Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Pengertian Jaringan Komputer, Sejarah, Manfaat & Jenis Jenis Topologi

7 min read

Manfaat dan pengertian jaringan komputer
Pembahasan kali ini, kami akan jelaskan pengertian jaringan komputer, sejarah jaringan komputer, manfaat hingga mancam-macam komponen jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer – Hidup manusia kini sebagian besar sudah tak lepas dari hal-hal yang berbau teknologi komputasi, seperti perangkat komputer. Berkomunikasi kini bisa dilakukan dengan menggunakan komputer melalui suatu jaringan. Pernahkah Anda berpikir, bagaimana satu komputer bisa berinteraksi dengan komputer lainnya.

Bagaimana pula kita bisa mengakses, mengunduh, dan mengunggah berbagai macam file ke atau dari suatu wilayah ke wilayah lainnya yang berbeda?

Semua itu bisa terjadi karena adanya jaringan pada komputer. Secara singkat, pengertian jaringan komputer bisa dikatakan sebuah sistem jaringan yang tugasnya membantu komputer yang satu dengan komputer yang lainnya untuk bisa berinteraksi hingga skala global.

Untuk itu, kali ini kami akan membahas tentang jaringan komunikasi secara lengkap mulai dari pengertian jaringan komputer hingga ke topologi jaringan komputernya. Penasaran? Simak penjelasan singkatnya, berikut ini.

Apa Itu Jaringan Komputer?

Sejarah Jaringan Komputer

Pengertian dan Sejarah Jaringan Komputer
indoworx.co

Jaringan komputer memiliki sejarah yang panjang, tak bedanya dengan sejarah komputer. Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya sebuah gagasan untuk menggunakan satu buah komputer secara bersamaan.

Hal itu berguna untuk mengerjakan beberapa proyek tanpa harus membuang-buang waktu kosong yang membuat pengerjaan proyek riset menjadi sangat lama.

Kemudian lahirlah konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an yang pada saat itu digagas oleh sebuah kelompok proyek riset pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan grup riset Universitas Harvard, Amerika.

Penelitian tersebut dipimpin seorang professor yang bernama Howard Aiken. Konsep ini membuat beberapa program yang mana bisa dijalankan secara bersamaan dalam sebuah komputer dengan cara antre.

Selanjutnya pada 1950-an, berbegai jenis komputer mulai berkembang secara pesat dan super komputer berhasil ditemukan yang membuat satu komputer mampu melayani beberapa terminal sekaligus.

Pada tahun yang sama ditemukanlah sistem Time Sharing System (TSS) yang menjadi momen penting pada sejarah perkembangan komputer. Sebab, pada masa-masa ini, jaringan komputer pertama kali diaplikasikan. Ada beberapa komputer yang terhubung dalam satu jaringan.

Saat proses TSS dimulai, mulai terlihat perpaduan antara teknologi komputasi dengan teknologi telekomunikasi lainnya yang mulanya berkembang sendiri-sendiri.

Selanjutnya pada tahun 1969,  Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengadakan riset tentang pembentukan jaringan organik antar komputer yang dinamakan ARPANET.

Pada tahun 1970-an, TSS berhasil digantikan dengan konsep Proses Distribusi (Distrubution Processing) dan dua tahun selanjutnya muncul sistem surat elektronik atau yang kita kenal dengan sebutan email.

Sistem ini diselesaikan oleh periset beranma Roy Tomlinson yang dilakukannya untuk ARPANET. Dalam waktu singkat, program ini langsung mencapai popularitas dan pada tahun ini pula ikon @ (baca: at) pertama kali diperkenalkan ke publik.

Setahun kemudian, tepatnya pada 1973 ARPANET mulai diperluas jaringannya ke luar Amerika Serikat. Negara yang pertama kali bergabung adalah London melalui sebuah komputer milik Universitas College London.

Mulai dari tahun ini, sistem jaringan komputer mulai mangalami kemajuan yang sangat pesat hingga tercipta internet, TCP, IP, DNS, chatting dan program WWW.

Manfaat Jaringan Komputer

manfaat teknologi komputer
pinterest.com

Setelah memahami pengertian jaringan komputer dan bagaimana sejarah jaringan komputer, penting untuk Anda mengetahui manfaat jaringan komputer.

Sebab, jaringan komputer sebetulnya sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai keperluan, mulai dari penggunaan pribadi, instansi lokal, hingga perusahaan besar. Berikut ini beberapa di antara manfaat dari jaringan komputer, yaitu:

  • Efisiensi transfer data

Salah satu manfaat jaringan komputer adalah efisiensi data. Dengan menggunakan jaringan komputer, Anda bisa berkirim data secara lebih efektif dan efisien.

Jadi, data yang Anda kirimkan bukan hanya cepat sampai, tetapi juga aman dan lebih mudah digunakan dengan masing-masing anggota komunitas.

  • Penghematan biaya

Selain lebih efektif dan efisien, biaya yang dikeluarkan dengan menggunakan jaringan komputer jauh lebih hemat.

Bayangkan, jika Anda harus mengirimkan dokumen penting ke luar pulau secara manual, belum lagi biaya transportasi yang harus dikeluarkan untuk mengirimkan dokumen tersebut. Dengan menggunakan jaringan komputer, segalanya jadi lebih mudah, bahkan tanpa biaya.

Pengiriman data bukan hanya menghemat biaya, melainkan juga lebih hemat waktu. Hanya dalam hitungan detik, data sudah sampai pada tempat yang akan dituju. Tingkat keamanan datanya pun sudah lebih baik dengan beberapa lapisan sistem keamanan yang mumpuni.

  • Menjaga keamanan dan kerahasiaan data

Hampir semua data-data yang disimpan atau dibagikan oleh perorangan ataupun organisasi bersifat rahasia. Kerahasiaan data ini sudah pasti menjadi hal yang utama diperhatikan oleh perorangan maupun organisasi. Adanya kebocoran data akan menimbulkan kerugian yang bisa jadi sangat besar bagi pemilik data.

Dengan menggunakan jaringan komputer, proses pengiriman data lebih terjaga keamanannya dari kebocoran data yang mungkin saja terjadi.

Sehinga, Anda tidak perlu terlalu khawatir data-data rahasia Anda akan disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Data yang Anda kirimkan ke tujuan, tentu akan lebih aman.

  • Konektivitas

Bukan hanya berguna bagi perusahaan, jaringan komputer juga sangat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat seluruh dunia.

Semua anggota keluarga bisa berkomunikasi secara cepat, mudah, dan lancar, meski berada di domisili yang berbeda-beda. Pedagang-pedagang kecil juga bisa mengakses informasi penting guna meningkatkan penjualannya.

Dengan jaringan komputer pula, pada saat-saat tertentu di mana sistem digital sangat dibutuhkan, akan sangat membantu.

Misalnya, anak-anak yang harus belajar secara online karena satu dan lain hal. Sehingga, hal ini akan sangat memudahkan berbagai pihak dalam mengakses dan memberikan berbagai hal penting.

Perangkat Jaringan komputer

macam macam perangkat komputer
medium.com

Jaringan komputer tidak terbangun atau terangkai begitu saja tanpa adanya perangkat yang menghubungkannya. Dalam membangun sebuah jaringan komputer, ada perangkat-perangkat yang harus digunakan untuk masing-masing komputer terkoneksi.

Perangkat jaringan komputer yang diperlukan pun berbeda pada masing-masing jenisnya. Berikut ini adalah macam-macam perangkat jaringan komputer yang digunakan, di antaranya yaitu:

1. Server

Sesuai dengan namanya, tugasnya adalah sebagai pelayan. Bisa dikatakan, server merupakan sebuah sistem komputasi yang menyediakan jenis layanan atau service tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Dalam sebuah sistem client-server, fungsi server sangat penting karena harus melayani banyak klien dalam waktu yang bersamaan.

Tugas server seperti ini bisa dikategorikan sebagai tugas yang berat. Oleh karena itu, spesifikasi hardware-nya harus mumpuni dan dirancang khusus.

Komputer server harus didukung dengan prosesor yang sifatnya scalable dan memiliki ukuran RAM yang besar. Selain itu, komputer harus dilengkapi dengan sistem operasi khusus yang memudahkan. Sistem operasi ini disebut dengan Network Operating System.

2. Router

Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk paket data sebagai penghubung antar jaringan melalui sebuah proses yang bernama routing. Dalam desain topologi jaringan komputer, router amat sangat dibutuhkan dan sifatnya sangatlah kompleks.

Router juga terdiri dari beberapa terminal yang saling terhubung. Dengan adanya router, komputer-komputer ini tetap dapat berinteraksi, meski terminalnya berbeda-beda.

3. Switch atau Hub

Switch digunakan untuk menghubungkan satu atau lebih komputer sekaligus, karena memang fungsinya adalah sebagai konektor. Sehingga, semua komputer yang terhubung dengan switch bisa saling berkomunikasi.

Switch bisa dikatakan serupa dengan Hub. Perbedaannya hanyalah pada besaran luas jaringan yang dapat dikerjakan dan ukuran kecepatan transfer datanya.

Switch memiliki tugas lain, yaitu mengatur distribusi data dan mencegah data yang dikirimkan atau diterima dapat saling bertabrakan.

4. Wireless Card

Perangkat jaringan komputer yang satu ini juga sangat wajib digunakan apabila ingin terhubung ke jaringan nirkabel. Wireless Card merupakan sebuah “kartu” yang berfungsi sebagai jembatan dari satu komputer ke suatu jaringan komputer.

Komputer model terbaru sudha dilengkapi dengan Wireless Card langsung pada hardware-nya. Jika komputer Anda belum memilikinya, Anda bisa menambahkan perangkat ini sendiri pada komputer Anda.

5. LAN Card

Definisi LAN Card adalah salah satu hardware atau perangkat keras antarmuka dalam sebuah sistem jaringan komputer. Fungsinya adalah untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet dengan menggunakan kabel LAN.

Artinya, untuk menghadirkan koneksi pada sebuah komputer dengan jaringan komputer, dibutuhkan sebuah LAN Card.

Komputer keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan LAN Card, namun komputer keluaran lama biasanya tidak dilengkap dengan LAN Card. Anda juga bisa memasangkan LAN Card tambahan dengan menggunakan slot ISA atau PCI Express.

Macam-macam Jaringan Komputer

jenis jaringan komputer
pinterest.com

Ada cukup banyak macam-macam jenis jaringan komputer. Berikut ini adalah di antara jenis-jenis jarkom yang sering disebut-sebut dan penting untuk diketahui oleh Anda, yaitu:

1. Internet

Internet merupakan salah satu jaringan komputer yang sudah tidak asing lagi hadir di tengah-tengah manusia. Jaringan komputer yang satu ini merupakan yang terbesar yang pernah dibuat oleh manusia yang mampu menghubungkan lebih dari jutaan perangkat komputasi, seperti PC, laptop, smartphone, CCTV, dan lain sebagainya.

Bayangkan saja, untuk menghubungkan seluruh perangkat ini, ada banyak infrastruktur berikut teknologi yang perlu dibangun. Sayangnya, selain memudahkan banyak orang, keterbukaan jaringan internet membuatnya tidak aman.

2. Virtual Private Network (VPN)

Banyaknya pemblokiran yang dilakukan pemerintah membuat banyak orang semakin mengenal istilah VPN. VPN bisa dikatakan salah satu solusi jaringan komputer yang cukup aman.

VPN membuat jalur yang lebih aman pada jaringan internet dan bisa digunakan juga untuk transmisi data. Cara kerja VPN, misalnya ada dua kantor pada suatu perusahaan, yaitu di Jogja dan Jakarta. Kedua perusahaan tersebut menggunakan VPN untuk menggabungkan kedua kantor.

3. Local Area Network (LAN)

Berbeda dengan dua jaringan sebelumnya, LAN bekerja untuk menghubungkan perangkat jaringan yang relatif lebih pendek.

Misalnya, dalam satu gedung perkantoran biasanya memiliki satu LAN, meski kadang juga berisi beberapa LAN per satu ruangan. Selain beroperasi dalam ruangan yang lebih terbatas, LAN juga bisa dikendalikan dan dikelola oleh perorangan atau suatu kelompok.

5. Metropolitan Area Network (MAN)

Istilah yang satu ini mungkin belum banyak yang mengenalnya. MAN adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN.

Misalnya, jarak yang menghubungkan dua LAN sudah tidak mungkin dilakukan atau tidak sampai, maka untuk menjembatani keduanya, dipasangkanlah MAN. Bisa dikatakan, cakupan MAN lebih besar dari LAN, namun lebih kecil dari WAN.

6. Wide Area Network (WAN)

Dari namanya saja sudah dapat disimpulkan, bahwa jangkauan WAN lebih besar dibandingkan LAN dan MAN. WAN juga bisa dikatakan sebagai kumpulan LAN yang disebar secara geografis.

LAN dihubungkan ke WAN dengan menggunakan perangkat jaringan yang kita kenal sebagai router. Sebagian besar WAN, berada di bawah pengelolaan kolektif.

7. Personal Area Network (PAN)

PAN serupa dengan LAN yang cakupan wilayahnya lebih kecil, misalnya sebatas rumah atau satu ruangan ruangan kantor. Selain untuk internet, jenis jaringan komputer yang satu ini biasanya digunakan untuk printer.

8. Campus Area Network (CAN)

CAN serupa dengan MAN, hanya saja penggunaannya lebih terbatas. Sesuai dengan namanya, CAN hanya digunakan khusus universitas atau suatu akademi.

Jaringan ini memang sengaja disiapkan untuk aktivitas pendidikan, seperti praktik lab, ujian, pemberitahuan kampus, pembaharuan kelas, dan lain sebagainya.

Topologi Jaringan Komputer

topologi jaringan komputer
monitorteknologi.com

Bagi awam, istilah topologi jaringan komputer mungkin agak asing. Istilah ini mengacu pada suatu konsep atau bentuk yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih yang didasarkan oleh hubungan geometris antara masing-masing unsur jaringan secara struktural.

Bentuk-bentuk ini tidak selalu sesuai dengan tata leta fisik yang sebenarnya, melainkan memiliki beberapa desain tertentu, seperti:

1. Topologi Bus

Jenis topologi yang satu ini paling banyak diaplikasikan hingga kini. Ia mengandalkan satu kabel sepaksi sebagai tulang punggung untuk menghubungkan antara kabel komputer yang satu degan yang lainnya di mana pada ujungnya harus diakhiri dengan terminator.

Kekurangannya adalah kabel sepaksi harus sesuai. Sebab, jika tidak, maka akan merusak Network Interface Card (NIC) yang dapat mengurangi kinerja jaringan.

2. Topologi Linier

Topologi linier sering juga disebut topologi bus beruntut. Bedanya, jenis ini hanya bisa digunakan oleh maksimal 7 komputer dan membutuhkan tambahan repeater untuk transmisi dengan jarak jauh. Sama seperti topologi bus, topologi yang satu ini juga relatif sederhana dan hemat biaya.

3. Topologi Cincin

Topologi cincin dibuat dengan cara menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dan digabungkan dengan satu server, sehingga bentuknya terlihat melingkar seperti cincin.

Setiap titik station berperan sebagai penguat sinyal atau repeater, sehingga data yang dikirimkan bisa diterima secara utuh oleh komputer yang lainnya.

4. Topologi Bintang

Topologi bintang dipasangkan menggunakan Hub sebagai penghubung masing-masing komputer. Hub juga digunakan sebagai pengatur distribusi data ke masing-masing komputer.

Sehingga, kabel jaringan tidak terhubung antar komputer, berbeda dengan kebanyakan desain topologi. Dengan menggunakan topologi jenis ini, resiko tabrakan data dapat diantisipasi.

5. Topologi Pohon

Topologi pohon adalah penggabungan antara topologi bus dengan topologi bintang. Jadi, desain topologi bintang yang disatukan ke dalam satu kabel tulang punggung seperti yang digunakan pada topologi bus

7. Topologi Jala atau Mesh

Topologi jala adalah sebuah desain jaringan yang setiap komputer terhubung langsung ke semua komputer di dalam satu jaringan. Namun, bentuknya tidak seperti topologi cincin, karena topologi jala masih memungkinkan untuk dua komputer komunikasi secara langsung tanpa perantara dari komputer lain.

Dengan menggunakan topologi jala, pertukaran data antar komputer menjadi lebih cepat. Selain itu, kerusakan pada salah satu jalurnya juga tidak akan mengganggu jalur yang lain seperti pada jenis topologi cincin.

Demikianlah materi mengenai jaringan komputer, mulai dari pengertian jaringan komputer, sejarah, manfaat, hingga macam-macam jenis perangkat yang dibutuhkannya. Penting bagi kita memahami tentang ini semua pada era digital seperti saat ini.

Sebab, hal ini sangat berguna untuk berbagai dan memberikan informasi, serta untuk melancarkan komunikasi antar manusia di seluruh dunia agar terus terkoneksi.

Artikel Terkait:

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *