7 Merk Joystick PC Terbaik

Joystick merupakan salah satu alat input komputer yang bentuk fisiknya menyerupai tongkat atau tuas yang dapat digerakkan ke segala arah.

Alat ini biasanya digunakan sebagai tuas kontrol yang dapat mempermudah saat bermain game. Seiring dengan kepopulerannya, semakin banyak perusahaan yang memproduksi joystick.

Variasinya pun bermacam-macam, misalnya beberapa joystick PC terbaik berikut ini.

Rekomendasi Merk Joystick Terbaik

Astro C40 TR

Harga Joystick Astro C40 TR

Astro C40 TR merupakan salah satu produk gamepad tercanggih yang diproduksi oleh Astro Gaming.

Controller ini memiliki rancangan modular sehingga memungkinkan pemiliknya untuk menerapkan layout seperti halnya gamepad Xbox.

Controller yang berlisensi resmi PlayStation  ini dibekali dengan kelengkapan seperti DualShock 4. Pada controller ini, Anda akan menemukan touchpad, tombol trigger, dan lain-lain.

Ada pula switch trigger stop berwarna merah di mana fungsinya untuk mengatur jarak tarikan tombol pelatuk agar lebih pendek serta sensitif sehingga lebih ideal untuk memainkan game-game shooter.

PowerA Spectra

Review Joystick PowerA Spectra

Di antara joystick PC terbaik, PowerA Spectra adalah salah satunya. Controller Wired Spectra Enhanced Wired ini memiliki desain serta nuansa yang mirip dengan controller Xbox One.

Meski begitu, harga controller ini lebih terjangkau dan ramah di kantong dibanding controller Xbox. Namun, walau harganya lebih rendah, sensasi bermain video game yang ditawarkan joystick ini tidak kalah dari controller Xbox.

Kekurangan yang paling menonjol dari controller atau gamepad ini adalah pada fitur wireless atau nirkabelnya.

Logitech Wireless F710

Joystick Logitech Terbaik

Logitech Wireless F710 adalah salah satu joystick PC terbaik besutan dari Logitech. Desain controller ini mirip seperti desain controller dari Sony untuk PlayStation, bahkan penempatan tombol-tombolnya pun mirip.

Namun, pemilihan warna untuk tombol-tombol controller ini justru mirip seperti controller dari Xbox.

Controller dari Logitech ini memiliki tombol-tombol layaknya konsol modern, yaitu memiliki satu d-pad 8 arah, empat action button, dua shoulder trigger, dua shoulder button, satu button home, back, dan start, serta dua analog stick yang dapat berfungsi sebagai clickable button.

Di bagian tengah  yang dekat dengan tombol home, back, dan start, ada dua button tambahan yang digunakan untuk mode selector dan vibration control.

Dengan menggunakan Gamepad, maka pengalaman bermain menjadi lebih menyenangkan, terutama jika Anda merupakan penggemar game jenis balapan, action, ataupun tembak-tembakan.

D-pad dan analog stick-nya juga memiliki respon yang cukup baik serta nyaman digunakan.

Namun, posisi shoulder button/trigger yang terlalu jauh dari d-pad dan analog stick membuat gamepad ini kurang nyaman saat digunakan untuk memainkan game-game fighting dan sports yang membutuhkan kombinasi shoulder button atau shoulder trigger dan pergerakan analog stick dengan cepat.

Xbox One Controller for Windows

rekomendasi pc terbaru

Xbox One Controller for Windows awalnya merupakan controller khusus untuk konsol Xbox One. Namun, controller ini juga dapat digunakan untuk memainkan game di PC.

Untuk joystick jenis ini dijual bebas dengan berbagai bundling, mulai dari hanya joystick-nya saja, atau dengan tambahan USB beserta adapter untuk PC yang bisa digunakan untuk bermain secara wireless.

Beberapa kelebihan dari controller ini adalah penggunaannya tidak memerlukan software button mapping.

Oleh karena itu, controller ini dapat digunakan secara langsung hanya dengan menghubungkan PC dengan controller menggunakan USB tanpa perlu menginstal driver.

Selain itu, kelebihan lain dari Xbox One Controller for Windows ini adalah kabel USB-nya yang cukup panjang kurang lebih 2 meter.

Selain kelebihan, controller ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak dilenggkapi dengan bluetooth.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan controller ini untuk main game secara wireless, Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk membeli USB wireless adaptor for PC.

Razer Wolverine Ultimate Chroma

review Razer Wolverine Ultimate

Sebagai salah satu joystick PC terbaik, Razer Wolverine Ultimate Chroma menawarkan banyak kelebihan, seperti chroma pada controller, tombol yang responsif, serta macro button yang dapat di-custom.

Namun, controller ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak mendukung wireless, thumbsticks yang memiliki duplikat, serta harganya yang mahal.

Sony Dualshock 4

Harga Joystick Sony Dualshock

Sony Dualshock 4 merupakan perangkat controller terbaik yang dimiliki Sony hingga saat ini. Joystick yang berupa stik analog taktil ini didesain agar nyaman digunakan serta memiliki daya tahan yang cukup kuat.

Namun, controller ini juga memililki beberapa kekurangan, salah satunya tombol bahu yang terbuka sehingga lebih mudah tergores atau terbentur.

Selain itu, controller ini juga memiliki karet pada bagian batang analog di mana warna karetnya cenderung luntur jika digunakan dalam waktu lama.

SteelSeries Stratus

daftar joystick PC terbaik

SteelSeries Stratus merangkum banyak tombol dalam satu controller mungil. Controller ini mampu terhubung pada perangkat terkini seperti iPhone, iPad, dan iPod Touches dengan menggunakan bluetooth.

Namun, controller ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Leave a Comment