Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

15+ Manfaat Jaringan Komputer Secara Umum

3 min read

Manfaat jaringan komputer
Apa saja sih manfaat jaringan komputer secara umum, bagi perusahaan ataupun bagi siswa sekolah. Simak penjelasan berikut ini.

Tisucoding.com – Sebagai perangkat yang berfungsi untuk mengolah data, komputer memiliki jaringan yang memungkinkan penggunanya untuk saling bertukar data. Artinya, manfaat jaringan komputer sangat banyak.

Contoh jaringan komputer adalah Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Teknologi internet yang kini semakin banyak digunakan juga termasuk jaringan komputer paling luas yang pernah ada.

Beberapa Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat Secara Umum/Personal

Jaringan komputer dapat memfasilitasi penggunanya untuk saling bertukar data dengan mudah tanpa perlu saling bertatap muka. Manfaat jaringan komputer secara umum atau personal adalah sebagai berikut.

1. E-mail

manfaat email
drivenhype.com

Surat elektronik atau yang lebih dikenal dengan nama e-mail merupakan salah satu manfaat secara personal yang dapat diperoleh dari jaringan internet. Seperti namanya, e-mail memfasilitasi penggunanya untuk saling bertukar surat atau pesan tanpa mengandalkan surat fisik.

Kini, penggunaan e-mail semakin luas berkat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat.

2. Social media

Social media merupakan salah satu manfaat jaringan komputer atau lebih tepatnya jaringan internet yang banyak dirasakan oleh masyarakat.

Dengan adanya social media, orang dapat berinteraksi dengan orang lain secara online serta dapat saling berbagi informasi atau berita terbaru.

3. Chatting

Selain social media, chatting juga termasuk manfaat jaringan internet yang dapat dirasakan oleh penggunanya. Jika dahulu orang hanya dapat bertukar pesan menggunakan layanan SMS yang disediakan provider, kini bertukar pesan semakin mudah dengan hadirnya berbagai aplikasi chatting

. Layanan ini lebih digemari dibanding SMS salah satunya karena biaya yang dibutuhkan relatif lebih murah.

4. E-commerce

E-commerce dan jaringan komputer
amazonaws.com

E-commerce merupakan proses transaksi seperti jual-beli yang dilakukan secara digital/elektronik. Selain social media, e-commerce banyak dimanfaatkan oleh online shop. E-commerce juga dapat digunakan untuk memesan tiket transportasi, makanan, minuman, booking hotel dan lain-lain.

5. Mencari informasi khusus

Tidak semua informasi dapat diperoleh dari buku yang tersedia, terutama bagi pelajar. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan adanya jaringan komputer atau internet.

Dapat digunakan untuk mencari informasi khusus adalah manfaat dari jaringan komputer yang juga sangat dirasakan oleh masyarakat di era digital.

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, jaringan komputer atau internet juga memiliki manfaat lain secara umum seperti layanan video call dan video conferences, internet telephone, update berita dan perkembangan informasi dari seluruh dunia, forum dan milis.

Manfaat Bagi Perusahaan

Selain dapat dirasakan secara umum atau personal, manfaat jaringan komputer juga dapat dirasakan dalam lingkup perusahaan.

1. Mempermudah sharing files

sharing files mudah
fossbytes.com

Adanya jaringan komputer dalam lingkup perusahaan dapat mempermudah sharing files atau dokumen perusahaan yang perlu dilihat atau dibagikan dalam lingkup perusahaan.

Dengan adanya jaringan komputer, proses sharing file menjadi lebih cepat dan mudah karena dapat dikirimkan melalui jaringan komputer dalam sekejap.

2. Menjaga data rahasia

Jaringan komputer, terutama jaringan lokal atau LAN juga bermanfaat untuk menjaga data-data yang bersifat rahasia dalam suatu perusahaan.

Hal ini dapat dilakukan karena jaringan LAN hanya dapat diakses oleh komputer yang terhubung pada jaringan tersebut. Artinya, komputer yang tidak terhubung dengan jaringan LAN tidak dapat membuka atau mengakses data.

3. Mempermudah komunikasi antar divisi

Adanya jaringan komputer dalam perusahaan juga dapat mempermudah komunikasi antar divisi. Dengan menggunakan jaringan lokal atau LAN, komunikasi antar divisi misalnya bertukar memo atau catatan penting dapat dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa harus berpindah tempat.

Cukup dengan mengetik catatan penting yang ingin dikirimkan kemudian mengirimkannya pada alamat yang dituju.

4. Mempercepat arus informasi

fungsi jaringan komputer
lintasarta.net

Jaringan komputer dapat mempercepat arus informasi. Arus informasi yang bertambah cepat akan membantu perusahaan, organisasi atau instansi untuk meningkatkan kinerja.

Meningkatnya kinerja suatu perusahaan tentunya akan berdampak positif bagi kelangsungan organisasi atau perusahaan tersebut.

5. Mempermudah akses data ke dalam server

Jaringan komputer membutuhkan server untuk menjadi sistem yang menyajikan data utama dari sebuah organisasi atau perusahaan.

Dengan adanya server, siapapun dalam lingkup perusahaan yang membutuhkan data penting akan dapat mengaksesnya dengan lebih mudah.

6. Menghemat biaya

Membangun jaringan komputer dalam sebuah organisasi, instansi atau perusahaan membutuhkan biaya yang cenderung tinggi dan sangat mahal.

Namun, harga tersebut sebanding dengan manfaat jaringan komputer yang bisa didapatkan. Dengan adanya jaringan komputer, sharing data dapat dilakukan dengan mudah dari kantor pusat ke kantor cabang tanpa harus mengeluarkan biaya perjalanan.

Manfaat Bagi Siswa

Perkembangan teknologi terutama jaringan komputer dapat memberikan banyak sekali manfaat di bidang pendidikan. Sebagai salah satu elemen dalam bidang pendidikan, siswa pun dapat merasakan manfaat tersebut.

1. Pembagian ilmu menjadi merata

ilmu menjadi merata
citynews1130.co

Salah satu keuntungan menggunakan jaringan komputer yang dapat dirasakan oleh siswa adalah pembagian ilmu menjadi merata.

Dengan adanya komputer dan jaringannya, guru atau pengajar masa kini membagikan ilmu menggunakan fasilitas komputer dan proyektor untuk memperlihatkan softfile yang berisi materi.

Siswa pun dapat meminta softfile materi tanpa harus mencatat.

2. Ujian lebih akurat dan cepat

Manfaat lain dari jaringan komputer atau internet dalam bidang pendidikan adalah ujian menjadi lebih akurat dan cepat.

Tidak seperti ujian dengan menggunakan kertas yang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan hasilnya, ujian dengan menggunakan komputer hasilnya dapat diketahui dengan cepat. Selain itu, tingkat keakuratan ujian menggunakan komputer juga cukup tinggi.

3. Mempermudah pendataan

manfaat jaringan komputer
analyticsinsight.net

Pendataan atau administrasi siswa akan semakin mudah dengan adanya jaringan komputer. Contohnya adalah pendaftaran sekolah atau universitas secara online. Dengan adanya metode pendaftaran secara online, siswa tidak harus datang secara langsung hanya untuk melakukan pendaftaran.

Selain itu, jaringan komputer juga memungkinkan siswa untuk melihat hasil belajarnya termasuk remedial dengan cepat dan efisien.

Khusus untuk mahasiswa, adanya jaringan komputer membuat pengambilan atau penambahan mata kuliah, praktek lapangan, maupun hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan kemahasiswaan menjadi lebih cepat dan mudah.

5. Media mengirim file dan diskusi

Adanya jaringan komputer membuat ujian dapat dilakukan secara online tanpa bertatap muka secara langsung. Artinya, jaringan komputer juga dapat digunakan sebagai media untuk mengirim file.

Dengan jaringan komputer, metode mengumpulkan tugas yang awalnya hanya dapat dilakukan dengan versi cetak, kini dapat dilakukan dalam bentuk digital melalui e-mail.

Selain mempermudah dalam pengiriman tugas, jaringan komputer juga memungkinkan siswa atau mahasiswa untuk berkonsultasi dengan pengajar dari jarak jauh.

6. Media pengenalan sekolah dan perguruan tinggi

Komputer dan jaringannya juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi bagi sekolah dan perguruan tinggi. Dengan jaringan komputer, sekolah atau perguruan tinggi dapat menunjukkan profilnya kepada calon murid atau mahasiswa tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Dari uraian di atas, telah jelas bahwa manfaat jaringan komputer sangat banyak dan dapat dirasakan oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari masyarakat umum, siswa hingga perusahaan, karena merekan telah melakukan pemanfaatan secara baik.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *