Pengertian World Wide Web: Sejarah, Kegunaan dan Cara Kerja

Mungkin kebanyakan dari kita sudah paham tentang pengertian World Wide Web. Ini biasanya disingkat dengan WWW atau W3. Atau kita juga sering melihatnya terpampang di mesin pencari seperti www.namaperusahaanku.com. Ya, ini adalah salah satu bentuk nyata dari World Wide Web.

Lalu, apa kegunaan WWW? Apa yang melatarbelakang lahirnya WWW? Komponen apa saja yang menjadi penyusunnya? Apakah WWW sama dengan internet? Bagaimana cara mengakses WWW tersebut?

Untuk menjawab semua pertanyaan di atas, mari kita simak ulasan berikut ini hingga tuntas.

Pengertian World Wide Web

Pengertian World Wide Web didefinisikan sebagai sistem informasi berbasis hypertext. WWW mengacu pada semua situs dan halaman web yang diakses pengguna dari browser komputer atau perangkat yang dimiliki melalui Internet.

Kata apa pun di halaman web bisa menjadi tautan hypertext yang terhubung ke halaman atau dokumen lain. Tautan hypertext ini dapat diakses dengan mengeklik atau mengetuknya.

Tautan hypertext juga dapat berupa halaman lain yang saling berhubungan atau dokumen terlampir yang memiliki format berbeda. Ini mencakup teks, gambar, audio, dan video.

Halaman dan dokumen yang ditautkan tersebut dapat disimpan di lokasi dan situs yang berbeda. WWW mampu menangani halaman juga dokumen dan mengaturnya dalam satu halaman sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Apa Itu Hypertext?

Istilah “hypertext” ditemukan oleh Ted Nelson pada tahun 1965. Hypertext sendiri merupakan jenis teks berformat khusus yang berisi tautan ke teks lain.

Hypertext memungkinkan desainer untuk mengatur informasi secara bercabang, bukan linier. Pengguna akan menerima teks terkait lainnya dengan mengeklik tautan hypertext ini.

Tautan hypertext memungkinkan pengguna untuk menavigasi halaman dan situs. Kamus dan ensiklopedia merupakan contoh umum yang menggunakan hypertext untuk menghubungkan satu artikel ke artikel lainnya.

Lalu apa kegunaan hypertext?

Hypertext berfungsi dengan baik hingga menjadi populer di seluruh dunia dan digunakan pada hampir setiap situs dan halaman web. Selain itu, tautan hypertext juga digunakan pada dokumen offline yang membantu menavigasikan dokumen yang panjang.

Sejarah World Wide Web

Pengertian World Wide Web

Pada tahun 1989, atas saran Tim Berners-Lee, web dikembangkan di CERN, Jenewa (The European Organization for Nuclear Research) atau Organisasi Riset Nuklir Eropa. Saat itu, World Wide Web dikembangkan untuk berbagi informasi penelitian tentang fisika nuklir.

Pada tahun 1991, browser baris perintah pertama di dunia dibuat. Pada tahun 1993, terdapat hampir 50 server Web di seluruh dunia di mana browser Voila X Window menjadi yang pendahulu dalam memberikan kemampuan grafis pertama kali.

Di tahun yang sama, browser Mosaic berbasis grafis dikembangkan. NCSA (National Center for Supercomputing Applications) meluncurkan versi X-Window dari Mosaic.

Pada tahun 1994, terdapat hampir 500 situs web. Di tahun 1995, jumlahnya mengalami peningkatan menjadi 10.000. Dan pada akhir abad ini, terdapat lebih dari 30 juta nama domain di seluruh dunia. Pada tahun 2010, Google merilis laporan yang menunjukkan adanya triliunan alamat unik.

Setiap departemen ingin memanfaatkan popularitas WWW yang semakin meningkat untuk melejitkan tingkat penjualan mereka. Seperti halnya ISP, Webmaster, penerbit perangkat lunak, hingga perusahaan perangkat keras.

ISP dan perusahaan telepon memenuhi permintaan dengan menjual konektivitas mereka. Webmaster menginginkan lebih banyak pengunjung. Departemen TI menginginkan keamanan.

Penerbit perangkat lunak ingin menjual lebih banyak produk berbasis web. Perusahaan perangkat keras ingin menjual lebih banyak produk infrastruktur internet.

Berdasarkan kasus-kasus di atas, dapat kita simpulkan bahwa perkembangan Web adalah bukti keberhasilannya dalam mengubah seluruh dunia.

Cara Kerja World Wide Web

Cara Kerja World Wide Web

Berdasarkan pengertian World Wide Web, kita dapat menyimpulkan bahwa WWW merupakan kombinasi dari beberapa teknologi seperti browser Web, HTML (Hypertext Markup Language), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

Ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai operasi dan mendapatkan akses ke berbagai sumber daya dan dokumen di Internet. Halaman web tersebut adalah komponen dasar dari WWW dan ditautkan ke berbagai hyperlink yang menyediakan akses ke halaman web lain atau dokumen apa pun.

Hyperlink digunakan sebagai konsep yang menentukan WWW. Ini juga merupakan cara untuk menampilkan informasi instan.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah komponen kunci lain dari WWW yang memungkinkan pengguna untuk mengakses halaman web dengan mengatur komunikasi dan aliran data antara server dan internet client.

Berbagai halaman web dirancang menggunakan HTML (Hypertext Markup Language) yang berbasis teks untuk mendeskripsikan data pada halaman web. Untuk bisa mengakses halaman web ini, mesin pengguna memberikan cara untuk mengidentifikasi secara universal ke server web melalui browser.

Pengidentifikasian tersebut dapat berupa URL (Uniform Resource Locator) atau URI (Uniform Resource Identifier). Halaman web dapat diakses menggunakan browser web. Peramban web adalah perangkat lunak yang membantu Anda menemukan dan mengakses data yang ada di situs web.

Awalnya, web browser hanya digunakan untuk berselancar di Internet. Tetapi browser web saat ini sangat canggih dan dapat melakukan berbagai tugas berbeda seperti mengirim email, mentransfer file, dan banyak lagi. Microsoft Edge, Google Chrome, dan Mozilla Firefox adalah beberapa contoh browser web yang umum digunakan.

World Wide Web vs. Internet

World Wide Web vs Internet

Walaupun World Wide Web jauh berbeda dari internet, namun tak sedikit orang yang bisa membedakannya. Keduanya kerap dianggap sama.

Meskipun keduanya terhubung antar satu sama lain, web hanyalah bagian dari internet yang merupakan perangkat lunak yang tetap berada di urutan teratas dalam daftar layanan Internet.

Web hanyalah sebuah platform komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk bertukar data atau informasi melalui internet menggunakan HTTP. Di WWW, pengguna dapat melihat sekumpulan halaman web melalui internet dengan mengikuti rangkaian tautan HTTP.

Untuk mengambil dan melihat halaman ini, pengguna harus menggunakan perangkat lunak yang disebut browser yang diinstal di komputer. Beberapa di antaranya adalah Microsoft Edge, Google Chrome, dan Mozilla Firefox.

Internet dan web bekerja pada model client-server yang sama. Server sendiri merupakan program yang menerima permintaan dari komputer client melalui internet untuk menyampaikan dokumen. Client meminta ini dari server. Jika pengguna yang memintanya, itu ditampilkan di komputer client.

Pada tahun 1991, server web pertama di dunia online ada di AS. Dua tahun setelahnya atau pada tahun 1993, jumlahnya mengalami peningkatan menjadi 500.

Pada tahun 2016, jumlah server web mencapai lebih dari 100 juta. Pada tahun 2022, 5 miliar orang atau 63% dari populasi dunia menggunakan web yang diyakini berisi sekitar 1,88 miliar situs web.

Bagaimana Cara Mengakses World Wide Web?

Pengguna dapat mengakses fasilitas WWW melalui browser yang menyediakan akses ke server WWW tersebut. Jika client WWW lokal tidak tersedia, Anda dapat menggunakan situs client jarak jauh seperti:

  • Local Client; banyak digunakan karena memberikan kinerja yang lebih baik dan waktu respons yang lebih cepat daripada client jarak jauh atau remote client.
  • Remote Client; jika Anda menggunakan WWW untuk pertama kalinya, Anda harus melakukan telnet ke info.cern.ch. Pengguna tidak perlu login hanya masuk ke browser mode baris WWW.

Arsitektur World Wide Web

Pada dasarnya, World Wide Web adalah layanan client/server di mana client mengakses layanan menggunakan server. Layanan itu dibagi ke banyak lokasi yang umumnya dikenal sebagai situs/website.

Dengan kata lain, situs web adalah kombinasi dari dokumen atau halaman web di seluruh dunia. Setiap halaman berisi tautan ke halaman lainnya melalui hypertext di mana pun yang ada di dunia.

Client dapat melihat halaman web ini melalui browser. Selanjutnya, browser mengirimkan permintaan, mengambil data, menginterpretasikan konten, memformatnya sesuai perangkat client, dan menampilkan halaman di layar.

Bayangkan ketika client mengirimkan permintaan milik situs A. Permintaan dikirim dari browser mereka (permintaan mungkin berisi informasi seperti URL situs).

Server di situs A menemukan permintaan dan mengirimkannya kembali ke client. Kemudian, client menemukan referensi ke halaman web lain di situs B.

Referensi tersebut berisi URL situs B. Jika client tertarik untuk melihatnya, maka mereka dapat mengirimkan permintaan ke server situs B kemudian halaman baru diambil dan ditampilkan di layar client.

Komponen World Wide Web

Komponen World Wide Web

Pengertian World Wide Web juga dikaitkan dengan apa saja komponen WWW itu sendiri. Komponen World Wide Web terbagi menjadi dua yaitu komponen struktural dan komponen semantik.

Komponen Struktural

Komponen struktural selanjutnya dibagi menjadi empat bagian yaitu:

  • Client/Browser; program yang meminta layanan yang disediakan oleh server web di Internet.
  • Server; program atau perangkat yang menyediakan layanan kepada penggunanya, juga dikenal sebagai client.
  • Cache; bertindak sebagai server jaringan yang menyimpan halaman web dan data internet lainnya secara lokal di PC pengguna.
  • Internet; jaringan global yang menghubungkan komputer dan server di seluruh dunia untuk komunikasi.

Komponen Semantik

Komponen semantik terbagi atas empat bagian yaitu HTTP, HTML, URL, dan XML.

  • HTTP; singkatan dari Hypertext Transfer Protocol merupakan kumpulan perintah yang memungkinkan pertukaran data antara client dan server.
  • HTML; singkatan dari Hypertext Markup Language. Ini adalah blok bangunan dasar dari web dan digunakan sebagai penentu makna struktural dari konten web. HTML dirancang untuk menampilkan data.
  • URL; singkatan dari Uniform Resource Locator yang merupakan pengidentifikasi unik (alamat) sebagai sumber daya di Internet.
  • XML; singkatan dari Language Markup yang dapat diperluas untuk mengirim data.

Fakta Unik tentang World Wide Web

Fakta Unik tentang World Wide Web

Di balik terciptanya World Wide Web, terdapat banyak fakta unik yang patut diulas. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. World Wide Web bukan Internet

Banyak orang yang menganggap bahwa internet dan WWW itu sama. Padahal sangat berbeda. Internet adalah jaringan komputer terbesar di seluruh dunia dan terhubung bersama. Sedangkan WWW adalah kumpulan web yang terdapat pada jaringan komputer.

2. Internet Sudah Ada sebelum World Wide Web Diciptakan

Internet adalah jaringan komputer yang terdapat di seluruh dunia. Ini sudah ada ketika World Wide Web pertama kali dirilis. Artinya, masyarakat dunia sudah mengenal jaringan untuk transfer data sebelum servernya hadir.

Internet mulai dikembangkan pada tahun 1960an di California, USA oleh Leonard Kleinrock. Berbeda halnya dengan World Wide Web yang diciptakan pada tahun 1980an oleh Sir Timothy John Berners-Lee.

3. Diciptakan Khusus Bagi Para Ilmuwan

Sir Timothy John Berners-Lee merupakan ilmuwan komputer yang mencoba mencari cara supaya para ilmuwan dapat berbagi data hasil eksperimen dengan mudah.

Beliau menemukan data web pribadinya yaitu “Enquire” yang menghubungkan informasi dengan semua halaman yang ada.

Beliau juga mengusulkan tiga teknologi utama pembangun World Wide Web yaitu HTTP, HTML, dan URL. Ketiga teknologi tersebut masih digunakan hingga saat ini.

4. Situs Web Pertama Ditayangkan di Tahun 1991

Situs web pertama ditayangkan pada tanggal 6 Agustus 1991 di CERN atau Organisasi Riset Nuklir Eropa yang terletak di Swiss. Ini merupakan pusat penelitian tempat Sir Timothy Berners-Lee bekerja. Awal mulanya, hanya terdapat 10 server web di dunia.

5. Server adalah Bukti Fisik dari Situs Web

Awal mula World Web Wide diciptakan hanya berupa foto dan gambar. Seiring berjalannya waktu, WWW berkembang semakin pesat dan memuat tautan hingga ke mana saja. Namun, untuk bisa menjalankan WWW tersebut, pengguna membutuhkan server.

6. Steve Jobs adalah Pencipta Server Pertama

Di tahun 1985, Steve Jobs membentuk NeXT Inc yang bertanggung jawab atas NeXTcube. CERN menyetujui pembelian NeXTcube tersebut untuk menyempurnakan WWW.

Ketika web diluncurkan, NeXTcube menjadi server web pertama yang ada di dunia. Anehnya, ini berarti bahwa jika komputer dimatikan, seluruh web pun ikut mati. Itulah kenapa NeXTcube yang asli dimuseumkan di Sains London Museum. Di sana terpampang tulisan tangan yaitu “Mesin ini adalah server. JANGAN DIMATIKAN!!”

7. 404 Tanda Kesalahan

Ketika kita mengakses internet, lalu keluar tulisan “404 tidak ditemukan”. Itu menandakan bahwa web juga berdiri dengan tulisan tersebut yang menginformasikan pada pengguna bahwa adanya kesalahan di sana.

8. Foto Les Horribles Cernettes Diambil sebagai Gambar Pertama dari WWW

Untuk menguji kemampuan hosting, Berners-Lee mengambil sebuah foto di tahun 1992. Foto tersebut adalah milik band komedi yaitu Les Horribles Cernettes. Mereka juga merupakan karyawan CERN di Laboratorium Swiss.

9. WWW Pertama Kali Dikenalkan ke Publik Tahun 1993

CERN mulai membuka internet untuk umum pada 30 April 1993. Ini memungkinkan orang-orang bisa membuat halaman web mereka sendiri. Terbukti, hingga pada akhir tahun 1993, sudah terdata 623 web yang ada di seluruh dunia.

10. Situs Web Pertama Masih Online Hingga Saat Ini

Setelah di data, banyak situs web lama yang sudah tidak aktif lagi. Namun, situs web pertama masih tetap aktif hingga saat ini. Berners-Lee sendirilah yang mengaktifkan situs tersebut. Meskipun terkesan “primitif”, situs ini sudah melewati beberapa kali pembaharuan.

Kelebihan dan Kekurangan World Wide Web

Mengetahui pengertian World Wide Web juga mesti didukung dengan memahami secara jelas tentang kelebihan dan kekurangan World Wide Web itu sendiri.

Kelebihan World Wide Web

Berikut adalah kelebihan WWW yaitu:

  • Menyediakan informasi secara gratis.
  • Informasi yang tersedia bersifat interaktif sebagai cara berkomunikasi dengan client.
  • Dapat diakses dari mana saja di belahan dunia Apa saja. Untuk mengaksesnya, Anda hanya memerlukan perangkat dengan browser.
  • Menjadi platform yang populer di kalangan media.
  • Mampu mengelola pertukaran data dalam jumlah yang besar.

Kekurangan World Wide Web

Setiap kelebihan WWW yang ada, pasti terdapat beberapa kekurangan yang menyertainya. Ini patut diulas sebagai cara untuk mengantisipasi

  • Sulitnya menyortir data.
  • Pencarian tidak dijamin sama dengan pilihan client.
  • Tidak ada kontrol atas kualitas data yang tersedia.
  • Tidak ada peraturan.

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai World Wide Web, mulai dari pengertian, sejarah, fungsi hingga cara kerjanya. Semoga bermanfaat dan terimakasih.