Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Fungsi Kombinasi Tombol Keyboard untuk Mempercepat Penulisan

2 min read

kombinasi tombol keyboard
Berbagai macam fungsi kombinasi tombol keyboard yang mempermudah dan mempercepat kinerja. Mulai dari A sampai Z, Lengkap!

Keyboard merupakan salah satu perangkat keras atau hardware memiliki peran yang sangat krusial. Baik pada laptop ataupun PC, keyboard akan memudahkan kita dalam proses mengetik. Tanpa keyboard, kita memang masih bisa menggunakan virtual keyboard, sebuah fitur yang biasanya selalu ada pada PC dan laptop.

Untuk keyboard sendiri memiliki berbagai macam tata letak dan juga jenis port. Silahkan baca artikel sebelumnya mengenai jenis-jenis keyboard.

Kombinasi Tombol Keyboard yang Jarang Diketahui

Fungsi Keyboard

fungsi tombol keyboard
harapanrakyat.com

Fungsi utama dari sebuah keyboard yaitu untuk memasukan data ataupun perintah pada komputer atau lebih dikenal dengan sebutan perangkat input.

Untuk menjalankan fungsinya keyboard didukung oleh susunan tombol-tombol yang masing-masing dari tombol tersebut mampu menjalankan tugasnya masing-masing.

Susunan dari keyboard tersebut yaitu main typing keypad yang merupakan papan ketik yang terdiri dari huruf mulai dari alfabet A hingga Z, serta dilengkapi tanda baca dan angka dari angka 1 hingga angka 0.

Directorial Keys merupakan tombol yang berisi karakter anak panah yang mengarah pada 4 sisi, fungsi dari keyboard ini adalah untuk menggeser kursor dan juga layar ke arah yang diperlukan oleh pengguna.

Numeric atau directional keypad yaitu keyboard yang berisi angka dan tombol yang akan memindahkan kursor, selain itu keyboard ini dinilai dapat memudahkan pengguna untuk mengetik dan memasukan angka kedalam sistem.

Function key merupakan keyboard yang disusun oleh tombol bertanda F1 hingga F12, masing-masing fungsi dari tombol ini adalah untuk menjalankan beberapa perintah seperti untuk menyimpan dokumen, memunculkan menu help, dan fungsi lainnya.

Special keys berfungsi untuk melakukan tugas spesial, spesial keys terdiri atas keyboard home, delete, page up, page down, insert, print screen, pause break dan end.

Modifier keys merupakan keyboard yang terdiri atas tombol control, Alt, dan Shift. Sesuai dengan namanya ketiga tombol ini difungsikan untuk merubah dan memodifikasi fungsi suatu tombol lain pada sebuah keypad, bila tombol ini ditekan bersamaan dengan tombol lain, maka mampu memunculkan sebuah perintah.

Status light atau lock keys merupakan fungsi keyboard sebagai indikator cahaya. Windows keys merupakan keyboard yang berfungsi untuk memunculkan menu pada jendela windows.

Dengan beberapa fungsi yang terletak pada keyboard ini, dapat mempermudah Anda untuk mempercepat pekerjaan pengetikan yang Anda lakukan.

Pekerjaan yang kita lakukan memang kadang tidak dapat dihindarkan dengan kata deadline, terkadang kita memerlukan cara untuk mempersingkat pekerjaan kita untuk mencapai deadline yang kita kejar.

Untuk jenis pekerjaan yang memerlukan pengetikan, Anda perlu untuk melakukan pengetikan dengan cepat,  cara mengetik menggunakan 10 jari dan kombinasi tombol keyboard dapat Anda manfaatkan sebagai jalan pintas untuk mempercepat kegiatan mengetik Anda.

Cara Cepat Mengetik 10 Jari

cara cepat mengetik 10 jari
sungoblog.blogspot.com

Untuk dapat melakukan pengetikan dengan cepat hanya dengan menggunakan 10 jari beberapa hal berikut perlu untuk Anda lakukan.

1. Posisi cara duduk saat mengetik pada posisi yang tepat

Posisi duduk saat mengetik merupakan hal pokok yang perlu untuk diperhatikan. Kenyamanan saat duduk hal penting untuk Anda peroleh saat akan melakukan pengetikan.

Tidak hanya kenyamanan yang Anda perlu dapatkan namun posisi duduk yang dianjurkan oleh kesehatan harus Anda lakukan agar Anda dapat memperoleh kecepatan pengetikan yang cepat.

Adapun posisi duduk yang tepat untuk mengetik saat Anda ingin melakukan pengetikan menggunakan 10 jari yaitu dengan memposisikan punggung pada posisi yang santai dan tidak membungkuk, usahakan kepala tidak pada posisi membungkuk dan terlalu condong ke arah depan.

Untuk posisi dari paha sendiri, posisikan pada posisi yang sejajar dengan lantai, dengan telapak kaki yang menapak pada tanah dan usahakan tidak menggantung.

2. Posisikan jari pada letak yang benar pada keyboard

Posisi jari pada keyboard sangat berkaitan langsung dengan kecepatan mengetik dengan 10 jari. Adapun posisi jari untuk jari tangan untuk mengetik dengan 10 jari yaitu untuk jari pada tangan kanan posisikan telunjuk pada posisi yang menjangkau huruf J,H,U,YM,N,7, dan 6.

Kemudian letakkan jari tengah untuk posisi tugas menekan huruf K,I, koma, tanda atau (/) dan tanda lebih kecil (<).

Untuk posisi jari manis, letakkan pada huruf L,O,9, tanda kurung kiri, titik, dan tanda lebih besar (>) serta Alt, untuk jari kelingking letakkan pada tanda titik dua, tanda petik, enter, huruf P, tanda kurung siku, garis miring, dan shift.

Sedangkan untuk jempol posisikan jempol tangan kanan pada tombol spasi saja.

Untuk posisi dari jari-jari tangan kiri, posisikan telunjuk untuk fungsi menekan huruf F,R,V,G,T,B, angka 4 dan angka 5. Untuk jari tengah posisikan jari untuk huruf D,E,C dan angka 3.

Untuk jari kelingking posisikan pada huruf A,Q,Z,1, Alt, Tabs, Caps Lock, Shift, dan Ctrl. Kemudian untuk jari jempol posisikan untuk menekan spasi.

Dengan memposisikan tangan dan jari pada posisi tersebut, proses mengetik bisa dilakukan lebih cepat karena setiap jari mudah menjangkau huruf pada keyboard.

Kombinasi Tombol Keyboard

kombinasi tombol keyboard

fungsi tombol keyboard

fungsi tombol pada keyboard

fungsi tombol keyboard komputer

fungsi tombol ctrl pada keyboard

fungsi fungsi tombol keyboard

Itu tadi beberapa kombonasi tombol keyboard. Baca juga mengenai sejarah keyboard pertama kali. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Rendra Giovani Memiliki minat di bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Suka baca komik sambil rebahan. Hobi traveling sambil berburu makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *