Pengertian Kamera: Fungsi, Sejarah, Jenis, dan Komponennya

Pengertian Kamera – Kamera adalah seperangkat perlengkapan elektronik yang memiliki fungsi untuk mengabadikan suatu momen ataupun objek menjadi sebuah gambar yang dapat dicetak.

Gambar tersebut dihasilkan melalui proyeksi yang terdapat pada sistem lensa kamera. Saat ini penggunaan kamera menjadi hal yang lumrah.

Bahkan hampir semua tipe smartphone yang diproduksi telah dilengkapi dengan fitur kamera yang tidak kalah canggihnya dengan kamera professional.

Kamera sendiri dapat mengambil sebuah gambar dengan cara memanfaatkan cahaya yang ada di sekitarnya, seperti cahaya matahari.

Sebenarnya apa itu kamera dan bagaimana sejarah penemuan teknologi yang satu ini? Yuk, simak penjelasan berikut ini mengenai pengertian kamera, fungsi, sejarah, jenis, dan juga komponen daripada kamera tersebut.

Pengertian Kamera

Apa itu Kamera? Banyak orang yang mengartikan kamera hanya berdasarkan bagiannya saja, seperti lensa, layar, maupun aksesoris lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamera merupakan kotak kedap sinar yang dilengkapi dengan lensa dan menyambung pada lubang lensa sebagai tempat objek yang akan direkam dengan menggunakan alat pekat cahaya.

Bagi orang awam, kamera adalah alat potret ataupun alat yang kerap digunakan untuk mengambil gambar atau objek tertentu.

Di era teknologi yang semakin canggih sekarang ini, membuat banyak bermunculan kamera dengan arti dan fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah pengertian kamera yang paling sering ditemui oleh masyarakat.

  1. Kamera digital adalah kamera yang digunakan untuk merekam serta menyimpan gambar dalam format digital dan tidak perlu menggunakan film guna menyimpan hasil foto secara elektronik.
  2. Kamera film adalah kamera yang secara khusus digunakan untuk membuat film.
  3. Kamera lensa tunggal adalah kamera dengan lensa yang bisa diganti sesuai dengan kebutuhan.
  4. Kamera multispektrum adalah kamera yang bisa digunakan untuk menangkap panjang gelombang dengan simultan.
  5. Kamera autofocus adalah kamera yang bisa membidik sasaran dengan cepat.
  6. Kamera polaroid adalah kamera yang dapat membidik objek sekaligus mencetaknya dengan cepat.
  7. Kamera televisi adalah kamera yang digunakan untuk menangkap objek yang disiarkan langsung lewat televisi.
  8. Kamera video adalah kamera yang bisa menangkap gambar bergerak untuk kemudian diubah menjadi sinyal elektronik. Jadi, nantinya dapat disimpan secara digital.
  9. Kamera Web adalah kamera video yang dapat disambungkan ke perangkat komputer. Biasanya kamera ini digunakan pada pelaksanaan konferensi video.

Fungsi Kamera

manfaat dan fungsi kamera

Secara umum, kamera memang berfungsi untuk menangkap gambar atau objek tertentu. Namun, ternyata ada banyak sekali fungsi dari sebuah kamera. Berikut ini adalah beberapa fungsi kamera yang dilihat dari segi hasilnya.

1. Sebagai Media Komunikasi

Kamera memang menjadi suatu media komunikasi yang banyak digunakan sekarang ini. Istilah ‘sebuah gambar bernilai ribuan kata’ adalah kalimat yang tepat untuk menggambarkan benda ini.

Kamera berfungsi sebagai media komunikasi karena foto maupun video yang diambil merupakan alternatif cara yang digunakan seseorang untuk berkomunikasi.

Kamera adalah sebuah alat yang dapat membentuk cerita maupun menggambarkan peristiwa tertentu yang bisa mewakili si pencerita.

Hanya dengan menggunakan kamera, Anda dapat melakukan banyak hal menarik, seperti merekam kejadian maupun aksi serta mengambil gambar maupun foto. Menarik, bukan?

2. Sebagai Pendidikan

Ternyata kamera juga memiliki fungsi dalam dunia pendidikan, lho. Tepatnya untuk memberikan edukasi. Saat ini peran kamera memang cukup dominan.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini. Kini banyak konten-konten yang dihasilkan dari sebuah kamera untuk kemudian diunggah ke berbagai platform digital, seperti Instagram, YouTube, dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, kamera juga digunakan pada webinar dan kelas-kelas daring.

Melihat hal tersebut, tentu dapat dikatakan jika kamera memiliki peran penting dalam dunia pendidikan.

Hal ini dikarenakan orang lain dapat belajar dari foto maupun video yang dihasilkan. Selain itu, foto dan video juga digunakan sebagai alat pembelajaran yang praktis dan efektif.

3. Menciptakan Ingatan

Kamera juga dapat menciptakan serta melestarikan ingatan seseorang terhadap sebuah nilai historikal dan sentimental untuk seseorang maupun sekelompok orang.

Dalam hal ini, kameradapat mengembalikan ingatan seseorang pada sebuah momen maupun peristiwa penting dan bersejarah.

Contohnya seperti pada saat Perang Dunia kedua atau momen lahirnya buah hati. Pesta pernikahan dan acara perayaan lainnya juga selalu dikaitkan dengan kegiatan dokumentasi yang tentu menggunakan kamera.

Penemu dan Sejarah Kamera

penemu dan sejarah kamera

Kamera ditemukan oleh ilmuwan muslim yang bernama Alhazen. Ia menemukan kamera obscura dan dijelaskan dalam bukunya yang berjudul Books of Optics.

Kemudian di tahun 1660an, Robert Boyle bersama asistennya menemukan kamera obscura portable. Akan tetapi, penemu kamera fotografi dengan cara penggunaan praktis ditemukan oleh Johann Zahn pada tahun 1685.

Sekarang ini perkembangan teknologi kamera sudah berkembang dengan sangat pesat. Bahkan penggunaannya juga cukup familiar bagi orang awam.

Kamera tidak hanya digunakan untuk menangkap gambar atau objek sebagai kenangan saja.

Akan tetapi, kamera juga kerap digunakan untuk menangkap gambar bergerak atau yang dikenal dengan video. Kini sudah banyak jenis kamera yang dijual di pasaran dengan fungsi yang beragam.

Jenis-Jenis Kamera

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saat ini sudah banyak jenis kamera yang bisa digunakan. Kisaran harganya pun sangat bervariatif.

Mulai dari harga yang termurah hingga yang termahal semuanya tersedia dan tergantung pada spesifikasi pada kamera tersebut. Berikut ini adalah beeberapa jenis kamera yang banyak ditemui.

  • Kamera Prosumer
  • Kamera Compact Digital
  • Kamera DSLR
  • Kamera Semi Pro DSLR
  • Kamera Profesional DSLR
  • Kamera Mirrorless
  • Kamera Boutique

Komponen Kamera

komponen pada kamera

Terdapat lima komponen kamera yang dimiliki oleh semua jenis kamera, yakni sebagai berikut.

  1. Kotak kamera digunakan untuk menampung daan juga melindungi film yang memiliki sensitivitas terhadap cahaya.
  2. Film adalah gambar yang direkam secara otomatis maupun manual.
  3. Kontrol cahaya merupakan komponen yang terdiri dari diafragma, aperture, dan juga rana yang bisa disesuaikan.
  4. Lensa memiliki fungsi untuk membuat sinar cahaya menjadi fokus dari objek ke film. Komponen ini dapat menciptakan gambar menjadi lebih fokus.
  5. Sistem tampilan terpisah dari lensa utama terletak di bagian atas, sedangkan ada juga kamera yang bisa beroperasi secara digital dengan menggunakan layar atau cermin.

Demikian penjelasan mengenai pengertian kamera, fungsi, penemu dan sejarah, jenis-jenis, serta komponennya. Tidak dapat dipungkiri jika kamera beserta fungsinya adalah topik yang menarik untuk dibahas.

Setelah menyimak penjelasan di atas, tentunya Anda semakin paham dan tahu seluk beluk tentang kamera ini.

Berdasarkan penjelasan di atas, tentu tidak dapat dipungkiri jika penggunaan kamera sudah menjadi bagian dari keseharian manusia dan merambat ke berbagai dimensi kehidupan, seperti pendidikan, ekonomi, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

Jadi, apakah Anda tertarik mengganti kamera lama menjadi kamera yang lebih canggih dengan spesifikikasi mumpuni?

Leave a Comment