Kenapa Voucher Shopee Tidak Bisa Digunakan? Inilah 6 Penyebabnya

Tisucoding.com – Lagi butuh beli barang penting tapi kenapa voucher Shopee tidak bisa digunakan ya? Nggak perlu bingung apalagi sampai kesal ya, karena kamu bisa temukan jawabannya di sini. Belanja pakai voucher memang ampuh untuk berhemat ya, mulai dari gratis ongkir, potongan harga, dan bisa juga cashback.

Biasanya, voucher gratis ongkir sudah tersedia karena ditambahkan otomatis ke akun kamu setiap bulannya. Sedangkan untuk cashback dan potongannya harga biasanya harus diklaim manual nih. Kalau voucher kamu tidak bisa digunakan, coba cek penyebabnya berikut ini ya

Kenapa Voucher Shopee Tidak Bisa Digunakan?

Kenapa Voucher Shopee Tidak Bisa Digunakan

1. Kategori Produk Tidak Sesuai

Masing-masing voucher di Shopee punya syarat dan ketentuan yang berbeda nih, seperti salah satunya hanya bisa untuk kategori produk tertentu.

Nah, kenapa voucher Shopee tidak bisa digunakan padahal sudah di klaim? Bisa saja salah satu penyebabnya adalah barang yang kamu beli tidak sesuai dengan kategori syarat dari si voucher itu sendiri.

Misalnya voucher tersebut untuk kategori barang elektronik, tapi barang yang kamu checkout adalah baju. Maka sudah pastinya vouchernya tidak berlaku.

2. Voucher Kadaluarsa

Masing-masing voucher punya tanggal kadaluarsanya yang berbeda, ada yang berlaku 1 hari saja, beberapa hari, minggu, atau juga lebih. Agar voucher kamu tidak hangus sia-sia, pastikan untuk selalu cek tanggal kadaluarsanya ya.

3. Harga Barang Tidak Sesuai

Salah satu alasan kenapa voucher Shopee tidak bisa digunakan bisa karena harga dari barang yang kamu checkout kurang dari minimum pembelanjaan. Masing-masing voucher biasanya sudah ada keterangan minimum total belanjaan kok, jadi tinggal kamu cek saja.

BACA JUGA  Gimana Cara Mengetahui Chat Shopee Dibaca atau Belum?

4. Metode Pembayaran Tidak Sesuai

Belanja di Shopee termasuk gampang karena ada banyak pilihan metode pembayaran, mulai dari transfer bank sampai isi Shopeepay. Kalau kamu pilih transfer bank tapi voucher kamu hanya untuk metode pembayaran Shopeepay, sudah pasti voucher tidak bisa digunakan ya.

5. Salah Pilih Jasa Pengiriman

Alasan lain kenapa voucher Shopee tidak bisa digunakan mungkin karena jasa ekspedisi yang kamu pilih tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan dari si voucher.

Biasanya, voucher jenis ini paling banyak untuk gratis ongkir. Misalnya syarat pada voucher adalah menggunakan jasa kirim JNE, tapi yang kamu pilih adalah Sicepat, maka voucher kamu tidak akan bisa digunakan sampai kamu mengubah opsi ekspedisi.

6. Hanya untuk Toko Tertentu

Beberapa voucher di Shopee ada yang berlaku untuk toko tertentu saja lho. Misalnya kamu punya voucher cashback 15% dengan jumlah pembelian minimal Rp100.000 khusus untuk toko dalam kategori Shopee Mall. Kalau kamu berbelanja di Star Seller, sudah pasti voucher ini tidak berlaku.

Cara Klaim Voucher Shopee

Kalau kamu adalah pengguna baru Shopee dan mungkin belum tahu cara untuk klaim voucher, maka kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini ya:

  • Pada halaman utama Shopee, tab menu Voucher & Diskon (biasanya ada di sisi kiri halaman).
  • Cari kategori voucher yang kamu butuhkan (voucher gratis ongkir, cashback, voucher khusus Shopee Mall, voucher untuk merk tertentu, atau lainnya).
  • Kalau sudah menemukan vouchernya, sekarang tab tombol orange dengan tulisan “Klaim” yang ada di sisi kanan voucher tadi.
  • Selanjutnya kamu bisa kembali ke bagian keranjang Shopee untuk checkout barang dengan voucher yang sudah diklaim.
BACA JUGA  2 Cara Bayar Shopee Pakai Gopay Paling Mudah

Sekarang sudah tahu kan kenapa voucher Shopee tidak bisa digunakan? Kalau sayang voucher tersebut hangus, maka kamu bisa beli barang dengan syarat dan ketentuan yang sesuai dengan masing-masing voucher ya. Selamat hunting barang di Shopee!