Apa Itu Denuvo Protection dan Kenapa Tidak Semua Gamer Menyukainya

Tisucoding.com – Apa itu Denuvo Protection dan kenapa tidak semua gamer menyukainya? Denuvo merupakan merek dari DRM (Digital Rights Management) yang dikembangkan oleh Denuvo Software Solutions. Denuvo merupakan program atau software anti pembajakan yang mampu mempersulit pembajakan game terjadi.

Kenapa mempersulit bukan mencegah? Tidak ada program anti pembajakan yang sempurna dan mampu membuat game tidak bisa dibobol.

Denuvo mampu memperlambat terjadinya pembajakan sebuah game. Jika program ini sebenarnya baik, kenapa para gamer tidak menyukainya? Temukan jawabannya di sini.

Apa Itu Denuvo Protection pada Game PC?

Apa Itu Denuvo Protection

Apa itu pengertian Denuvo pada game PC? Denuvo adalah program anti pembajakan yang diintegrasikan ke dalam game PC.

Denuvo dimasukkan ke dalam kode permainan dan akan bekerja setiap game dimainkan. Denuvo menjamin upaya pembajakan game PC yang akan dilakukan menjadi sangat sulit dan lama.

Denuvo mengklaim menghentikan reverse engineering dan debugging yang diperlukan untuk membajak game PC.

Adanya Denuvo bertujuan membuat game semakin sulit untuk dibajak dan membuat pembajak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa membobolnya serta mendistribusikannya dengan bebas.

Seberapa Kuat Denuvo?

Ada satu hal yang pasti mengenai program anti pembajakan apapun, yaitu pembajakan tidak mungkin tidak bisa dilakukan.

Ketika muncul program anti pembajakan Denuvo, pertanyaan yang banyak muncul adalah seberapa ampuh Denuvo mengantisipasi aksi pembajakan yang semakin hari semakin niscaya terjadi.

Denuvo ternyata terbukti mampu membuat proses pembajakan menjadi tidak semudah dan secepat sebelumnya.

BACA JUGA  PENGERTIAN TELEVISI: Fungsi, Perkembangan dan Sejarah Penemu Televisi

Banyak laporan mengindikasikan bahwa Denuvo mampu membuat pembajakan dilakukan dalam waktu yang sangat lama. Beberapa game baru berhasil dibajak dalam waktu lebih dari 3 bulan.

Dalam 3 bulan sebelum game dibajak, para pemain game bajakan sangat mungkin untuk tidak mau menunggu dan “terpaksa” membeli game.

Hal tersebut sangat disukai pengembang dan penjual game. Hal tersebut juga merupakan hal yang memang diniatkan dan diharapkan terjadi setelah Denuvo dibuat.

Denuvo dirilis di tahun 2014 silam, apakah program tersebut masih ampuh di 2022? 8 tahun setelah Denuvo dirilis, game denuvo crack memang bisa ditemukan.

Namun, rata-rata game Denuvo yang berhasil dibajak tersebut bisa didapatkan dalam waktu yang berbulan-bulan setelah game orisinalnya dirilis.

Apa Respons Gamer dan Pengembang Game soal Denuvo?

Setelah mengetahui apa itu Denuvo Protection dan kemampuannya, saatnya melihat respons dari para gamer PC dan pengembang game PC.

1. Tidak Semua Gamer Menyukai Denuvo

Pemain game PC bajakan jelas tidak akan menyukainya, tetapi di sini yang dibicarakan bukan mereka. Denuvo yang berjalan ketika game dimainkan ternyata berdampak pada performa permainan. Game Denuvo berjalan lebih lambat dan membutuhkan sistem yang lebih baik melebihi sistem minimum game.

Memang, ada perdebatan yang memunculkan opini bahwa dampak Denuvo pada performa bukan karena Denuvo tetapi karena pengembang game tidak tahu cara menggunakannya. Apapun itu, pihak pengembang harus terus mengembangkan Denuvo agar dampaknya pada performa semakin rendah.

2. Pengembang Game Menyukai Denuvo

Masalah pada performa tidak akan menghentikan para pengembang game untuk menyertakan Denuvo pada game yang dikembangkannya.

Pertimbangannya tentu saja adalah mereka akan mendapatkan uang lebih banyak dengan Denuvo. Pembajakan bisa dihambat dan berarti semakin banyak orang beli game ori.

BACA JUGA  Pengertian Kapal: Jenis-Jenis Kapal Hingga Sejarah Kapal

Kendati disukai pengembang, tidak semua menggunakan Denuvo, contohnya CD Projekt Red dengan game legendarisnya, The Witcher 3.

Mengetahui apa itu Denuvo Protection akan membuatmu memahami kenapa banyak game PC bajakan lama munculnya dan semakin sulit didapatkan “tepat waktu”.