Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Komponen Jaringan Komputer dan Fungsinya

4 min read

komponen jaringan komputer
Penjelasan lengkap mengenai komponen atau perangkat jaringan komputer beserta gambar dan fungsinya. Anak jurusan teknik komputer dan jaringan pasti sudah tahu.

Komponen Jaringan Komputer – Komputer menjadi salah satu perangkat yang saat ini wajib dimiliki bagi kalangan pelajar maupun karyawan. Dengan fitur yang dimilikinya, komputer dapat berguna dalam membantu Anda menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan mudah.

Untuk mendukung hal tersebut sebuah komputer tentunya harus memiliki beberapa komponen jaringan agar dapat mengakses internet atau menginstal sebuah software.

Komponen jaringan komputer tersebut memiliki cara kerja tersendiri, jadi fungsi pada masing-masing komponen pun berbeda. Terdapat beberapa komponen yang membentuk sebuah jaringan komputer, contohnya seperti di bawah ini.

Gambar Komponen Jaringan Komputer dan Penjelasannya

Server

server komputer

Server pada jaringan komputer berfungsi memberikan pelayanan terhadap permintaan client untuk menyediakan berbagai perangkat keras yang terdapat di dalam komputer, seperti permintaan memori yang lebih besar, hardisk berkapasitas tinggi, printer yang dapat dipakai bersama-sama, dan masih banyak lagi.

Selain bertanggung jawab untuk permintaan client, server juga bertanggung jawab dalam mengatur lalu lintas data pada sebuah komputer.

Server pun juga dapat berfungsi sebagai media untuk menyimpan file data yang gunanya untuk dapat diakses secara bersama menggunakan file sharing. Anda pun dapat menggunakan server sebagai anti malware untuk melindung komputer client terserang virus.

Pada umumnya server dibagi menjadi 2 jenis, yaitu lokal server dan hosting server. Lokal server khusus digunakan untuk jaringan lokal, sedangkan hosting server dapat Anda gunakan untuk mengakses jaringan internet.

Client

client pada jaringan komputer

Komponen jaringan yang ada pada komputer selanjutnya adalah client. Komputer client sendiri dapat Anda digunakan untuk mengakses layanan yang diberikan oleh komputer server.

Biasanya dalam sebuah jaringan terdapat lebih dari satu komputer yang disesuaikan dengan jumlah pengguna di dalam area tersebut.

Komputer client pun biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan atau mengakses informasi dan data, seperti Microsoft Office, browser, dan komponen hardware walaupun memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan komputer server.

Adapun beberapa fungsi dari komputer client dapat Anda lihat dibawah ini.

  • Memungkinkan Anda untuk mendapatkan akses data dan informasi yang telah diberikan oleh komputer server.
  • Komputer client dapat digunakan sebagai komputer kerja.
  • Anda pun dapat membuat komputer client sebagai administrator bagi komputer-komputer lainnya.

Modem

Modem untuk jaringan komputer

Modem (Modulator Demodulator) adalah sebuah perangkat yang gunanya untuk menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet dengan sebuah saluran telepon.

Modem sendiri adalah perangkat yang terpisah dari komputer, jadi jika ingin menggunakan sebuah modem Anda harus menginstall driver modem tersebut terlebih dahulu.

Adapun modulator di dalam pengertian modem berfungsi untuk mengubah sinyal ke dalam sinyal pembawa yang siap untuk dikirim, sedangkan demodulator berfungsi sebagai pemisah antara sinyal informasi yang berisi data dengan sinyal carrier yang diterima, jadi nantinya informasi yang dibawa tersebut akan diterima dengan baik.

Terdapat beberapa jenis modem yang harus Anda ketahui, seperti modem dial-up yang memiliki kecepatan transmisi data sebesar 56 Kb, modem seluler yang biasanya digunakan pada laptop, modem kabel yang memiliki kecepatan 500 kali lebih cepat dibandingkan modem standar, dan yang sedang populer saat ini adalah modem DSL.

Router

Router pada jaringan komputer

Jika membahas tentang komponen jaringan komputer, tentunya harus terdapat komponen router di dalamnya. Router sendiri berfungsi sebagai penghubung antara LAN dengan jaringan internet di perangkat komputer yang akan Anda gunakan.

Terdapat beberapa keuntungan dalam menggunakan sebuah router, seperti berikut ini.

  • Keamanan yang Baik

Nantinya informasi yang terkirim ke jaringan akan melintasi kabel LAN yang Anda gunakan, jadi data-data di dalam jaringan tersebut kemungkinan kecil dapat tersebar ke pengguna lain.

  • Sistem Keandalan yang Apik

Jika sewaktu-waktu server berhenti berfungsi atau jaringan mati, jaringan lainnya tidak akan terpengaruh.

  • Meningkatkan Kinerja

Dengan menggunakan router, seluruh kinerja jaringan akan meningkat karena akan membagi jaringan tunggal menjadi 2 jaringan.

Contohnya jika terdapat 24 stasiun kerja di dalam sebuah jaringan, dengan menggunakan router maka akan dibagi menjadi masing-masing 12 stasiun kerja.

Hub

Hub jaringan komputer

Hub adalah sebuah komponen pada jaringan komputer yang terdiri dari beberapa port namun masih tetap menggunakan metode broadcast dalam mengirimkan sinyal ke perangkat.

Jadi jika salah satu port sibu, maka port lainnya pun harus menunggu untuk mengirimkan sinyal ke perangkat.

Proses yang terjadi pada hub ini akan memakan bandwidth yang lebih banyak yang juga mengakibatkan jumlah komunikasi menjadi terbatas.

Hal inilah yang menyebabkan komponen Hub sudah jarang digunakan kembali dan banyak pengguna lebih tertarik menggunakan komponen perangkat jaringan pada komputer yang lebih canggih, seperti Switch atau Router.

Switch

pemecah jaringan

Switch juga dapat disebut dengan multiport bridge karena memiliki kegunaan yang hampir mirip dengan komponen jaringan bridge.

Keunggulan switch adalah walaupun terdapat port switch yang sibuk tetap, port-port lainnya masih dapat berfungsi dengan baik.

Switch pun memiliki fitur-fitur yang lebih canggih, contohnya seperti menggunakan alamat perangkat fisik di setiap pesan yang masuk.

Berbeda dengan komponen Hub, Switch tidak melakukan broadcast pesan ke seluruh jaringan, namun hanya akan melakukan broadcast pesan ke sistem atau port dimana pesan tersebut harus dikirim. Hal ini mengakibatkan kecepatan jaringan jika menggunakan switch menjadi lebih meningkat,

Bridge

pembagi jaringan

Keunggulan utama dari komponen Bridge adalah memiliki kemampuan dalam memakai MAC address ketika proses transfer frame ke alamat tujuannya.

Hal ini membuat bridge memiliki kinerja yang lebih pintar dibandingkan komponen Hub karena bekerja di lapisan data link saja.

Repeater

Repeater jaringan komputer

Bagi Anda yang sering menggunakan jaringan WiFi tentu sudah tidak asing lagi dengan komponen ini, yaitu repeater.

Repeater sendiri memiliki fungsi untuk menerima sinyal lalu meneruskannya kembali ke perangkat dengan kekuatan sinyal yang sama. Dengan menggunakan repeater, masalah sinyal WiFi yang tidak terjangkau oleh perangkat dapat teratasi.

Network Interface Card (NIC)

komponen jaringan komputer

NIC atau Network Interface Card adalah sebuah komponen hardware yang dapat digunakan sebagai penghubung antara komputer satu dengan komputer lainnya ke sebuah jaringan.

NIC sendiri memiliki variasi kecepatan yang berbeda-beda, mulai dari 10 Mbps hingga 1000 Mbps. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah kecepatan tersebut akan tergantung juga pada kecepatan LAN yang Anda miliki.

Pada umumnya terdapat 2 jenis NIC, yaitu Wired yang berbentuk kabel untuk mentransfer data dan wireless yang sudah tidak menggunakan kabel, melainkan berisi antena untuk mendapatkan koneksi internet.

Kabel dan Konektor

kabel dan konektor

Salah satu cara untuk dapat mengirimkan sinyal komunikasi ke semua perangkat yaitu dengan menggunakan kabel. Pada sebuah topologi jaringan, Anda harus menggunakan kabel khusus agar perangkat komputer dapat terhubung dengan baik.

Terdapat 2 jenis kabel yang banyak digunakan pada komponen jaringan komputer, yaitu kabel coaxial dan kabel serat optik.

Kabel coaxial memiliki bentuk yang mirip dengan kabel instalasi televisi dan memiliki harga yang lebih mahal namun memiliki kecepatan pengiriman data yang cukup tinggi.

Sedangkan kabel serat optik adalah kabel berkecepatan tinggi yang proses transmisi datanya menggunakan sinar cahaya. Biasanya kabel serat optik ini digunakan untuk tingkat pemerintah karena harganya yang sangat mahal.

Dan untuk konektornya menggunakan RJ45 yang berfungsi sebagai penghubung topologi jaringan komputer. Jenis atau cara pemasangannya ada 2 macam, yakni Straight dan Cross.

Untuk cara memasang konektor memang sedikit rumit. Diperlukan jam terbang yang lumaya agar kabel dan konektor RJ45 terhubung.

Dengan memahami komponen jaringan komputer dan fungsinya, Anda dapat menentukan ingin menggunakan jaringan berkabel atau nirkabel.

Saat ini memang banyak yang lebih menggunakan jaringan nirkabel, namun untuk keperluan tertentu, jaringan berkabel masih tetap dapat menjadi pilihan.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *