Mengenal Pengertian Mesin Bubut Hingga Jenis-Jenis Mesin Bubut

Pengertian Mesin Bubut – Apakah Anda pernah mendengar kata mesin bubut? Pernahkah Anda pernah melihat mesin bubut? Atau apakah Anda baru saja mendengar mesin bubut?

Nah, bagi Anda yang baru mendengar kata mesin bubut dan belum mengetahui apa mesin bubut itu.

Di sini saya akan memberikan informasi kepada Anda mulai dari pengertian mesin bubut, beberapa jenis mesin bubut, prinsip kerja mesin bubut hingga pada sejarah dan penemu mesin bubut itu sendiri.

Mengentahui Pengertian Mesin Bubut Menurut Para Ahli

Mesin bubut adalah mesin yang digunaan untuk menciptakan barang dengan bentuk silinder.

Mesin bubut ini pada umumnya merupakan suatu mesin perkakas yang mana digunakan untuk memotong benda dengan cara diputar dan dikenakan pada pahat.

Akan tetapi, ada juga mesin bubut yang mana pahat bubutnya berputar dan benda kerja diam.

Bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja yang pada umumnya proses sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja.

Kecepatan pada mesin bubut ini dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dengan cara mengatur perbandingan roda gigi pada gearbox.

Pengertian mesin bubut tersebut menurut Rochim, Taufiq pada tahun 1993.

Sementara itu, pengertian mesin bubut lainnya yaitu suatu mesin perkakas yang digunakan untuk memotong benda yang diputar.

Proses bubut sendiri merupakan suatu proses pemakanan benda kerja untuk mendapatkan bentuk dan ukuran dengan menggerakkan pahat baik sejajar maupun tegak lurus sumbu putar dari benda kerja.

Teori proses tersebut dapat Anda temukan pada buku General Machinist Theory tahun 2011.

Apa Saja Fungsi Dan Manfaat Mesin Bubut

fungsi dan manfaat mesin bubut

Setelah Anda mengetahui pengertian mesin bubut, sekarang saatnya Anda mengatahui apa saja fungsi dan manfaat dari mesin bubut.

Mesin bubut sendiri memiliki fungsi dan manfaat yang banyak. Salah satunya yaitu mesin bubut ini berfungsi sebagai alat memotong atau menghilangkan sebagian dari benda kerja dengan gerak berputar.

Sehingga pada akhirnya benda tersebut menjadi benda atau produk yang dapat dimanfaatkan yang mana disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sementara itu, tujuan yang paling utama dari mesin ini adalah untuk memegang dan memutar benda guna melakukan operasi permesinan.

Jadi intinya, fungsi dari mesin bubut yakni gunamembuat ulir, pengelasan, membuat benda putar pengeboran, meratakan permukaan benda putar, serta pembuatan tirus.

Bagaiman Sejarah dan Siapa Penemu Mesin Bubut?

sejarah dan penemu mesin bubut

Pada jaman dulu, mesin bubut dipakai untuk membuat rangka bantalan yang bisa diputar dan dipotong melingkar oleh para nenek moyang.

Mesin bubut ini pertama kali digunakan oleh para nenek moyang zaman dahulu yaitu untuk pembatan mangkuk dangkal yang mana ditemukan di sebuah kuburan di Mycenae yang diyakini telah berubah.

Selain itu, bagi negara yang memiliki kekuatan perang seperti China, mesin bubut digunakan untuk meruncingkan senjata perang.

Lantas bagaimana bentuk mesin bubut dari tahun ke tahun? Pada awalnya mesin bubuk ini diletakkan di tanah.

Sementara itu, cara pakainya dengan menggunakan satu tangan untuk memutar kumparan sambil membungkuk dan tangan lainnya yaitu memegang gagang pahat.

Satu kaki digunakan untuk menjaga mesin tetap stabil dan sebagai alat tumpu.

Seiring perkembangan waktu, mesin bubut ini berubah menjadi orang duduk di mesin bubut dan menggunakan kakinya untuk membuat gerakan bolak balik oleh pedal secara bergantian pada kaki kiri dan kanan.

Pada medio akhir 1700an, Henry Mauldslay membuat desain dan menciptakan mesin bubut crew cutting lathe.

Hal tersebutlah yang membuat Henry Maudslay dinobatkan menjadi bapak pendiri teknologi peralatan mesin bubut dan penemu Dies Snei serta cutting toll threading untuk fastener.

Mengetahui Prinsip Kerja Mesin Bubut

Cara Kerja Mesin Bubut

Prinsip kerja mesin bubut yakni menghilangkan benda kerja untuk menciptakan bentuk tertentu dengan cara diputar pada kecepatan tertentu.

Gerakan putar dari benda kerja inilah disebut dengan nama gerak potong relatif.

Sedangkan gerakkan translasi dari pahat tersebut disebut dengan nama gerak makan atau feeding. Pada dasarnya mesin bubut ini terdiri dari beberapa komponen utama, diantaranya adalah:

  • Meja mesin
  • Headstock
  • Tailstock
  • Compound slide
  • Across slide
  • Toolpost
  • Leadscrew
  • Dan lain sebagainya.

Mengetahui Jenis-Jenis Mesin Bubut

jenis jenis mesin bubut

Jenis-jenis mesin bubut dibedakan menjadi 2 golongan. Keduanya dibedakan berdasarkan dimensi dan juga prinsip kerjanya. Di bawah ini merupakan jenis mesin bubut berdasarkan dengan dimensinya.

  • Mesin bubut ringan

Panjang mesin bubut ringan ini tidak lebih dari 1200 mm. Mesin bubut ringan ini biasanya diperuntukkan untuk pekerjaan membubut suatu barang yang berukuran kecil dan ringan.

Mesin ini dapat Anda jumpai di beberapa sekolah mesin yang mana digunakan untuk latihan dan pembelajaran.

  • Mesin bubut sedang

Mesin bubut yang berukuran sedang sering digunakan untuk pekerjaan yang butuh variasi dan ketelitian tingkat tinggi. Mesin bubut jenis ini bisa bekerja untuk material dengan diameter kecil, ukuran 200 hingga 100 mm.

Mesin jenis ini bukan hanya untu menghasilkan perkakas, namun mesin ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki perkakas. Sehingga cocok digunakan sebagai peralatan pelatihan di sekolah.

  • Mesin bubut standar

Pada umumnya mesin bubut standar ini memiliki komponen yang sama dengan mesin bubut ringan dan sedang. Akan tetapi, jenis mesin ini punya mesin pendingin, bak penampung, rem, dan juga lampu kerja.

Kekurangan dari mesin bubut ini yaitu jatuh pada ukuran dan berat. Mesin bubut ini memiliki ukuran yang besar dan sangat berat dibandingkan mesin bubut ringan dan sedang.

Karena kelengkapan yang dimiliki mesin bubut jenis ini membuat mesin bubut standar banyak digunakan di home industry.

  • Mesin bubut meja panjang

Untuk jenis yang paling terakhir, biasanya digunakan untuk mengerjakan proyek besar karena ukuran bendanya pun panjang dan besar. Mesin jenis ini sering digunakan untuk skala besar seperti industri dan juga pabrik.

Sedangkan dilihat dari cara prinsip kerjanya beberapa jenis mesin bubut tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Mesin bubut centre lathe
  • Mesin bubut sabuk
  • Mesin bubut vertical turning and boring milling
  • Mesin bubut facing lathe
  • Mesin bubut turrest
  • Mesin bubut turrest jenis sadel
  • Mesin bubut vertikal

Sementara itu, bagian-bagian utama mesin bubut sendiri terdiri dari kepala tetap yang berfungsi sebagai dudukan beberapa perlengkapan.

Kemudian ada juga kepala lepas yang mana digunakan sebagai dudukan senter putar.

Selanjutnya, meja mesin bubut dipakai sebagai tumpuan dudukan, eretan, penyangga diam dan juga merupakan tumpuan gaya pemakanan pada waktu pembubutan, dan juga masih banyak bagian-bagian utama mesin bubut lainnya.

Leave a Comment