Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Macam-macam Jaringan Komputer: Fungsi, Gambar dan Penjelasannya

4 min read

macam macam jaringan komputer
Penjelasan secara detail mengenai macam-macam jaringan komputer, fungsi beserta gambarnya berdasarkan media transmisi dan jangakauan geografis.

Tisucoding.com – Pengertian jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa perangkat komputer yang terhubung menjadi satu dan digunakan untuk membagi informasi atau data antara perangkat satu dengan yang lainnya.

Tujuan dari jaringan komputer sendiri adalah agar data atau suatu informasi yang dibawa oleh si pengirim atau transmitter bisa diterima dengan baik oleh receiver.

Dan dalam membuat sebuah jaringan komputer, komponen switch dan router akan menggunakan berbagai protokol dan algoritma dalam memberikan informasi dan membawa data ke host yang diinginkan.

Jaringan komputer pun dapat dibuat dengan 2 metode, yaitu metode kabel dan metode wireless (nirkabel). Untuk jaringan komputer metode kabel membutuhkan beberapa komponen kabel seperti optical fiber hingga kabel tembaga, sedangkan jaringan wireless menggunakan koneksi data wireless.

Terdapat macam-macam jaringan komputer yang dapat Anda gunakan, seperti berikut ini.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografis

1. PAN (Personal Area Network)

jenis jaringan komputer

Jenis jaringan komputer pertama yang akan dibahas adalah PAN (Personal Area Network). PAN biasanya digunakan sebagai jaringan komunikasi antar perangkat komputer dengan jarak yang tidak terlalu jauh, hanya dalam rentang beberapa meter saja.

PAN adalah access point ke seluruh perangkat pribadi yang dapat terhubung ke jaringan internet, seperti komputer, HP, hingga sistem keamanan rumah berbasis data.

Karena memiliki sistem yang sederhana, fungsi dari jaringan PAN pun terbatas, yaitu hanya dapat menghubungkan beberapa perangkat komputer saja dan sebagai media komunikasi personal.

2. LAN (Local Area Network)

jaringan komputer lan

Macam-macam jaringan komputer yang selanjutnya adalah LAN. Seperti halnya jaringan PAN, jaringan LAN (Local Area Network) pun memiliki jangkauan jaringan yang relatif pendek.

Penggunaan LAN biasanya dapat ditemukan pada gedung perkantoran, sekolah atau rumah yang tidak membutuhkan jarkom dengan jangkauan yang luas.

Karena jangkauan yang terbatas, jaringan LAN biasanya dimiliki dan dikelola oleh satu user atau sebuah organisasi saja.

Walaupun memiliki jangkauan jaringan yang terbatas, jaringan LAN memiliki beberapa fungsi yang cukup membantu dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut adalah beberapa fungsi dari penggunaan jaringan LAN.

  • Dapat Menghubungkan Beberapa Perangkat Komputer

Anda dapat dengan mudah menghubungkan antara perangkat komputer satu dengan komputer lainnya baik dengan menggunakan komponen switch/hub atau menggunakan metode wireless (nirkabel).

  • Memudahkan dalam Memindahkan File ke Komputer Lainnya

Dengan menggunakan jaringan komputer LAN, Anda tidak perlu menggunakan perangkat tambahan seperti flashdisk, hardisk atau card reader untuk memindahkan sebuah file dari satu komputer dengan komputer lainnya.

Anda bisa menggunakan fitur sharing dengan bantuan jaringan LAN untuk memindahkan dokumen tanpa perlu menggunakan kabel data.

  • Menggunakan Printer Secara Bersamaan

Anda pun memungkinkan untuk memakai printer secara bersamaan dengan menggunakan jaringan LAN. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan setting ulang pada menu control panel di perangkat komputer yang digunakan.

3. CAN (Campus Area Network)

jaringan komputer can

CAN sendiri adalah sebuah jaringan hasil dari gabungan jaringan komputer LAN dengan jaringan komputer lainnya yang terhubung di area pendidikan.

Walaupun terbatas, jangkauan jaringan CAN lebih luas dibandingkan dengan jangkauan LAN karena dapat menjangkau beberapa gedung pada sebuah wilayah tertentu.

Adapun dibangunnya jaringan CAN memiliki tujuan sebagai berikut.

  • Mendukung kegiatan pendidikan yang terdapat pada lingkungan sekolahan, universitas dan akademi.
  • Meningkatkan fasilitas perangkat komputer yang dimiliki oleh sebuah instansi pendidikan agar dapat digunakan dengan bersama secara efisien.
  • Memberikan fasilitas untuk pihak instansi pendidikan tersebut agar informasi baik dari dalam maupun dari luar bisa didapatkan dan dibagikan secara cepat.

Terdapat 2 manfaat utama dari penggunaan jaringan CAN, yaitu pada faktor keamanan dan juga kecepatan. Untuk tingkat keamanan dari jaringan CAN cukup tinggi karena dikelola oleh sebuah tim/kesatuan, seperti tim IT.

Pihak yang mengelola jaringan CAN pun memiliki akses untuk memantau dan membatasi jaringan yang dimilikinya.

Untuk faktor kecepatan, jaringan CAN memiliki kecepatan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kecepatan internet pada biasanya. Hal ini disebabkan karena jaringan CAN menggunakan jaringan lokal saat proses komunikasinya.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

jaringan komputer man

MAN (Metropolitan Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN pada sebuah wilayah atau kota yang sama.

Jadi jika Anda ingin membuat sebuah jaringan LAN namun jaraknya cukup jauh, artinya Anda perlu menggunakan jaringan komputer MAN.

Jaringan komputer MAN hanya menggunakan satu atau dua kabel saja yang fungsinya untuk mengatur transmisi paket data dari kabel output yang terdapat di dalam kabel tersebut dan untuk karakteristik dari jaringan MAN dapat Anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

  • Jaringan MAN biasanya tidak dikelola atau dikendalikan oleh satu organisasi saja, jadi jaringan MAN dan peralatan penghubung lainnya dimiliki oleh sebuah konsorsium pengguna yang nantinya akan diperjualbelikan ke pengguna.
  • Jaringan MAN memiliki kecepatan yang cukup tinggi untuk sumber daya di sebuah daerah.
  • Jaringan MAN memiliki jangkauan koneksi yang lebih luas dibandingkan jaringan LAN, walaupun teknologi yang digunakannya hampir mirip.

5. WAN (Wide Area Network)

jaringan komputer wan

WAN (Wide Area Network) adalah sebuah jaringan komputer dengan kombinasi jaringan MAN dan jaringan LAN yang memiliki jangkauan lebih luas.

Jaringan komputer WAN dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan antar negara atau juga benua yang pada umumnya menggunakan kabel fiber optic yang ditanamkan di dalam tanah atau di bawah laut.

Jaringan WAN memiliki kemiripan dengan jaringan internet, hanya saja jaringan WAN masih menggunakan kabel sebagai media untuk mentransfer data sedangkan sebagian besar jaringan internet sudah menggunakan teknologi wireless (nirkabel).

Untuk fungsi-fungsi dari jaringan komputer WAN dapat dilihat pada penjelasan dibawah ini.

  • Proses bertukar informasi dan komunikasi menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Efisiensi proses transfer arus informasi menjadi meningkat.
  • Biaya operasional menjadi lebih hemat.

6. Internet

jaringan komputer internet

Saat ini sudah hampir semua orang menggunakan jaringan internet untuk berbagai keperluan sehari-hari, seperti bekerja, mengerjakan tugas, atau hanya sekedar hiburan saja.

Jaringan internet dapat menghubungkan berbagai perangkat seperti PC, laptop, HP, Televisi, dan masih banyak lagi.

Dengan perannya yang cukup penting, dapat dikatakan saat ini jaringan internet menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian besar orang.

Walaupun internet memiliki keunggulan yang cukup banyak, terdapat juga kekurangan dari penggunaanya, seperti penipuan, peretasan, dan kejahatan cyber lainnya.

7. VPN (Virtual Private Network)

macam macam jaringan komputer

Dengan menggunakan jaringan VPN, Anda dapat memungkinkan untuk membuka sebuah situs yang memiliki batasan pada wilayah tempat Anda berada.

VPN bekerja dengan menghubungkan perangkat komputer ke perangkat lainnya di lokasi yang berbeda, jadi Anda dapat mengakses situs walaupun pada wilayah Anda situs tersebut terbatas.

Namun penggunaan VPN juga memiliki beberapa resiko, salah satunya adalah mengandung malware. Terlebih jika Anda menggunakan layanan VPN yang gratis dan terdapat iklan di dalamnya, kemungkinan perangkat Anda terkena serangan malware tentu lebih besar.

Dengan mengetahui dan memahami macam-macam jaringan komputer, tentunya pemahaman Anda mengenai dunia komputasi menjadi lebih meningkat. Anda pun dapat menyesuaikan jaringan komputer yang ingin digunakan dengan kebutuhan Anda.

Baca juga artikel mengenai komponen jaringan komputer. Hal tersebut sangat penting untuk memahami dan mengerti manfaat jaringan komputer.

Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas mengenai klasifikasi jaringan komputer, topologi jaringan komputer, konsep dan sejarah jaringan komputer. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Artikel Terkait:

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *