain cara di atas, Anda juga dapat mencoba cara singkat di bawah ini untuk memperbaiki Mozilla Firefox yang tidak bisa dibuka.

  1. Tekan Windows + R yang ada pada keyboard dan kemudian klik ‘firefox.exe-p’ tanpa perlu menggunakan tanda kutip. Lalu klik OK.
  2. Nantinya akan muncul tampilan ‘Pilih Profil Pengguna Mozilla Firefox’ dan Anda dapat membuat profil baru. Kemudian klik bagian ‘Jalankan Firefox!’
  3. Mozilla Firefox bisa digunakan kembali setelah beberapa waktu.

Itulah penjelasan mengenai penyebab Mozilla Firefox tidak bisa dibuka dan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Kedua cara yang telah dijelaskan tadi dapat Anda coba sendiri jika mengalami permasalahan yang sama.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan jika koneksi internet yang digunakan stabil sehingga tidak mengganggu proses pencarian di internet karena hal tersebut juga berpengaruh terhadap tampilan Mozilla Firefox. Jadi, selamat mencoba cara-cara di atas, ya.

Artikel Terkait:

Leave a Comment