Penyebab Kenapa Video Call WA Terjeda dan Cara Mengatasinya

Tisucoding.com – Fitur panggilan video atau video call (VC) di aplikasi WhatsApp (WA) merupakan fitur yang banyak digunakan. Dalam situasi normal, panggilan video bisa dilakukan lancar tanpa jeda. Namun, ada juga kejadian VC WA terjeda. Kenapa video call WA terjeda bisa terjadi?

Alasan kenapa video call WA bisa terjeda cukup beragam. Gangguan internet bukan satu-satunya hal yang menyebabkan masalah tersebut.

Jika video call WA terjeda dan mengalami gangguan, solusi untuk mengatasi masalah tersebut harus langsung dipraktikkan.

Alasan Kenapa Video Call WA Terjeda

Kenapa Video Call WA Terjeda

Berikut adalah cara mengatasi video call terjeda dan alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

1. Gangguan Koneksi Internet

Banyak kasus video call WA terjeda dan mengalami gangguan lainnya disebabkan oleh adanya masalah pada koneksi internet yang digunakan.

Peran internet dalam video call di WA memang sangat vital. Tanpanya, video call WA tidak mungkin bisa dilakukan. Maka dari itu, kualitas koneksinya wajib prima.

Internet yang buruk akan berkontribusi pada buruknya kualitas video call. Selain kekuatan wifi atau jaringan internet yang digunakan, kecepatannya pun harus baik.

Jika video call terjeda, periksa koneksi internetnya. Jika buruk, perbaiki dengan pindah ke tempat sinyal kuat (wifi) atau gunakan paket data yang lebih baik.

2. Kamera Bermasalah

Penyebab kenapa video call WA terjeda selanjutnya adalah kamera yang digunakan untuk video call bermasalah. Periksa apakah kamera yang digunakan masih baik atau tidak.

Ketika video call dilakukan, modul lensa bisa saja mengalami diskoneksi dengan mainboard yang disebabkan oleh panas berlebih.

BACA JUGA  Apa itu Google Drive: Pengertian, Fitur, serta Fungsinya

Apabila terdapat masalah di sana, maka dapat dipastikan VC pasti tidak bisa dilakukan. Error “kamera terhenti” mengindikasikan ada masalah di kamera.

Untuk mengatasinya, tidak ada pilihan lain selain melakukan perbaikan. Jika harus ada komponen yang diganti, maka tidak ada pilihan selain menggantinya.

3. File Sampah

Alasan kenapa kalau video call WA terjeda selanjutnya adalah adanya file sampah yang sudah menumpuk dan terlalu banyak. Hal ini bisa dikatakan sepele tetapi bisa memberi dampak buruk pada performa aktivitas yang dilakukan di Android. File sampah berupa data dan cache harus rutin dibersihkan.

Semakin banyak file sampah yang menumpuk, maka semakin mungkin HP mengalami perlambatan performa. Aktivitas video call sendiri akan memakan performa yang tidak sedikit.

Membersihkan berbagai file sampah data dan cache akan membantu sistem Android selalu bekerja pada kemampuan terbaiknya.

Ikuti instruksi di bawah ini untuk membersihkan file sampah di Android.

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih Manager Aplikasi.
  • Temukan aplikasi yang ingin dibersihkan, contohnya WhatsApp.
  • Pilih PenyimpananData Cache – dan hapus Cache.
  • Hapus cache di semua aplikasi juga bisa dilakukan.
  • Pada Penyimpanan, pilih Data dalam Cache dan ketuk OK.
  • File sampah berhasil dibersihkan

4. Aplikasi dan OS Bermasalah

Aplikasi WhatsApp dan sistem operasi Android yang kamu gunakan mungkin saja sedang bermasalah. Adanya masalah pada dua sektor tersebut membuat munculnya gangguan pada jalannya program di sana.

Video call yang terjeda dan gangguan lain bisa disebabkan oleh masalah pada aplikasi dan Android. Berikut adalah beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  • Restart aplikasi WhatsApp.
  • Restart HP.
  • Update sistem operasi Android ke versi terbaru.
  • Update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru.
  • Jangan gunakan aplikasi WA Mod APK yang banyak beredar saat ini, gunakan yang orisinal.
BACA JUGA  Kenapa Tidak Bisa Download WA dan Cara Mengatasi

Probabilitas tertinggi kenapa video call WA terjeda adalah gangguan koneksi internet. Terjedanya VC di WA bukan masalah yang bisa terus terjadi andai koneksi internet yang digunakan stabil, kencang, dan cepat. Dalam hitungan menit, biasanya HP dan WA sudah bisa melakukan panggilan video yang lancar.