Kenapa WA Tidak Bisa Mengirim Pesan Padahal Jaringan Bagus?

Banyak yang bertanya kenapa WA tidak bisa mengirim pesan padahal jaringan bagus? Meski tampak sederhana, tapi ternyata hal seperti ini sering dikeluhkan oleh banyak pengguna WhatsApp. Terlebih jika kondisi jaringan sedang bagus-bagusnya.

Lantas, kenapa hal seperti ini bisa dialami beberapa pengguna WhatsApp? Nah, bagi yang ingin tahu penyebab dan cara penanganan masalah seperti ini, langsung saja cek ulasannya berikut hingga tuntas.

Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Mengirim Pesan Padahal Jaringan Bagus dan Tidak Lemot

Kenapa WA Tidak Bisa Mengirim Pesan Padahal Jaringan Bagus

Gangguan seperti tidak terkirimnya pesan saat jaringan bagus memang membuat penggunanya jadi terganggu. Tak hanya komunikasi jadi terganggu, hal seperti ini juga membuat penggunanya jadi bingung.

Padahal di era sekarang, WhatsApp sudah menjadi aplikasi perpesanan yang paling banyak digunakan. Bagi yang penasaran, berikut adalah penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa mengirim pesan padahal kondisi jaringan sedang bagus:

1. Kuota Sudah Habis

Penyebab pertama kenapa WhatsApp tidak mengirim pesan padahal kondisi sinyal bagus adalah karena kuota data sudah habis. Seperti yang kita tahu, saat paket data yang kamu gunakan habis, koneksi internet menjadi tidak berfungsi.

Hal tersebut juga berlaku bagi kamu yang ingin mengirimkan pesan lewat WhatsApp. Biasanya proses pengiriman jadi pending terus-menerus. Solusi terbaiknya, kamu bisa cek paket data secara berkala.

Jika benar kuota internetnya habis, disarankan untuk mengisi ulang ke gerai terdekat langsung.

BACA JUGA  Kelebihan dan Kekurangan Google Drive Lengkap

2. Kecepatan Internet Berkurang

Kecepatan internet juga berpengaruh pada proses pengiriman pesan WhatsApp yang kamu inginkan. Bahkan, jaringan yang lemot juga membuat aplikasi tidak bisa berfungsi dengan baik.

Misalnya, pesan yang kamu ingin kirim tidak akan terkirim dengan baik. Inilah yang menjadi penyebab kenapa WA tidak bisa mengirimkan pesan padahal jaringan bagus. Jadi, cek juga kecepatan internet jika ingin mengirim pesan.

3. Jaringan Internet Trouble

Bukan hanya kecepatan internet yang rendah saja, jaringan internet yang trouble juga mempengaruhi kinerja aplikasi WhatsApp. Jaringan internet yang trouble sulit dideteksi sehingga pesan yang dikirim menjadi tidak terkirim.

Agar tidak kecewa saat mengirim pesan, usahakan menunggu jaringan internet kembali normal saat mengirim pesan. Atau gunakan koneksi WiFi yang lebih lancar agar pesan bisa cepat terkirim.

4. Sedang Mengirim maupun Upload File

Penyebab kenapa WA tidak bisa mengirim pesan padahal jaringan bagus selanjutnya adalah berbarengan dengan proses upload file atau mengirim file tertentu. Biasanya proses ini bukan hanya saat mengirimkan file ke kontak saja, namun juga saat kamu ingin mengupload file di status.

Jadi, kamu yang ingin mengirim pesan harus memastikan tidak ada aktivitas lain dalam WhatsApp yang kamu lakukan. Entah itu hanya sekedar upload status maupun upload file yang ingin dikirim ke chat tertentu.

5. Data Seluler yang Belum Diaktifkan

Pengaturan yang kamu lakukan di dalam ponsel juga mempengaruhi pesan WhatsApp yang kamu lakukan di ponsel. Oleh karena itu, selalu cek data seluler pada ponsel yang kamu gunakan. Pastikan selalu terhubung ketika digunakan untuk mengirim pesan lewat WhatsApp.

Karena jika kamu sampai lupa mengaktifkan data seluler, biasanya pesan yang kamu kirimkan melalui WhatsApp tidak akan terkirim. Meskipun saat itu, kondisi jaringan di ponselmu sedang bagus. Jadi, selalu cek data seluler sebelum memakai ponsel.

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Iklan di Chrome

6. Masalah Cache pada Perangkat

Cache merupakan penyimpanan sementara yang ada pada ponsel. Meski penyimpanan ini berukuran kecil, tapi ternyata sangat mempengaruhi kecepatan aplikasi yang kamu akses. Apabila ada pesan yang tidak terkirim atau pending, mungkin saja aplikasi WhatsApp sedang mengalami masalah cache.

Cache digunakan sebagai menyimpan sementara file yang akan diakses. Jadi, semakin banyak isi penyimpanannya akan semakin lemot aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan.

Inilah penyebab kenapa WhatsApp tidak bisa mengirim pesan padahal jaringan bagus. Agar tidak lemot atau gagal ketika mengirim pesan, usahakan sudah menghapus cache pada WhatsApp secara berkala.

7. Belum Diupdate ke Versi Terbaru

WhatsApp yang tidak dapat mengirim pesan dengan baik juga disebabkan karena aplikasi yang belum diperbarui. Karena aplikasi yang usang biasanya akan membuat performanya jadi menurun, termasuk saat sedang mengirim pesan.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja yang menjadi penyebab kenapa WA tidak bisa mengirim pesan padahal jaringan bagus. Dengan tahu penyebabnya, kamu bisa mengantisipasi langkah terbaik yang akhirnya bisa membuat pesan terkirim normal kembali.