Sepeda Motor: Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Tisucoding, Pengertian Sepeda Motor – Sepeda motor adalah kendaraan bermotor yang banyak digunakan di seluruh dunia termasuk masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis motor dan variasi dari berbagai merek ternama dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Bahkan saat ini, motor seakan menjadi kendaraan wajib yang dimiliki oleh masyarakat guna memperlancar berbagai kebutuhan aktivitasnya.

Untuk lebih jelas berikut akan dijelaskan mengenai pengertian sepeda motor, penemua dan sejarahnya, fungsi dan juga manfaat dari sepeda motor itu sendiri.

Pengertian Sepeda Motor

Apa itu Sepeda Motor? Adapun pengertian sepeda motor itu sendiri adalah kendaraan roda dua yang dapat digunakan sebagai alat transportasi dengan bantuan mesin.

Harganya yang relatif murah serta penggunaannya lebih mudah dibandingkan kendaraan bermotor yang lainnya, membuat sepeda motor ini banyak dimiliki oleh masyarakat.

Jika diperhatikan dari sisi tampilan, kedua roda motor ini terletak sebaris lurus depan dan belakang yang dapat melaju dengan kecepatan tinggi ataupun rendah.

Kecepatan tinggi sendiri dipengaruhi karena gaya giroskopik sedangkan untuk kecepatan rendah dipengaruhi  pengaturan setang pengendara.

Penemu dan Sejarah Sepeda Motor

penemu dan sejarah sepeda motor

Berdasarkan sejarah, sepeda motor ini berawal dari sepeda konvensional yang populer pada waktu itu. Kemudian, pada tahun 1868 oleh Michaux ex Cie berusaha untuk menciptakan inovasi baru dari sepeda tersebut.

Perusahan sepeda pertama yang ada di dunia ini mengembangkan mesin uap sebagai penggerak dari sepeda.

Namun usahanya tersebut dinilai kurang sukses. Hingga akhirnya seorang penemu asal Inggris, Edward Butler berusaha untuk melanjutkannya dengan membuat kendaraan roda tiga dengan suatu motor melalui pembakaran di dalam.

Usahanya tersebut tenyata berhasil hingga lahir inovasi-inovasi baru yang terus dilakukan.

Gottlieb Daimler dan Wihelm Maybach yang berasal dari Jerman inilah yang mulai membuat kendaraan tersebut menjadi lebih canggih.

Perlu diketahui jika keduannya bertemu dan bekerjasama di salah satu produsen mesin stasioner terbesar pada tahun 1872 yang bernama Deutz-AG-Gasmotorenfabrik.

Sang pemilik, Nikolaus Otto pada tahun 1877 berhasil membuat dan mematenkan mesin empat tak atau mesin empat langkah sebagai pengganti mesin uap.

Walaupun mesin tersebut terbilang sederhana dan kurang efisien. Kemudian pada tahun 1880, Daimler dan Maybach dipecat perusahaan perusahan Otta dan akhirnya membuka bengkel yang dinamai Suttgart.

Pada tahun 1885, keduanya berhasil membuat karburator yang dapat digunakan sebagai bahan bakar dari mesin empat tak buatan Otto.

Dengan campuran bensin dan juga udara melalui Karburator tersebut, keduanya berhasil mengembangkan mesin empat tak hingga memiliki daya sebesar 100cc.

Pengaplikasian mesin tersebut, dipasangnya mesin pada sebuah sepeda kayu. Sepeda kayu bermesin inilah yang menjadi titik awal sepeda motor pertama yang ada di dunia. Sepeda kayu bermesin ini lebih disebut dengan Reitwagen atau riding car.

Sejarahnya sendiri terus berlanjut dan berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini. Hingga muncul berbagai jenis motor mulai dari metic sampai dengan listrik.

Motor metic sendiri merupakan jenis motor yang paling banyak digunakan saat ini. Bahkan untuk mengantisipasi kelangkaan BBM dan isu pemanasan global, dunia otomotif mulai mengembangkan sepeda motor yang tidak digerakan oleh bahan bakar melainkan menggunakan akumulator dan dinamo.

Tidak hanya mesin, power atau performanya saja yang terus dikembangkan.

Para produsen motor juga terus berinovasi dengan menyajikan fitur-fitur canggih dan dengan body yang dibuat berdasarkan keinginan pasar. Dengan begitu, Anda dapat memilih sesuai keinginan dan ketersediaan budget.

Fungsi Sepeda Motor

fungsi dari sepeda motor

Setelah mengetahui tentang pengertian sepeda motor beserta sejarah dan penemunya, maka hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui adalah fungsi dari sepeda motor itu sendiri.

Fungsi utama dari sepeda motor itu sendiri adalah sebagai alat trasportasi yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas.

Sebab setiap orang memiliki kebutuhan dan kepentingan tersendiri dari motor tersebut. Hadirnya sepeda motor tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Adapun beberapa kelebihan dari sepeda motor yakni sebagai berikut:

  • Dapat dengan mudah dipelajari dan digunakan oleh siapa saja
  • Dibandingkan mobil atau kendaraan roda empat lainnya, sepeda motor dapat sampai tujuan dengan cepat
  • Harga yang ditawarkan relatif lebih murah
  • Dapat memuat barang
  • Dapat dengan mudah menerobos kemacetan
  • Lebih terlihat sporty
  • Lebih hemat biaya dan juga bahan bakar yang digunakan
  • Tidak perlu tol dan dapat dengan mudah melewati berbagai medan jalan
  • Lebih mudah diparkirkan dibandingkan kendaraan bermotor yang lainnya
  • Biaya perawatan yang lebih terjangkau dan dapat dengan mudah dilakukan modifikasi

Itulah beberapa kelebihan dari sepeda motor. Walaupun demikian, kendaraan ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti hanya dapat memuat dua orang.

Barang bawaan yang diangkut tidak sebanyak kendaraan roda empat, perlu menggunakan perlengkapan kendaraan seperti helm, sarung tangan dan juga jaket, resiko panas dan kehujanan, rawan terhadap kecelakaan dan juga mudah lelah dan pegal saat mengendarainnya serta tidak disarankan untuk perjalanan jarak jauh.

Manfaat Sepeda Motor

manfaat sepeda motor saat ini

Peran sepeda motor cukup vital untuk berbagai aktivitas manusia dewasa. Sebab kendaraan roda dua ini memiliki banyak manfaat untuk berbagai aktivitas baik untuk pekerjaan atau kepentingan yang lainnya.

Adapun manfaat sepeda motor adalah sebagai berikut ini

  1. Sebagai Alat Trasportasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa fungsi utama dari sepeda motor adalah sebagai alat transportasi. Untuk pelajar, saat ini kendaraan sepeda motor cukup penting walaupun masih dapat menggunakan kendaraan umum. Namun dengan sepeda motor maka akan lebih cepat sampai.

Selain ke sekolah, bermanfaat pula untuk pekerja menuju tempat kerjanya. Selain itu, dengan sepeda motor ini dapat mengantarkan ke berbagai tempat yang diinginkan dan dibutuhkan.

  1. Alat Mencari Nafkah

Manfaat sepeda motor selanjutnya adalah sebagai alat untuk mencari nafkah. Seperti bagi tukang ojek, driver ojek online, tukang dagang keliling yang harus menggunakan motor dan lain sebagainnya.

  1. Membuka Lapangan Pekerjaan dan Usaha Baru

Maksudnya ialah membuka kesempatan untuk dapat bekerja di pabrik motor. Selain itu juga usaha baru bagi orang lain seperti membuka bengkel motor, jual bahan bakar, onderdil, ganti ban, oli dan masih banyak lainnya

  1. Mempercepat distribusi barang

Dengan sepeda motor, maka barang-barang akan cepat terdistribusi seperti paket belanjaan, dokumen, sayur mayur dan lain masih banyak lainnya.

  1. Alat Olahraga

Menggunakan sepeda motor untuk olahraga juga mengasyikan. Salah satunya adalah motor trail yang digemari oleh banyak orang terutama kaum muda.

  1. Berpeluang Menjadi Atlit Profesional dan Kaya Raya

Sepeda motor juga dapat menjadi peluang kesuksesan Anda. Salah satu contoh adalah Valentino Rossi yang kemahirannya sudah tidak dipertanyakan lagi. Maka dari itu, tidak heran jika banyak hobi memodifikasi atau mengikuti berbagai lomba balap motor.

Demikian itulah pengertian sepeda motor, sejarah, fungsi dan manfaat yang ada. Pada intinya kehadirannya sangat membantu berbagai aktivitas masyarakat. Namun tetap harus hati-hati karena beresiko terjadinya kecelakaan.

Leave a Comment