Kenapa Nomor WA Bisa Dipakai Orang Lain dan Upaya Mengatasinya

Mungkin banyak dari kamu yang ingin tahu kenapa nomor WA bisa dipakai orang lain padahal sebelumnya berfungsi dan terpasang di ponselmu secara normal. Bisa dibilang jika sebagian besar orang yang memakai smartphone mempunyai aplikasi WhatsApp.

Ketika mengalami hal ini tentu saja para pengguna merasa bingung dan panik. Dikhawatirkan bahwa ada informasi penting yang bisa diketahui oleh orang lain.

Kenapa Nomor WA Bisa Dipakai Orang Lain?

Pertanyaan tersebut tidak jarang ditanyakan oleh pengguna WhatsApp. Tentu, kamu juga khawatir bisa hal ini terjadi dan tidak tahu cara mengembalikannya.

Hal tersebut karena aplikasi ini mengusung interface yang sangat sederhana. Jadi, tergolong sangat gampang diikuti. Sayangnya, bisa saja nomor WhatsApp-mu digunakan oleh orang lain. Hal tersebut karena WhatsApp sudah dibajak oleh pengguna lain.

Ciri-Ciri Nomor WA Dipakai Oleh Orang Lain

Kenapa Nomor WA Bisa Dipakai Orang Lain

Setelah tahu kenapa nomor WA bisa dipakai orang lain, kamu harus tahu ciri-ciri nomor WhatsApp yang sudah dipakai oleh orang lain.

Tujuannya agar dapat mengatasi masalah ini secepat mungkin. Hal yang selanjutnya agar nomor WhatsApp bisa kembali diambil dari pihak tak bertanggung jawab tersebut.

Ingat, jangan sampai lambat dalam penanganan hal seperti ini agar chat pribadi yang kamu miliki tidak tersebar. Adapun ciri-ciri nomor WhatsApp bisa digunakan oleh orang lain adalah sebagai berikut:

1. Tidak Bisa Mengakses ke Nomor WhatsApp lagi

Secara umum, WhatsApp memang tidak bisa berjalan di dua atau lebih perangkat secara bersamaan. Apabila kamu tidak dapat mengakses akun WhatsApp kembali, kemungkinan ada pengguna lain yang memakai akun WhatsApp.

BACA JUGA  5 Cara Mempercepat Upload File di Google Drive di PC dan HP

Waspada dan segera lakukan penanganan agar seluruh data penting tidak diketahui orang tak bertanggung jawab tersebut.

2. Lihat WhatsApp Web

Siapa sih yang tak kenal dengan WhatsApp Web? WhatsApp Web bisa disebut sebagai fitur yang memudahkan pengguna ketika ingin mengirim chat lewat browser.

Meskipun sangat membantu pengguna, peretas umumnya tetap bisa memperoleh akses ke WhatsApp Web yang kamu gunakan.

Untuk mengetahuinya, cek dan lihat log serta status obrolan yang kamu miliki. Di halaman awal WhatsApp memang tidak ada tanda jika ada orang yang mengambil nomor WhatsApp. Namun, kamu bisa mengeceknya di menu Pengaturan lanjutan.

  • Pertama, kamu bisa masuk ke opsi Menu terlebih dahulu.
  • Kemudian pilih WhatsApp Web.

Di informasi ini, kamu bisa tahu perangkat apa saja yang mengakses akun WhatsAppmu. Jika melihat ada sesuatu yang mencurigakan, besar kemungkinan nomor WhatsApp sudah diretas.

Tujuan utama kenapa WA bisa dipakai orang lain adalah ingin meretas nomor WhatsApp yang kamu gunakan. Biasanya, mereka menggunakan nomor tersebut untuk tindakan yang tak bertanggung jawab, mulai dari untuk tindak penipuan ataupun hal negatif lainnya.

Baca juga:

Hal yang Perlu Dilakukan Jika Nomor WA Dipakai Oleh Orang Lain

Agar nomor WhatsApp yang kamu miliki tidak dipakai oleh orang lain, tentunya menambahkan keamanan pada WhatsApp sangat perlu. Nah, ini dia kiat-kiat yang harus dilakukan terkait dengan privasi nomor WA kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Aplikasi Kunci

Alasan kenapa nomor WA bisa dipakai oleh orang lain secara permanen adalah karena WhatsApp yang kamu gunakan tidak dilengkapi dengan aplikasi pengunci. Seperti yang kita tahu bahwa WhatsApp belum mempunyai fitur penguncian yang digunakan untuk mengamankan akun.

BACA JUGA  Kenapa Tidak Bisa Melihat Status WA? Ini Alasannya

Meski begitu, kamu tidak usah khawatir karena sekarang ini ada banyak aplikasi pengunci dari pihak ketiga yang bisa digunakan. kamu bisa mendownload dan menggunakan aplikasi kunci tersebut untuk pelindung akun WhatsApp.

Jangan lupa untuk mengatur pola agar bisa buka kunci layar WhatsApp yang kamu gunakan. Dengan begitu, keamanan akun tetap terjaga sehingga nomor WA sulit digunakan oleh orang lain.

2. Keluar dari Akun Secara Berkala

Baik setelah memakai WhatsApp versi desktop maupun seluler, pastikan selalu keluar dari aplikasi apabila sudah selesai menggunakannya.

Alasannya, WhatsApp selalu mengirimkan informasi pemberitahuan apabila ada orang yang masuk ke nomor WhatsApp yang kamu gunakan.

Jika kamu selalu keluar dari akun setelah selesai menggunakan aplikasi, otomatis pengguna akan mendapat peringatan apabila orang lain memakai akunmu.

3. Manfaatkan Enkripsi Dua Arah

Agar akun WhatsApp yang kamu pakai tetap aman dan terjaga dengan baik, sudah seharusnya memakai langkah keamanan enkripsi ujung ke ujung. Langkah ini nantinya digunakan untuk melindungi akun WhatsApp pengguna dengan otentikasi dua faktor.

Jadi akan menciptakan penghalang yang tidak gampang dibobol oleh peretas. Sudah banyak yang memakai fitur ini untuk menjaga keamanan pengguna aplikasi. Jadi, tak ada salahnya jika kamu juga menjadi salah satu pengguna fitur ini.

Sekarang kamu sudah tahu kenapa nomor WA bisa dipakai orang lain. Tentu saja, segera ambil tindakan agar data penting yang kamu miliki di nomor tersebut tidak tersebar ke orang lain. Jangan sampai terlalu panik atau bahkan mengabaikan hal ini.