Ad Clicks : Ad Views :
Tisu Coding

Berbagi Pengetahuan

img
Home / Komputer / Penyebab dan Cara Mengatasi Modem Tidak Bisa Konek Internet

Penyebab dan Cara Mengatasi Modem Tidak Bisa Konek Internet

Di era modern seperti saat ini, kebutuhan akan internet memang tak bisa terelakkan. Salah satu device yang bisa menghubungkan kamu dengan internet adalah modem. Akan tetapi, ternyata banyak orang yang mengalami masalah berupa modem tidak bisa konek internet.

Nah, jika kamu juga sedang mengalami masalah tersebut, jangan terburu-buru membawa laptop atau PC milikmu ke tepat service. Ketahui dulu beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi modem tidak bisa connect internet yang akan dijelaskan di bawah ini.

Penyebab Modem Tidak Bisa Konek Internet

Fungsi utama modem sendiri adalah menghubungkan sebuah perangkat dengan jaringan internet. Jika hal itu tidak bisa dilakukan, berarti ada masalah yang terjadi. Penyebab dari masalah tersebut, kemungkinan karena beberapa hal berikut.

  • Modem yang digunakan memang sudah rusak.
  • PC atau laptop yang digunakan mengalami masalah.
  • Terdapat gangguan pada kartu seluler yang digunakan pada modem.
  • Terjadi kesalahan pada aplikasi atau pengaturan modem.

Sebelum memutuskan tindakan penanganan, memang diharuskan melakukan pengecekan terhadap masalah yang terjadi. Hal ini dilakukan agar nantinya kamu tidak salah melakukan penanganan yang justru menimbulkan kerusakan tambahan.

Tindakan Pengecekan Masalah pada Modem

Seperti yang sebelumnya sudah disampaikan, melakukan pengecekan itu sangat penting sebelum bertindak. Untuk mengecek masalah apa yang membuat modem tidak bisa konek ke internet, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Mencoba Modem Lain

Pertama, cobalah menggunakan modem lain, apakah modem yang lain tersebut bisa menghubungkan device dengan internet atau tidak. Jika tetap tidak bisa, maka masalah tersebut kemungkinan berasal dari PC atau laptop yang digunakan.

2. Mencoba Modem ke Device Lain

Kamu juga bisa coba menggunakan modem yang dimiliki ke device yang lain. Jika tetap tidak berfungsi, maka ada masalah pula pada modem tersebut. Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan terjadi masalah pada pengaturan atau driver bawaan modem.

3. Mencoba Kartu Seluler Lain

Jika jenis modem yang digunakan bukan berasal dari brand operator tertentu, kamu bisa mencoba menggunakan kartu seluler dari operator. Pasalnya kondisi trouble pada suatu operator, tentu saja membuat modem tidak bisa terhubung dengan koneksi internet.

4. Masalah pada Settings

Apabila beberapa cara di atas tidak juga membuahkan hasil yang baik dan modem masih tidak dapat terhubung dengan internet, kemungkinan besar masalah ini terjadi karena adanya kesalahan pada pengaturan atau settings modem.

Cara Mengatasi Modem Tidak Dapat Connect Internet

Jika sudah dilakukan pengecekan awal dan tidak juga terlihat masalah ini berasal dari mana, maka kamu bisa langsung melakukan perbaikan sendiri. Beberapa metode perbaikan modem yang bisa dilakukan sendiri, adalah sebagai berikut.

1. Install Ulang Driver Bawaan dari Modem

Metode pertama yang bisa kamu coba adalah dengan uninstall driver dan menginstalnya kembali. Istilah ini juga sering disebut dengan install ulang, dengan langkah-langkah seperti yang ada di bawah ini.

  • Langkah pertama, silahkan buka Local Disk C di PC atau laptop kamu.
  • Setelah itu, klik dan buka folder Program Files.
  • Dari banyaknya aplikasi yang muncul, silahkan cari folder ama driver modem yang digunakan. Biasanya, nama dari folder tersebut sama seperti merek modem.
  • Langkah berikutnya, cari ikon Uninstall dan klik dua kali pada ikon tersebut.
  • Jika proses uninstall sudah selesai, silahkan restart laptop atau PC.
  • Nah, sekarang buka lagi Program Files dan lihatlah apakah folder driver sudah hilang atau belum.
  • Jika sudah hilang, silahkan install ulang driver modem di lokasi yang sama seperti sebelumnya.

2. Ganti APN dengan APN Default

Terkadang mengganti APN memang dinilai membuat koneksi internet jadi lebih cepat. Namun APN yang sudah tidak berlaku, justru membuat modem tidak dapat konek internet. Oleh sebab itu, kamu perlu mengembalikannya dengan cara seperti berikut.

  1. Pertama, carilah dulu settingan APN default untuk kartu seluler yang digunakan. Kamu bisa menemukannya settingan APN default di internet, kok.
  2. Jika sudah, silahkan buka aplikasi modem yang ada di PC atau laptop.
  3. Setelah itu, buka menu Settings, lalu klik pada menu Settings Preferences.
  4. Di dalam menu tersebut, klik pada menu Profil Management.
  5. Nah, sekarang masukkan APN default pada pengaturan Profil Management.
  6. Terakhir, klik simpan dan coba koneksikan modem dengan internet.

3. Install Ulang Device

Jika masalah modem tidak bisa konek internet tersebut berasal dari device yang digunakan, maka tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain melakukan install ulang sistem operasinya. Ya, kerusakan pada OS sendiri memang sangat jarang terjadi.

Terlebih jika install ulang OS mengalami kegagalan, bisa saja berdampak buruk bagi device. Oleh sebab itu, jika kamu tidak tahu bagaimana cara untuk install ulang OS, sebaiknya mengunjungi tukang service komputer untuk meminta bantuan.

Masalah seperti modem tidak bisa konek internet ini memang sangat menjengkelkan, terlebih saat kita benar-benar membutuhkan internet. Semoga saja beberapa informasi yang dijelaskan di atas mampu membantumu untuk mengatasi masalah tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

It is main inner container footer text