komponen-komponen komputer
tisucoding.com

Komponen-Komponen Komputer Beserta Fungsi dan Gambarnya

Mengenal komponen-komponen komputer yang terdiri dari perangkat masukan (input device), perangkat keluaran (output device) dan komponen Proses (processing device)

Di dalam sebuah komputer tentunya terdapat beberapa komponen pendukung atau biasa disebut dengan peripheral komputer yang masing-masing memiliki fungsinya yang berbeda.

Jika tidak ada komponen pendukung ini tentunya perangkat komputer tidak dapat beroperasi dengan lancar bahkan tidak dapat digunakan.

Pada dasarnya komponen komputer dapat dibagi menjadi 3 kategori, yakni input (input device), proses (process device), output (output device) dan penyimpanan (storage device)

Berikut ini adalah komponen komponen komputer beserta fungsinya yang harus Anda ketahui.

Daftar Komponen Komputer Lengkap

1. Motherboard

komponen komponen komputer
gambar komponen motherboard

Motherboard adalah sebuah papan sirkuit yang berfungsi sebagai media berbagai macam komponen elektronik yang terpasang dan terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Pada komponen motherboard terdapat beberapa komponen yang menjadi bagian inti, seperti processor, sound card, video card, hingga harddisk.

Fungsi lainnya pada motherboard adalah dapat digunakan untuk menghubungkan setiap komponen komputer lainnya agar dapat saling berkomunikasi dengan baik. Motherboard sendiri memiliki spesifikasi yang berbeda-beda pada setiap perangkat komputer.

Jadi sebuah perangkat komputer akan memiliki spesifikasi yang sesuai dengan motherboard yang digunakan, contohnya seperti spesifikasi jenis processor yang tertanam atau kapasitas maksimal RAM pada motherboard tersebut.

Hal ini harus Anda perhatikan sebab tidak boleh sembarangan dalam memasang komponen CPU di perangkat komputer.

2. CPU / Processor

Processor central processing unit
komponen cpu dan fungsinya beserta gambarnya

Processor adalah salah satu komponen penting di dalam komputer karena perannya yang begitu vital. Jika sebuah perangkat komputer tidak memiliki processor, bisa jadi perangkat komputer tersebut tidak akan berfungsi sama sekali.

Dapat dikatakan processor adalah otak dari sebuah perangkat komputer, jadi semua proses dari perintah user akan dikerjakan melalui sebuah processor walaupun tetap dibantu dengan komponen lainnya.

Jadi jika semakin tinggi spesifikasi dari sebuah processor, maka semakin tinggi pula kecepatan perangkat komputer tersebut dalam memproses sebuah perintah.

Namun yang perlu Anda perhatikan juga bahwa performa dari processor juga tergantung dari besaran RAM dan harddisk yang digunakan.

Jadi jika RAM dan harddisk yang digunakan memiliki kapasitas yang kecil, tentunya performa processor juga akan menjadi lambat walaupun memiliki spesifikasi yang tinggi.

3. Heatsink Fan

Heatsink Fan kipas processor
gambar komponen heatsink fan

Komponen selanjutnya yang terdapat di dalam sebuah perangkat komputer yaitu heatsink fan. Heatsink fan sendiri dapat dikatakan juga sebagai kipas processor karena memiliki fungsi membantu kinerja processor dengan mendinginkan dan menjaga suhu processor agar tetap stabil.

Sebab processor yang terlalu panas atau overhead akan membuat perangkat komputer cepat rusak yang nantinya akan berpengaruh kepada komponen lainnya.

Untuk cara kerja dari heatsink fan sendiri adalah dengan melakukan sebuah proses pendinginan ketika perangkat komputer sedang berjalan. Heatsink fan akan bekerja jika sebuah perangkat komputer menghasilkan panas di bagian processornya.

4. RAM

Ram menampung data sementara
gambar ram komponen komputer

RAM (Random Access Memory) adalah komponen yang cukup penting di dalam perangkat komputer karena berfungsi sebagai tempat untuk menampung data sementara yang sedang diproses oleh processor sebelum nantinya akan dilanjutkan ke komponen yang lain.

Komponen RAM pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, namun harus sesuai dengan spesifikasi dari motherboard yang digunakan.

RAM memiliki perhitungan byte dengan kapasitas yang beragam, mulai dari 256 MB hingga 8 GB. Selain digunakan untuk menampung data sementara, RAM juga memiliki beberapa fungsi lainnya seperti berikut ini.

  • Membantu Penggunaan Multitasking

Dengan menggunakan RAM, perangkat komputer dapat mengerjakan atau membuka lebih dari 1 aplikasi dalam satu waktu.

Semakin besar kapasitas RAM yang digunakan pada perangkat komputer, tentunya akan semakin banyak program atau aplikasi yang dapat digunakan dalam satu waktu.

  • Mempercepat Kinerja Komputer

Semakin besar kapasitas sebuah RAM juga akan membuat kecepatan dalam memproses sebuah informasi menjadi lebih meningkat.

Hal ini dapat terjadi karena RAM yang memiliki kapasitas besar akan dapat menyimpan data lebih banyak yang mengakibatkan proses transfer data ke CPU menjadi tidak terhambat.

  • Menentukan Spesifikasi Komputer

Salah satu parameter sebelum memilih sebuah komputer tentunya adalah kapasitas RAM yang terpasang di komputer tersebut.

Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dalam menentukan spesifikasi RAM pada komputer. Jika hanya untuk pemakaian ringan dalam sehari-hari, Anda dapat menggunakan RAM minimal 2 GB.

5. LAN Card (NIC)

komponen komputer
gambar komponen lan card

Pada perangkat komputer yang digunakan untuk mengakses sebuah jaringan, tentu harus menggunakan LAN card. LAN card adalah sebuah komponen komputer yang memiliki bentuk seperti kartu yang berfungsi menghubungkan beberapa komputer dalam bertukar data.

LAN card dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer yang menggunakan MAC Address.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah fungsi inti dari komponen LAN card di dalam perangkat komputer.

  • Dapat Membuat Sebuah Jaringan Komputer

Dengan adanya LAN card Anda dapat membuat sebuah jaringan dengan beberapa perangkat komputer. Komponen LAN Card dapat menjadi pintu bagi beberapa perangkat komputer yang ingin terhubung ke perangkat komputer lainnya.

  • Menyediakan Saluran Data

LAN card juga tidak hanya dapat digunakan sebagai pintu dalam sebuah jaringan komputer, namun LAN card juga berfungsi untuk menyalurkan data antar satu komputer dengan komputer lainnya.

6. VGA Card (GPU)

VGA Card menampilkan gambar
gambar komponen vga card

Video Graphic Adapter atau yang lebih dikenal dengan VGA adalah salah satu komponen yang memiliki peran cukup vital karena berfungsi untuk mengolah data grafis sebelum ditampilkan ke layar monitor.

Jika di dalam sebuah komputer tidak memiliki VGA, tentu monitor tidak akan menampilkan apapun atau dapat dikatakan blank.

VGA card juga memiliki peran dalam menyimpan seluruh data dalam sebuah harddisk. Semakin bagus kualitas dari VGA card, maka akan membuat tampilan gambar yang muncul di monitor komputer juga akan semakin berkualitas.

Oleh karena itu lah komputer atau laptop yang dirancang untuk keperluan gaming memiliki spesifikasi VGA card yang cukup tinggi.

7. Hard Disk

Hard Disk penyimpan data
gambar harddisk komputer

Harddisk di dalam sebuah perangkat komputer memiliki fungsi yang sama dengan SD card yang terdapat di perangkat HP, yaitu sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data dan sistem operasi di dalam sebuah perangkat komputer tersebut.

Harddisk menggunakan perhitungan byte dalam menghitung kapasitas daya tampungnya, semakin besar kapasitas harddisk maka semakin besar pula data yang dapat tersimpan.

Saat ini harddisk memiliki berbagai macam varian kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, mulai dari kapasitas 250 GB hingga 3 TB.

8. WLAN Card

WLAN Card komponen komputer
gambar komponen wlan card

Wireless Local Area Network atau biasanya disebut dengan WLAN card adalah sebuah komponen komputer berbentuk kartu. Fungsi perangkat peripheral yang satu ini adalah untuk menjembatani perangkat komputer ke sebuah jaringan komputer.

WLAN card dan LAN card memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda, perbedaannya hanya pada media penghubungnya saja.

Jika LAN card masih menggunakan kabel sebagai media penghubung antar komputer, WLAN card sudah menggunakan teknologi wireless atau sudah tidak menggunakan kabel lagi. Terdapat beberapa jenis WLAN card yang sering ditemukan di pasaran, seperti Wireless Card PCI, PCMCIA, dan Wireless USB.

9. Sound Card

Sound Card untuk mengolah data audio
gambar komponen sound card

Sound card adalah komponen komputer yang memiliki fungsi untuk mengolah data audio pada sebuah perangkat komputer.

Sound card dapat dikatakan juga sebagai processor audio, karena cara kerjanya yang mengubah sinyal analog atau sinyal digital yang masuk ke dalam perangkat menjadi bentuk suara yang dikeluarkan oleh perangkat keras speaker.

Komponen sound card juga berfungsi untuk mengatur volume yang terdapat di dalam perangkat komputer. Jika tidak ada sound card, tentunya Anda tidak bisa menaikan atau menurunkan tingkat volume pada perangkat komputer yang digunakan.

10. Monitor

monitor untuk menampilkan data
gambar monitor komputer

Monitor adalah salah satu komponen dari perangkat komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil akhir dari data yang sebelumnya sudah di proses.

Nantinya hasil yang muncul pada layar monitor dapat berupa teks, gambar, atau video sesuai dengan masukan yang diberikan melalui user. Tentunya jika monitor tidak ada, Anda tidak dapat melihat hasil output dari data yang telah diinput sebelumnya.

Terdapat beberapa jenis monitor yang biasanya digunakan pada perangkat komputer, seperti monitor jenis CRT (Chatode Ray Tube), LCD (Liquid Crystal Display, LED (Light Emitting Diode), dan Monitor Plasma.

Dengan berkembangnya teknologi visual, saat ini banyak yang menggunakan monitor plasma karena memiliki kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan jenis monitor lainnya.

11. CD / DVD-ROM

fungsi komponen komputer
gambar cd/dvdrom

CD/DVD-ROM atau optical disk drive adalah komponen hardware yang berfungsi untuk membaca kepingan CD/DVD pada perangkat komputer.

Komponen ini pun juga dapat berfungsi untuk melakukan burning atau copy data yang terdapat di dalam CD dengan menggunakan bantuan berbagai software, seperti Nero, Infra Recorder, dan software sejenis lainnya.

12. Power Supply

Power Supply sebagai sumber daya
gambar power supply

Power Supply di dalam perangkat komputer berfungsi untuk membagi daya atau dapat dikatakan sebagai sumber arus listrik di setiap komponen komputer.

Selain itu, power supply juga dapat digunakan untuk mengubah tegangan DC menjadi AC sebelum akhirnya dialirkan ke setiap komponen yang terpasang pada sebuah perangkat komputer.

Power supply memiliki tegangan daya yang berbeda-beda, tergantung dari spesifikasi perangkat komputer yang Anda gunakan, mulai dari 300 watt, 380 watt, 450 watt, dan masih banyak lagi.

13. Keyboard

komponen komputer
gambar keyboard komputer

Keyboard adalah perangkat peripheral yang harus ada di dalam sebuah komputer karena perannya yang begitu penting. Fungsi keyboard di dalam komputer adalah sebagai komponen untuk memasukan perintah berupa teks.

Tombol yang ada di dalam keyboard sendiri memiliki 2 fungsi utama, yaitu fungsi untuk memasukan input berupa teks dan fungsi dalam mengkombinasikan lebih dari dua tombol keyboard.

Terdapat beberapa jenis komponen keyboard yang dapat digunakan pada perangkat komputer, seperti keyboard serial, keyboard PS/2, keyboard wireless, dan keyboard USB.

Namun saat ini yang banyak digunakan adalah jenis keyboard USB dan keyboard wireless. Kedua jenis keyboard tersebut banyak digunakan karena cara pemasangannya yang mudah dan lebih modern.

14. Mouse

mouse sebagai pointer
gambar mouse komputer

Seperti halnya keyboard, mouse termasuk komponen input karena fungsinya yang dapat mengatur gerak kursor dengan cepat.

Mouse juga dapat digunakan untuk memberikan sebuah perintah hanya dengan menekan tombol yang telah tersedia. Untuk lebih lengkapnya lagi, berikut ini adalah beberapa fungsi dari komponen mouse.

  • Dapat digunakan untuk melakukan scrolling layar dengan menggeser roda scroll pada komponen mouse.
  • Mengatur zoom in dan zoom out visual sebuah objek.
  • Mempermudah dalam pekerjaan desain grafis, bermain game, dan melakukan hal lainnya.

15. Bluetooth Adaptor

komponen komponen komputer
gambar bluetooth adaptor

Dengan adanya bluetooth adaptor, Anda tidak perlu menggunakan perangkat tambahan seperti kabel USB untuk mentransfer file dari perangkat HP ke perangkat komputer.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan bluetooth adaptor Anda dimungkinkan untuk mencetak dokumen dengan menggunakan teknologi wireless printer yang tentu akan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati teknologi wireless speaker dengan menggunakan fitur bluetooth yang telah terpasang di perangkat komputer.

Adanya komponen-komponen komputer di atas tentu akan membuat kerja komputer menjadi lebih optimal dalam memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan.

Jika salah satu dari komponen tersebut tidak ada, tentu membuat fungsi komputer menjadi berkurang bahkan tidak dapat digunakan untuk hal apapun.

Rendra Giovani
Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan