Jangan Langsung Ganti, 5 Solusi Terbaik Mengatasi Mouse Tidak Bisa Scroll

Tisucoding.com – Scroll mouse yang tidak bekerja dengan baik, dari mulai lambat merespons sampai sama sekali mati bisa disebabkan oleh banyak hal. Mouse tidak bisa scroll akan menjadi masalah serius untuk kamu yang bergantung pada mouse ketika mengoperasikan komputer. Produktivitas kerja akan sangat terhambat.

Mouse yang tidak bekerja dengan baik terjadi pada jenis mouse nirkabel maupun dengan kabel. Masalah scroll mouse merupakan masalah yang umum terjadi.

Jika saat ini kamu mengalaminya, jangan langsung dicap rusak dan membeli yang baru. Beberapa solusi di sini bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Solusi Menyelesaikan Masalah Mouse Tidak Bisa Scroll

Mengatasi Mouse Tidak Bisa Scroll

Berikut 5 solusi jitu menyelesaikan masalah mouse tidak bisa discroll.

1. Cabut dan Hubungkan Kembali Mouse

Trik pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi scroll mouse error dan masalah lainnya adalah cabut dan hubungkan kembali mouse.

Untuk mouse nirkabel, cabut konektor USB dari PC/laptop. Tunggu beberapa saat dan sambungkan kembali. Biasanya Windows akan menginstal driver yang diperlukan.

Untuk mouse dengan kabel, cabut kabelnya kemudian sambungkan lagi ke PC/laptop. Jika sudah, cek kembali apakah masalah pada scroll mouse masih muncul atau tidak.

Pada banyak kasus, trik ini bekerja dengan baik dan mampu menyelesaikan masalah apapun yang terjadi pada mouse nirkabel/berkabel.

2. Ganti Port USB

Untuk pengguna mouse dengan USB baik berkabel atau tidak, coba pindahkan konektor mouse dari port USB yang biasa digunakan ke port USB lain di PC/laptop.

BACA JUGA  Pengertian Hardware, Software, dan Brainware

Bisa jadi port USB bermasalah sehingga berdampak pada buruknya performa mouse. Trik ini dilaporkan bisa menyelesaikan masalah pada mouse.

3. Ganti Baterai Mouse

Penyebab kenapa mouse tidak bisa scroll adalah baterai mouse yang sudah lemah. Baterai mouse yang sudah lemah akan memberi dampak yang signifikan pada kinerja mouse.

Dari mana kita bisa mengetahui baterai mouse habis? Caranya, coba kamu cabut baterai mouse dan gunakan baterai mouse yang baru.

Jika terjadi perubahan performa, maka dapat dipastikan baterai lemah adalah penyebabnya. Pada banyak kasus, baterai yang lemah berkontribusi besar buruknya performa mouse nirkabel.

Mouse dengan daya yang masih 30% masih mampu bekerja dengan baik. Di bawah itu, dipastikan lambat dan tidak responsif.

4. Bersihkan Mouse

Kapan terakhir kali kamu membersihkan mouse? Sekarang saatnya kamu membersihkan perangkat tersebut. Debu dan kotoran bisa mengakibatkan masalah untuk mouse termasuk di bagian scrollnya.

Terlebih jika mouse pernah tersiram air atau zat asing lainnya. Maka dari itu, pembersihan harus dilakukan.

Untuk membersihkan mouse, siapkan tisu atau lap. Bersihkan bagian permukaan mouse termasuk di bagian scroll. Tiup atau hembuskan nafas tajam pada roda scroll.

Kamu juga bisa menggunakan air compressor. Hilangnya debu dan kotoran pada mouse bisa membuat kinerjanya menjadi lebih optimal.

5. Update Driver Mouse

Cara menyelesaikan masalah mouse tidak bisa scroll selanjutnya adalah melakukan update driver mouse. Driver mouse yang bermasalah, terkorupsi, atau tidak dipasang dengan baik harus diperbaiki.

Perbaikan pada driver mouse tersebut bisa dilakukan dengan melakukan update driver mouse di PC/laptop.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengupdate driver mouse melalui Device Manager Windows.

  • Tekan tombol Windows + X di keyboard.
  • Klik Device Manager.
  • Klik Mice and other pointing devices.
  • Pada perangkat mouse yang digunakan, klik kanan.
  • Kemudian, pilih Update Driver.
  • Lakukan udate dan tunggu sampai prosesnya selesai.
BACA JUGA  6 Cara Mengatasi Error 0x80070057 Tanpa Bongkar Hardware Apapun

Pengguna laptop mungkin memiliki tingkat toleransi tinggi ketika mouse tidak bisa scroll sama sekali. Touchpad laptop bisa menggantikan peran mouse.

Hal berbeda dirasakan pengguna PC. Semua solusi di atas akan membuat kamu tidak gegabah dan langsung mengganti mouse rusak dengan mouse baru.