Kenapa Tidak Bisa Download WA dan Cara Mengatasi

Memasang WhatsApp di Android atau IOS ternyata sangat mudah. Tapi tetap kadang ada beberapa masalah yang dialami penggunanya. Misal, WhatsApp tidak bisa didownload di perangkat. Lantas, kenapa tidak bisa download WA di perangkat?

Tentunya ada beberapa penyebabnya. Penyebab inilah yang harus segera diketahui agar pengguna bisa memakai WhatsApp seperti biasa.

Bagi yang ingin tahu dan bingung dengan cara penanganannya, artikel ini sangat tepat karena akan dibahas mengenai hal tersebut.

Kenapa Tidak Bisa Download WA di Perangkat?

Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa perangkat tidak dapat mendownload WhatsApp. Meski begitu, biasanya yang menjadi faktor penyebab bukan dari aplikasinya namun dari perangkat yang kamu gunakan.

Untuk lebih lanjut, berikut beberapa hal yang menyebabkan kenapa perangkat tidak bisa download WhatsApp seperti biasanya:

  • Perangkat tidak mempunyai ruang yang mencukupi untuk menampung WhatsApp.
  • WhatsApp yang kamu download tidak kompatibel dengan sistem operasi perangkat yang kamu gunakan.
  • Masih terus loading dan download tidak merespon.

Tidak bisa download WA memang sangat merepotkan. Terlebih bagi yang ingin menggunakan aplikasi ini untuk chatting. Tapi, tenang saja kamu tetap bisa mengatasi sendiri di rumah.

Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Didownload di Perangkat

Kenapa Tidak Bisa Download WA

Setelah tahu penyebab tidak bisa download WA, kamu harus paham cara untuk mengatasi masalah ini. Sebenarnya, cara untuk mengatasi masalah ini sangat mudah dan tidak ribet. Berikut langkah-langkahnya:

BACA JUGA  Kenapa Google Drive Tidak Bisa Upload File dan Solusinya

1. Cek Koneksi Internet

Hal yang menyebabkan perangkat tidak bisa download WhatsApp bisa saja karena masalah koneksi. Untuk mendownload aplikasi, usahakan memakai perangkat yang stabil dan lancar supaya downloadnya lebih cepat.

Bagaimana untuk mengecek kecepatan koneksi internet yang kamu gunakan? Ikuti tutorial berikut:

  • Kunjungi terlebih dahulu website Speedtest.
  • Tunggu hingga proses loadingnya selesai.
  • Setelah selesai, informasi mengenai kecepatan internet akan ditampilkan

Disarankan, standar minimal kecepatan internet untuk download aplikasi adalah 1 Mbps. Namun, pastikan perangkat yang kamu pakai punya jaringan yang lancar agar mempercepat proses download aplikasi WhatsApp.

2. Cek Memori Internal Perangkat

Ketika hendak memasang aplikasi tertentu, otomatis Play Store akan menyimpan aplikasi tersebut ke memori internal. Ukuran WhatsApp sekitar 20 sampai 30 MB.

Meski kecil tapi jika penyimpanan internalnya tidak mencukupi, tentu saja kamu tidak bisa download aplikasi ke perangkat. Oleh karena itu, cek memori internal perangkat sebelum download WhatsApp. Berikut langkahnya:

  • Buka File Manager pada HP terlebih dahulu.
  • Cari dan pilih data yang dinilai kurang penting.
  • Hapus data tersebut sebelum mendownload WhatsApp.

Harus kamu tahu jika memori internal penuh, otomatis proses download juga terganggu. Bukannya download file tapi pop up “tidak cukup ruang” pada perangkat bakal muncul.

3. Clear Data Play Store

Alasan kenapa tidak bisa download WA adalah adanya masalah di Play Store. Error di Play Store ini kadang tidak diketahui asalnya. Namun, biasanya masalah ini dapat teratasi dengan menghapus data di Play Store. Berikut adalah langkahnya:

  • Masuk ke Setelan pada perangkat yang kamu gunakan terlebih dahulu.
  • Pilih menu Aplikasi.
  • Ketuk opsi Aplikasi.
  • Cari menu Play Store.
  • Selanjutnya, tap di bagian Hapus Data.
  • Ketuk Hapus Data.
BACA JUGA  Apa Mungkin Disadap? Inilah Kenapa Kontak WA Bertambah Sendiri

Tujuan proses ini adalah untuk mereset ulang Play Store yang kamu gunakan. Dengan menyelesaikan proses ini, maka error ketika download WhatsApp jadi hilang sehingga kamu otomatis bisa download WA seperti biasanya.

Baca juga:

4. Setting Tanggal HP dengan Baik

Kesalahan waktu pada HP juga menjadi alasan kenapa tidak bisa download WA di perangkat. Misalnya, WA jadi bisa menerima media (gambar atau foto) saat digunakan.

Salah tanggal juga membuat Play Store jadi bermasalah. Hal tersebut membuat kesalahan koneksi sehingga respon download jadi melambat dan terjadilah error. Ikuti langkah berikut untuk menyetel ulang tanggal di perangkat:

  • Pergi ke menu Setelan terlebih dahulu.
  • Buka opsi Tanggal dan Waktu.
  • Pilih Atur Otomatis 2 Kali.
  • Atur bagian Waktu dan Tanggal HP pada perangkat yang kamu gunakan.

Setelah menyetel ulang tanggal di perangkat, otomatis kamu harus mematikan dahulu perangkat sebelum digunakan. Untuk beberapa seri HP, pengaturan tanggalnya mungkin agak berbeda. Sesuaikan saja dengan perangkat yang kamu pakai pada saat itu.

Mengatasi kenapa tidak bisa download WA sangat mudah karena tinggal menyesuaikan dengan penyebabnya saja. Dengan informasi dan cara mengatasi perangkat tidak bisa download WA, diharapkan kamu tidak bingung lagi.