Kenapa Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan? Berikut Alasan dan Solusinya

Tisucoding.com – Shopee menjadi salah satu marketplace favorit masyarakat Indonesia saat ini. Terlebih aplikasi tersebut memang sering menyediakan berbagai macam promo. Namun, tidak sedikit yang mencari tahu kenapa gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan.

Pada dasarnya, belanja dengan free ongkir memang lebih menguntungkan. Biaya ongkos pengiriman tersebut ditanggung Shopee dengan syarat dan ketentuan khusus. Jika kamu batal checkout karena tidak bisa memakai voucher ongkir, simak ulasan berikut ini.

Kenapa Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan?

Kenapa Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan

Tidak hanya diskon yang membuat seseorang tertarik belanja online. Melainkan juga karena adanya voucher free ongkir yang sayang jika tidak digunakan. Namun, tidak sedikit yang masih bingung ketika gagal memasukkan voucher ongkir.

Tak heran jika akhirnya pengguna tidak jadi melakukan checkout. Padahal, sebaiknya ketahui alasannya terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi tepat.

1. Aplikasi Shopee Belum Diupdate

Shopee menjadi salah satu aplikasi marketplace yang sering update fitur. Tidak semua pengguna menerapkan pengaturan otomatis untuk memperbarui versi aplikasi.

Jika masih menggunakan versi lama, tak jarang beberapa fitur jadi tidak berfungsi dengan tepat. Salah satunya gagal menerapkan voucher gratis ongkos kirim.

2. Seller Tidak Mendaftar Program Free Ongkir

Bingung kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan? Bisa jadi karena seller yang menyediakan produk incaran tidak mendaftar program gratis ongkir. Tak heran jika akhirnya voucher yang kamu klaim tidak berlaku di produk tersebut.

BACA JUGA  8 Rekomendasi Toko Gamis di Shopee Terlaris

3. Voucher Tidak Berlaku di Semua Metode Pembayaran

Meski dikenal loyal menyediakan free ongkir, namun voucher yang disediakan Shopee tidak mendukung semua metode pembayaran. Oleh karena itu, sebaiknya simak kembali syarat dan ketentuan pada voucher ongkir yang sudah kamu klaim.

4. Pilihan Jasa Kirim Tidak Mendukung

Selain harus menyesuaikan metode pembayaran, voucher ongkos kirim Shopee juga tergantung jenis jasa pengiriman yang digunakan. Misalnya voucher free ongkir untuk pengiriman standar tidak selalu berlaku untuk instan/same day.

5. Tidak Memenuhi Total Minimal Pembelian

Hal yang satu ini paling sering menjadi penyebab kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa dipakai. Saat ini Shopee sendiri menyediakan voucher ongkir harian dengan minimal pembelian Rp40.000.

Jika total pembelian barang yang akan kamu checkout kurang dari itu, maka ongkos kirim akan diberlakukan.

6. Kesalahan Sistem HP

Shopee merupakan aplikasi yang berukuran cukup besar untuk HP dengan RAM rendah. Tak heran jika pengguna tiba-tiba mendapati fitur di dalamnya tidak berfungsi. Salah satunya ketika hendak menerapkan voucher gratis ongkir yang ternyata gagal digunakan.

7. Kuota Gratis Ongkir Sudah Habis

Di beberapa momen, voucher gratis ongkir memang memiliki kuota pengguna. Jika kamu gagal menerapkan voucher tersebut, kemungkinan karena sudah digunakan orang lain.

8. Kode Voucher yang Dimasukkan Salah

Hal ini terjadi jika kamu memasukkan voucher secara manual, yaitu melalui kode. Satu huruf atau angka saja salah, maka voucher gratis ongkir tidak bisa digunakan.

Bagaimana Cara Mengatasi Voucher Gratis Ongkir Shopee Tidak Bisa Digunakan?

Jika sudah mengetahui alasan kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa dipakai, selanjutnya silahkan coba beberapa solusinya berikut ini.

BACA JUGA  Apa Itu Contoh Paket Dropship Shopee dan Resi Otomatisnya?
  • Update aplikasi Shopee di Playstore
  • Cari produk yang sama di seller yang menerapkan program gratis ongkir
  • Pilih metode pembayaran melalui Shopeepay atau COD (bila ada)
  • Penuhi total minimal pembelian voucher gratis ongkir
  • Tutup terlebih dulu aplikasi lalu buka kembali

Jika sudah mengetahui alasan kenapa voucher gratis ongkir Shopee tidak bisa digunakan, kamu bisa mempraktikkan solusinya. Berbelanja dengan free ongkir akan lebih menghemat pengeluaran, terutama untuk produk yang diincar.