Pengertian Mobil: Fungsi, Sejarah, dan Jenisnya

Pengertian Mobil – Di era modern seperti sekarang ini, dunia transportasi tengah mengalami perkembangan yang pesat.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya jenis transportasi dengan spesifikasi dan fasilitas mumpuni serta disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekarang ini.

Mobil adalah salah satu jenis transportasi yang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Maka dari itu, tidak heran jika mobil menjadi transportasi yang perkembangannya sangat pesat.

Saat ini ada berbagai jenis mobil yang dijual di pasaran dan tentunya memiliki spesifikasi serta keunikannya masing-masing.

Apabila mobil hanya dianggap sebagai alat transportasi semata, tentu sangat disayangkan karena sebenarnya mobil memiliki sejumlah manfaat.

Ya, mobil memang tidak hanya sebatas transportasi yang digunakan untuk membantu kita melakukan mobilisasi ke berbagai tempat dengan cepat, nyaman, dan juga nyaman.

Penasaran dengan fungsi, sejarah, dan juga jenis mobil? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Mobil

Apa itu Mobil? Secara umum, pengertian mobil adalah kendaraan yang bergerak dengan menggunakan bahan bakar berupa bensin ataupun solar. Tanpa adanya bahan bakar tersebut, maka mesin mobil tidak dapat hidup.

Kata mobil sendiri merupakan kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu autos atau sendiri dan movere atau bergerak. Jadi, dapat dikatakan pengertian mobil adalah benda yang bergerak sendiri.

Saat ini ada banyak jenis mobil dengan keunggulan dan keunikannya masing-masing.

Ya, mobil yang kita gunakan sekarang ini merupakan jenis mobil yang sudah mengalami banyak perkembangan agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat masa kini.

Fungsi Mobil

manfaat dan fungsi mobil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mobil tidak hanya dapat digunakan sebagai alat transportasi semata.

Terdapat beberapa fungsi mobil lainnya yang perlu Anda ketahui. Di bawah ini adalah beberapa fungsi mobil tersebut.

1. Mengusir Rasa Bosan

Saat Anda merasa bosan, jenuh, ataupun bingung karena tidak ada kegiatan yang bisa dilakukan saat hari libur maupun saat berada di rumah, maka Anda bisa menjadikan mobil sebagai obat ampuh untuk mengusir rasa bosan.

Anda hanya perlu mengambil kunci mobil kesayangan dan mencoba untuk berkeliling kota. Dengan begitu, maka rasa bosan Anda akan segera hilang.

Apabila Anda sedang tidak ingin pergi kemana pun, maka Anda bisa membersihkan atau mencuci mobil Anda.

2. Menambah Teman

Saat ini ada banyak komunitas pecinta berbagai jenis mobil. Nah, Anda juga bisa ikut bergabung ke salah satu komunitas tersebut.

Tentunya yang sesuai dengan jenis mobil milik Anda. Saat bergabung dengan komunitas otomotif, Anda akan bersosialisasi dan menjalin pertemanan dengan anggota lainnya.

Menariknya lagi, banyak komunitas yang melakukan aksi sosial, seperti bakti sosial, memberikan sumbangan, dan juga berbagai kegiatan positif lain.

Poin tambahan yang akan didapatkan ketika bergabung dengan komunitas adalah Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang dunia otomotif.

3. Menumbuhkan Kreativitas

Mobil juga dapat digunakan sebagai media menyalurkan kreativitas kita dalam bidang seni dan olahraga.

Apalagi kini ada banyak perlombaan otomotif yang bisa diikuti, seperti sport, modifikasi, dan sebagainya. Jika Anda berminat, maka hal tersebut akan menjadi kegiatan positif yang menarik untuk diikuti.

4. Membangun Keharmonisan Keluarga

Mobil adalah salah satu kendaraan yang cocok untuk membangun keharmonisan keluarga. Hal ini karena saat melakukan perjalanan bersama keluarga, komunikasi yang intim akan terjalin.

Secara otomatis, maka ikatan antar anggota keluarga menjadi lebih erat. Oleh karena itu, pastikan Anda sesekali meluangkan waktu untuk berlibur bersama keluarga dengan menggunakan mobil kesayangan.

5. Sebagai Aset Pribadi

Meskipun nilai jual mobil bekas cenderung turun, tetapi mobil yang Anda miliki bisa berfungsi sebagai ‘uang simpanan’ yang suatu saat bisa dicairkan apabila ada kebutuhan yang mendesak.

Jika kita menganggap mobil adalah aset pribadi, maka Anda akan merawat mobil tersebut dengan baik supaya performanya selalu terjaga.

Penemu dan Sejarah Mobil

Penemu dan Sejarah Mobil

Mobil pertama kali ditemukan tahun 1769 oleh ilmuwan bernama Nicolas J. Cugnot yang berasal dari Perancis. Mulanya mobil adalah kendaraan roda tiga dengan desain yang besar serta bergerak menggunakan mesin uap.

Pada saat itu, mobil ini digunakan untuk mengangkut meriam saat perang berlangsung. Sayangnya mobil yang ia ciptakan masih belum sempurna dan sering mengalami kecelakaan.

Kemudian ada ilmuwan lain yang mencoba untuk membuat mobil dengan mesin uap di tahun 1784. Baru di tahun 1830, Richard Trevitchik dan Sir. G Gurnay menciptakan mobil dengan kecepatan 20 km/jam.

Sampai pada menjelang abad ke-19, mobil dengan mesin uap masih terus bermunculan. Meskipun kendaraan ini kerap mengalami masalah dan meledak.

Keunggulan dari mobil ini adalah tidak menghasilkan asap yang mengganggu dan juga lebih senyap. Memasuki pertengahan abad ke-19, mobil mulai mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Bahkan kini banyak ilmuwan yang merancang konsep mobil dengan menggunakan bahan bakar lain.

Kemudian pada tahun 1860, insinyur asal Perancis bernama Joseph E. Lenoir membuat mesin dengan menggunakan bahan bakar batur bara, gas, dan udara atmosfer yang dicampur.

Jenis-Jenis Mobil

Jenis Jenis Mobil

Terdapat berbagai jenis mobil yang saat ini dijual di pasaran dengan spesifikasinya masing-masing. Berikut ini adalah jenis mobil yang dapat menjadi referensi bagi Anda.

  • SUV atau Sport Utility Vehicle

SUV adalah jenis mobil penumpang ataupun muatan barang yang dapat digunakan untuk berbagai medan perjalanan mulai dari on road hingga off road.

Keunggulan dari jenis mobil ini adalah kapasitas bagasi yang cukup luas sehingga dapat menampung hingga delapan penungmpang sekaligus.

  • MPV atau Multi-Purpose Vehicle

MPV kerap disebut sebagai mobil minivan dengan desain modern dan memiliki moncong yang panjang. Jenis mobil ini dapat membawa banyak penumpang dan tetap nyaman karena memiliki ruang bagasi yang cukup luas.

  • Hatchback

Jenis mobil selanjutnya adalah hatchback yang mempunyai ukuran kecil dengan ruang bagasi dan penumpang yang menyatu. Mobil ini memang sengaja didesain untuk mengangkut penumpang dan barang sekaligus.

  • Station Wagon

Secara tampilan, mobil station wagon mirip dengan mobil sedan. Akan tetapi, desain atapnya diperpanjang hingga bagian belakang. Jadi, bagian bagasi dibuat menyatu dengan kabin penumpang.

  • Sedan

Sedan adalah mobil favorit masyarakat yang memiliki desain minimalis dan dapat menampung hingga lima penumpang. Tipe mobil ini mempunyai bodi yang pendek dan memanjang.

  • Convertible

Mobil convertible adalah jenis mobil berukuran kecil yang bagian atapnya dapat dibuka dan ditutup. Jenis mobil ini mempunyai dua tipe, yaitu soft top dan juga hard top.

Untuk soft top, bagian atap menggunakan bahan vinyl, sedangkan hardtop atapnya menggunakan bahan yang sama seperti body mobil.

Demikian penjelasan mengenai pengertian mobil, fungsi, penemu dan sejarah, hingga jenis-jenis mobil. Setelah menyimak penjelasan di atas, tentu Anda semakin paham tentang mobil beserta fungsi dan jenisnya.

Sebagai salah satu kendaraan yang sering kita temukan setiap hari, sudah sewajarnya jika kita tahu lebih dalam tentang kendaraan ini.

Leave a Comment