Kenapa Tidak Bisa Melihat Status WA? Ini Alasannya

Saat menggunakan WhatsApp, kadang ada beberapa masalah yang kerap pengguna aplikasi ini alami. Di antaranya tidak bisa melihat status WA orang lain dengan bebas. Lantas, kenapa tidak bisa melihat status WA kontak yang kita inginkan?

Ternyata ada beberapa alasan yang membuatmu tidak bisa melihat status WhatsApp. Bagi yang ingin tahu, di artikel ini kami akan membahasnya secara lengkap. Beserta dengan cara mudah untuk menangani hak tersebut.

Penyebab Kenapa Tidak Bisa Melihat Status WA Seperti Biasanya

Kenapa Tidak Bisa Melihat Status WA.

Ada berbagai alasan kenapa kamu tidak bisa melihat status WhatsApp sesuai dengan keinginan. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. WhatsApp yang Mengalami Gangguan

Penyebab pertama, bisa saja WhatsApp yang kamu gunakan sedang mengalami gangguan server. Hal seperti ini sangat wajar karena jumlah pengguna WhatsApp di seluruh dunia memang banyak. Hal tersebut membuat lalu lintas pemakaian WhatsApp jadi ramai dan sangat padat.

2. Aplikasi WhatsApp yang Mengalami Masalah

Hal lain yang menyebabkan WhatsApp tidak bisa melihat status selanjutnya adalah adanya masalah pada aplikasi. Masalah yang dimaksud juga beragam. Sebut saja seperti data yang corrupt, ada penumpukan cache, hingga serangan virus pada aplikasi.

BACA JUGA  10 Cara Download Video Youtube Terbaru

3. Nomormu Sudah Diblokir

Saat nomormu sudah diblokir pengguna lain, maka kamu tidak dapat melihat status hingga kontak tersebut membuka pemblokirannya. Untuk melihat apakah kontakmu diblokir atau tidak, cek saja foto profil kontak tersebut.

4. Belum Menyimpan Kontak Tersebut

Penyebab kenapa tidak bisa melihat status WA selanjutnya adalah karena kontak belum menyimpan nomormu ataupun sebaliknya. Bisa juga, nomor WhatsApp yang digunakan target sudah berganti sehingga kamu harus memiliki nomor target tersebut lagi.

5. WhatsApp yang Kamu Gunakan Belum Diupdate

Jika tidak bisa melihat status WhatsApp, bisa saja WhatsApp yang kamu gunakan belum diupdate ke versi paling anyar. Oleh karena itu, update WhatsApp secara berkala agar tidak ada bug saat menggunakan aplikasi juga agar berbagai fitur teranyar bisa digunakan tanpa batas.

6. Penyimpanan Internal yang Penuh

Untuk masalah ini, biasanya ada pemberitahuan jika status WhatsApp yang kamu ingin lihat tidak bisa dilihat seperti biasa karena memori penuh. Untuk mengatasinya, tentunya harus membersihkan memori internal terlebih dahulu agar tidak ada penumpukan cache.

Perlu juga melihat apakah ada file temporary dan data-data lain yang harus dihapus. Jika benar penyimpanan internal penuh, hapus data yang tidak digunakan agar kamu bisa melihat status WA target sesuai keinginan.

Baca juga:

Cara Mudah Mengatasi Status WhatsApp yang Tidak Bisa Dilihat

Setelah paham dengan kenapa tidak bisa melihat status WA, kamu juga harus paham bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut beberapa cara yang dimaksud:

1. Usahakan Menggunakan Koneksi Internet yang Stabil dan Lancar

Pertama, kamu harus memastikan jika koneksi internet yang digunakan benar-benar lancar dan stabil. Karena apabila koneksi internet pada HP lambat atau tak stabil, otomatis status (story) akan loading terus. Akhirnya dapat terbuka (terdownload) sebagaimana mestinya.

BACA JUGA  Penyebab Kenapa Verifikasi WA Lama Sampai Bisa Gagal dan Cara Mengatasinya

2. Update WhatsApp Secara Berkala

Bagi yang tidak bisa melihat status WhatsApp seperti biasa, jangan lupa untuk mengupdate aplikasi WhatsApp pada HP yang kamu gunakan. Dengan cara ini, biasanya aplikasi kembali seperti semula. Pada akhirnya, kamu bisa kembali melihat status WhatsApp sesuai dengan keinginan.

3. Cek Apakah Status Teman Diprivasi atau Tidak

Untuk bagian ini, kamu harus mengecek secara langsung ke HP teman yang status WhatsAppnya tidak terlihat. Karena bisa saja mereka menyembunyikan privasi status dari kontak atau orang tertentu. Di dalam menu tersebut, ada tiga opsi yang harus kamu tahu, yakni:

  • Kontak Saya. Seluruh kontak yang tersimpan di dalam aplikasi dapat melihat status yang ia buat.
  • Kontak Saya Kecuali.
  • Seluruh kontak dapat melihat status tapi ada beberapa kontak yang tidak bisa.
  • Hanya Bagikan dengan. Hanya ada beberapa kontak pilihan yang bisa melihat status yang telah kontak tersebut buat.

Jika kamu masuk ke pengecualian kontak tersebut, otomatis tidak bisa melihat status yang mereka buat. Hal seperti ini sangat wajar karena ada privasi yang perlu dijaga oleh pengguna.

Sekarang kamu sudah tahu alasan kenapa tidak bisa melihat status WA orang lain dan cara penanganannya. Alasannya juga beragam, ada yang berkaitan dengan privasi dan ada juga tentang masalah sistem.