Pengertian Kapal: Jenis-Jenis Kapal Hingga Sejarah Kapal

Pengertian Kapal –¬†Kapal merupakan transportasi laut yang mana digunakan sebagai pengangkut penumpang dan barang, sama seperti sampan atau perahu kecil.

Selain itu, kapal yang mempunyai ukuran yang cukup besar juga bisa digunakan untuk membawa perahu kecil atau yang biasa dikenal dengan nama sekoci.

Setidaknya terdapat 25 jenis kapal yang dikenal dalam dunia pelayaran. Mulai dari kapal kecil yang digunakan untuk khusus penumpang hingga kapal yang mempunyai ukuran raksasa yang mana digunakan untuk mengangkut minyak atau peralatan berat.

Nah, di sini saya akan memberitahukan kepada Anda perihal transportasi laut ini. Mulai dari definisi atau pengertian kapal menurut para ahli, fungsi dan manfaat kapal, jenis-jenis kapal, hingga sejarah kapal yang belum Anda ketahui.

Definisi Kapal Menurut Para Ahli

Menurut Undang-Undang nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran, kapal adalah kendaraan air dengan bentuk dan jenis tertentu.

Yang digerakkan dengan tenaga angin, mekanik dan tenaga lainnya, ditarik atau ditunda, termasuk kendaraan yang berdaya dukung dinamis, kendaraan di bawah permukaan air, serta alat apung dan bangunan terapung yang tidak berpindah-pindah.

Sedangkan menurut keputusan Menteri 14 tahun 2002 bab 1 pasal 1 menyatakan bahwa kapal adalah kendaraan air dengan bentuk dan jenis apapun yang digerakkan dengan tenaga mekanik, tenaga angin atau ditunda termasuk kendaraan yang berdaya dukung dinamis, kendaraan dibawah permukaan air, serta alat apung dan bangunan terapung yang tidak berpindah-pindah. Kedua pengertian kapal ini memiliki kesamaan satu sama lain.

Semantara itu, menurut pasal  309 ayat 1 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang atau disingkat dengan nama KUHD menyatakan bahwa kapal adalah semua alat berlayar, apapun nama dan sifatnya.

Dari pengetian kapal tersebut dapat disimpulkan bajwa benda-benda apapun yang dapat terapung dan dapat dikatakan kapal selama dapat berpindah-pindah atau bergerak.

Apa Saja Fungsi Dan Manfaat Kapal?

komponen dan perlengkapan kapal

Dengan adanya kemajuan teknologi membuat Anda dapat berlibur kemanapun Anda mau di berbagai tempat baik di Indonesia maupun luar negeri menjadi sangat mudah.

Hal ini tentunya dikarenakan adanya berbagai alat transportasi yang ada. Tahukah Anda bahwa di dunia ini terdapat 3 jenis alat transportasi diantaranya adalah:

  • Transportasi darat, seperti sepeda, motor, mobil, kereta, bus, dan lain sebagainya.
  • Transportasi laut, seperti kapal layar, kapal bertenaga uap, dan lain sebagainya.
  • Transportasi udara, seperi pesawar, helicopter, dan lain sebagainya.

Nah, berbicara mengenai kapal, apa sih fungsi dan manfaat dari kapal? Kapal sendiri memiliki banyak fungsi dan manfaat dari kapal. Berikut ini fungsi dan manfaat kapal yang perlu Anda ketahui

  • Kapal sebagai sarana transportasi

Kapal ini merupakan kapal yang biasa digunakan oleh setiap orang untuk berlibur.

Selain itu, di daerah pedalaman atau pedesaan yang jauh dari kota, kapal kecil atau yang biasa dikenal dengan nama sampan juga biasa digunakan sebagai kendaraan penyeberangan dari satu sisi ke sisi lain oleh warga sekitar.

Selain digunakan oleh manusia, kapal juga bisa digunakan sebagai pengangkut barang.

  • Kapal sebagai sarana mesin pengeboran

Bukan hanya sebagai sarana transportas saja. Namun, beberapa kapal juga diciptakan sebagai alat bantu pengeboran di tengah laut atau samudra.

Mengetahui Sejarah Kapal dan Siapa Penemu Kapal

sejarah dan penemu kapal

Setelah Anda mengetahui pengertian kapal, serta fungsi dan manfaat dari kapal, sekarang saatnya Anda mengetahui sejarah dari kapal itu sendiri.

Ternyata kapal sendiri sudah ada pada zaman nenek moyang dulu tetapi, bentuk dari kapal tersebut masih sangat sederhana, yakni berupa rakit dan batang kayu.

Namun, seiring denga perkembangan zama serta teknologi yang ada saat ini, menjadikan munculnya kapan yang bertenaga mesin yang canggih sehingga dapat melaju dengan sangat cepat.

Bahkan saat ini desain dari kapal pun dibuat dengan begitu mewah, elegan, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memanjakan para penumpangnya.

Hal tersebut tentunya menjadi bukti bahwa dari dulu hingga saat ini, teknologi perkapalan terus berkembang, baik untuk kepentingan komersil, militer maupun politik dan sains.

Lantas siapa penemu kapal? Meskipun kapal sudah ada sejak zaman nenek moyang yang mana berupa rakit, namun penemu kapal sendiri yaitu Robert Fulton merupakan seorang penemu, ahli teknik, dan seniman berkebangsaan Amerika yang mana berhasil membuat kapal uap untuk pertama kalinya di dunia.

Kapal uap tersebut dibuat untuk melindungi pelabuhan New York dari seranga Inggris pada zaman perang.Kapal uap tersebut memiliki berat 2,745 ton dan memiliki panjang 156 kaki atau setara dengan 48 meter.

Kapal yang diluncurkan pada bulan Okteber 1924 ini diberi nama The Domologos atau Fulton. Bukan hanya kapal saja, Robert Fulton juga berhasil membuat kapal yang berupa transportasi lintas air dan kapal selam

Apa Saja Perlengkapan yang Ada di Dalam Kapal

manfaat dan fungsi kapal

Karena kapal ini digunakan sebagai transportasi laut baik untuk manusia ataupun pengangkut barang, hal ini tentunya membuat kapal memiliki beberapa perlengkapan.

Perlengkapan dalam kapal sendiri tergolong menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah:

  • Perlengkapan navigasi, seperti RADAR, SONAR, fish finder atau echo sounder, kompas, klinometer, hydrometerm, dan barometer.
  • Perlengkapan pemadam kebakaran, seperti alat pemadam api ringan yaitu berupa dry chemical, pemadam jinjing busa, dan water pressure. Selain alat pemadam api ringan, juga terdaoat alat pemadam dengan pendinginan air, yaitu berupa nozzle, hydrant, dan selang pemadam, pasir dalam kotak, serta sekop.
  • Perlengkapan alat penolong, seperti pelampung dan rompi penolong, rakit kembung, rakit tegar, alat-alat pelempar tal, ban penolong, serta sekoci.
  • Perlengkapan lainnya, berupa sarana tambat labuh yang mana berupa dampra, tali tambat, dan penembak tali. Kemudian, alat-alat berlabuh yaitu rantai atau tali jangkar, bosa dasar, jangkar, mesin jangkat, ceruk rantai, dan band stopper. Selain itu juga terdapat beragam takel, blok, dan tali ulang yang diperuntukkan untung mengangkat beban yang berat agar menjadi ringan.-

Mengetahui Jenis-Jenis Kapal

jenis jenis kapal

Kurang lengkap rasanya jika Anda mengetahui pengertian kapal tanpa jenis-jenis kapal. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa setidaknya terdapat 25 jenis kapan yang dikenal dalam dunia pelayaran.

Nah, beberapat jenis kapal tersebut diantaranya adalah:

  • Feri Ro-Ro

Kapal Feri Ro-Ro ini merupakan kapal yang bisa Anda temui di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan di Indonesia.

Kapal ini didesain untuk menampung penumpang dan kendaraan yang berjalan keluar masuk tanpa bantuan katrol. Nah, hal tersebutlah yang membuat kapan ini diberi nama kapal Feri Ro-Ro (Roll on- Roll of).

  • Kapal Kontainer

Kapal ini merupakan kapal khusus angkutan peri kemas yang memiliki ukuran standar. Kapal ini memiliki rongga yang mana biasanya digunakan untuk menyimpan peti kema berukuran standar.

  • Tanker

Kapal ini dirancang untuk mengusung minyak dan produk turunan. Jenis kapal ini mencakup tanker kimia dan pengangkut LNG

  • Kapal Tunda

Kapal ini dirancang agar mampu bermanuver. Misalnya menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan. Selain itu, kapal ini juga bisa digunakan di laut yang lepas maupun sungai atau terusan.

Leave a Comment