Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Macam Macam Web Browser

4 min read

Macam macam web browser
Rekomendasi daftar macam macam web browser terbaik, ringan dan tercepat untuk PC, Laptop dan Android. Langsung saja download program dan software browser disini

Macam Macam Web Browser – Di era digital seperti sekarang, internet bukan lagi barang langka. Hampir semua tempat sudah dapat menikmati internet dengan bantuan web browser.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan web browser? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang web browser, fungsi, serta jenisnya, simak ulasan di bawah ini!

Pengertian Web Browser

pengertian web browser
suara.com

Saat akan menjelajah internet, seseorang membutuhkan web browser. Secara harfiah, web browser atau website browser berarti media penjelajah atau alat yang digunakan untuk menjelajah halaman situs website di internet.

Secara umum, web browser dapat diartikan sebagai aplikasi yang dapat menjelajah, mengambil serta menyajikan konten yang ada di jaringan internet (world wide web atau www) dari berbagai sumber.

Selain dapat diartikan sebagai aplikasi, web browser juga dapat diartikan sebagai perangkat lunak atau software yang memiliki kemampuan untuk mengakses, menerima serta menyajikan informasi yang ada pada jaringan internet.

Web browser memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi sumber informasi dengan pengidentifikasian sumber seragam yang berupa halaman website, gambar, video maupun jenis konten lainnya.

Fungsi Web Browser

Fungsi Web Browser
klimg.com

Dari pengertian web browser yang telah dijelaskan, dapat diketahui bahwa web browser memiliki banyak fungsi. Berikut ini uraian tentang fungsi web browser.

  1. Membuka halaman website

Fungsi web browser yang paling utama adalah untuk membuka halaman suatu website di internet. Dengan web browser, pengguna internet akan diarahkan langsung ke alamat website yang diinginkan.

  1. Mendukung permintaan data

Ada banyak informasi yang dapat diperoleh dari jaringan internet. Selain dapat diakses secara langsung, data atau informasi tersebut juga dapat disimpan jika dibutuhkan.

Adanya web browser mendukung aktivitas permintaan data tersebut, memungkinkan penggunanya untuk menyimpan atau mengunduh konten dari internet ke perangkat.

  1. Mendukung penggunaan mesin pencari

Search engine atau mesin pencari adalah bagian tak terpisahkan dari web browser. Mesin ini dapat mempermudah pengguna internet untuk mencari informasi atau data di dalam jaringan internet dengan menggunakan kata kunci.

  1. Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan

Selain membantu pengguna untuk membuka halaman website, web browser juga berfungsi untuk mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan website. Seluruh data yang ada pada sebuah website akan dikumpulkan web browser.

Web browser dapat menampilkan konten dalam berbagai bentuk mulai dari teks, gambar, audio maupun video pada laman website. Dengan menggunakan web browser saat berselancar di internet, tampilan website akan tampak lebih baik.

  1. Memastikan keamanan suatu website

Selain beberapa fungsi di atas, web browser juga memiliki fungsi lain, yaitu memastikan apakah suatu alamat website aman atau berbahaya saat diakses pengguna.

Masalah keamanan saat browsing di internet ini sangat penting karena ada cukup banyak website yang terjangkit malware atau bahkan sengaja dipasang software tertentu.

Software tertentu tersebut jauh dari kata ‘aman’ karena fungsinya adalah untuk mencuri data pengguna internet.

Di sinilah peran web browser sebagai penjaga keamanan selama browsing karena umumnya, web browser melakukan proses verifikasi atau authentification untuk memastikan keamanan suatu website.

Macam-macam Web Browser Terbaik

1. Chrome

Chrome Browser Terbaik
termasmedia.com

Di antara banyaknya web browser yang ada, Chrome adalah salah satu yang paling populer. Chrome dikembangkan menggunakan mesin rendering WebKit, yaitu sebuah mesin layout yang didesain sedemikian rupa agar penggunanya dapat merender halaman web.

Sebagai web browser yang dikembangkan oleh perusahaan internet terbesar di dunia, Chrome menjadi salah satu web browser yang paling banyak digunakan.

Web browser besutan Google ini digunakan oleh setidaknya 60% pengguna internet yang tersebar di seluruh dunia. Dan Chrome merupakan browser paling aman untuk pc dan android.

Langsung saja download chrome disini.

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox Tercepat
howtogeek.com

Selain Chrome, web browser lain yang populer dan banyak digunakan adalah Mozilla Firefox. Web browser yang bagus ini bersifat lintas platform bebas dan terbuka di mana pengembangannya dilakukan oleh Yayasan Mozilla bersama ratusan sukarelawan.

Walau tidak sepopuler Chrome, web browser Mozilla Firefox tetap populer dan banyak diminati. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pengguna web browser yang satu ini hingga menjadi web browser yang paling banyak digunakan kedua di dunia setelah Chrome.

3. Chromium

Chromium Browser
nesabamedia.com

Memiliki nama yang mirip dengan Chrome, Chromium merupakan open-source web browser terbaik untuk PC yang dikembangkan serta dikelola oleh The Chromium Project. Web browser ini juga dapat dijalankan di multiplatform seperti halnya Crome.

Sebagai open-sourceweb browser yang dapat  dikembangkan oleh siapa saja, Chromium bebas diutak-atik oleh siapa saja untuk dijadikan browser versi sendiri.

Namun, kebebasan pengembangan ini membawa masalah, yaitu ada beberapa Chromium yang secara tidak sengaja mengandung malware di dalamnya.

Chromium yang mengandung malware dapat dipastikan bukan Chromium yang dirilis secara resmi, melainkan hasil modifikasi orang lain.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk hati-hati jika Anda menggunakan Chromium sebagai browser default baik di perangkat smartphone android, PC atau laptop.

4. Puffin

Puffin Web Browser
scitechdaily.com

Di antara macam-macamweb browser, Puffin adalah salah satunya. Puffin adalah web browser yang memiliki keunggulan dan kecepatan dalam mendukung flash.

Web browser ini dikembangkan oleh CloudMosa dan keunggulannya membuat pengguna dapat melihat video sekaligus bermain game flash langsung di jendela web browser tanpa masalah berarti.

Dengan web browser ini, pengguna internet dapat merasakan kecepatan mengakses informasi di internet dalam bentuk multimedia.

5. Opera

opera mini browser
pinimg.com

Opera adalah salah satu web browser sekaligus perangkat lunak internet antar-platform yang didesain untuk menjelajah internet dengan cepat.

Hal ini menjadi kelebihan Opera, membuat web browser yang satu ini banyak digunakan oleh pengguna dengan mobilitas tinggi.

Aplikasi browser terbaik ini terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk internet, yaitu peramban web atau web browser serta perangkat lunak untuk membaca maupun mengirim surat elektronik. Web browser ini dikembangkan oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia.

6. TOR

TOR Web Browser
gadgets360cdn.com

TOR adalah akronim dari The Union Router, sebuah web browser dalam bentuk aplikasi atau software yang dapat digunakan untuk browsing seperti halnya Chrome, Opera dan Mozilla Firefox. Namun, ada yang berbeda dari web browser yang satu ini.

Tidak seperti web browser yang lain, TOR dibuat serta dioptimalkan untuk menjaga privasi dan keamanan pengguna. Web browser ini mengutamakan sistem anonim sehingga keamanan pengguna lebih terjamin.

Basic TOR adalah Mozilla Firefox yang kemudian sistemnya diperbaiki oleh beberapa orang hingga mendapatkan proteksi keamanan yang lebih tinggi.

7. UC Browser

UC Browser
amazonaws.com

Selain beberapa web browser tercepat yang telah dibahas, masih ada web browser yang dikembangkan khusus di perangkat mobile seperti android.

UC Browser merupakan browser android ringan dan tercepat yang memiliki bentuk antarmuka yang sederhana namun tetap memiliki segala hal yang dibutuhkan untuk menjelajah internet.

Browser paling cepat ini, meski memiliki banyak kelebihan seperti dapat digunakan lintas platform, ukurannya yang kecil dan tidak membebani, serta kelebihan lainnya; UC browser tetap belum mampu menyaingi web browser lain yang sudah terlebih dahulu populer seperti Chrome dan Mozilla Firefox.

Itu tadi pembahasan mengenai web browser mulai dari pengertian, fungsi hingga macam macam web browser. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *