Kenapa Kode Keamanan WA Berubah?

Bagi yang menggunakan aplikasi WhatsApp, mungkin pernah mendapat masalah saat sedang chatting dengan seseorang. Misalnya, tiba-tiba muncul popup ‘security code changed’ atau ‘kode keamanan berubah, ketuk untuk info selengkapnya’. Lantas, kenapa kode keamanan WA berubah?

Sebenarnya, kode keamanan WA yang berubah bukanlah perkara yang besar. Pasalnya, sebagai pengguna kamu tetap bisa melakukan chat obrolan secara normal. Namun, munculnya notifikasi ini pasti membuat banyak pengguna jadi ingin tahu dan pemanasan.

Mengenal Apa itu Kode Keamanan WA

Kenapa Kode Keamanan WA Berubah

Hal yang perlu kamu tahu bahwa setiap obrolan yang dilakukan pengguna aplikasi WhatsApp selalu dilengkapi dengan kode keamanan. Obrolan ini berlaku untuk seluruh kontak yang kamu miliki.

Tujuannya tidak lain untuk memudahkan verifikasi WhatsApp jika pesan sudah terkirim maupun diterima. Berikutnya, chatting atau obrolan yang kamu lakukan tadi akan diberikan kode keamanan pribadi secara end to end.

Kode keamanan ini ditujukan agar tidak ada orang lain yang melihat maupun menyadap obrolan tadi. Kecuali jika orang lain melihat isi chat di WhatsApp secara langsung.

Kenapa Kode Keamanan WA Berubah?

Kenapa kode keamanan WA berubah ketika digunakan untuk proses enkripsi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya, kontak yang kamu miliki tadi telah melakukan install ulang aplikasi WhatsApp pada perangkat device (Android or iPhone).

Atau kontak tersebut sudah berganti ponsel sehingga memerlukan kode keamanan WhatsApp yang baru juga. Bagi yang mendapatkan notifikasi security code changed whatsapp atau akrab disebut error kode keamanan WA sudah berubah, kamu tidak usah khawatir maupun panik lagi.

BACA JUGA  2 Cara Membatalkan Upload Google Drive, Wajib Tahu!

Pasalnya, kode keamanan WhatsApp yang berubah ini hanya sekedar peringatan dari kegiatan yang baru dilakukan kontak kamu tadi. Artinya, kode keamanan yang berubah tidak memengaruhi nomor WhatsApp yang kamu gunakan.

Karena hanya sebagai notifikasi dari pihak WhatsApp jika nomor yang kamu ajak ngobrol sudah ganti perangkat. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan maupun dicemaskan soal keamanan akun WhatsApp yang kamu pakai.

Kode Keamanan WA Telah Berubah, Apakah Chat yang Tersimpan Juga Hilang?

Sekarang, kamu sudah tahu alasan kenapa kode keamanan WhatsApp berubah. Mungkin ada pertanyaan apakah saat menerima kode keamanan WA yang berubah, chat yang tersimpan juga akan hilang. Hal seperti ini tentu cukup membingungkan bagi beberapa pengguna WhatsApp.

Terlebih bagi mereka yang menggunakan WhatsApp untuk keperluan bisnis. Tentunya tidak ingin chat pribadi dengan klien terhapus atau hilang begitu saja. Sebenarnya, notif wa security code changed ini tidak memberi berdampak buruk pada kita.

Berbeda dengan orang yang melakukan re-install aplikasi WhatsApp tersebut. Biasanya, riwayat chat yang mereka miliki akan hilang atau hanya menyisakan beberapa chat saja.

Biasanya riwayat yang akan ditampilkan di aplikasi ini hanya sampai terakhir kali kontak tersebut melakukan backup file pada aplikasi WhatsApp yang mereka gunakan. Artinya, kamu tidak ikut terdampak atas kode keamanan yang berubah pada aplikasi WhatsApp tersebut.

Terkait:

Cara Mematikan Security Code Changed pada Aplikasi WhatsApp

Jangan hanya tahu kenapa kode keamanan WA berubah saja. Kamu juga harus paham bagaimana agar bisa mematikan kode keamanan WhatsApp ini. Tujuannya supaya tidak terganggu dengan notifikasi yang muncul.

BACA JUGA  3 Cara Mengunci Google Drive untuk Meningkatkan Keamanan Data  

Bagi yang belum tahu, simak cara mudah untuk mematikan kode keamanan ini berikut:

  • Kamu harus membuka HP Android atau iPhone yang digunakan terlebih dahulu.
  • Kemudian masuk ke aplikasi WhatsApp yang kamu pakai.
  • Masuk ke Menu Setelan atau menu ber-icon Titik Tiga di sebelah kanan atas.
  • Selanjutnya, masuk ke opsi menu ‘Akun’.
  • Di dalam opsi ini, kamu bisa memilih opsi Keamanan.
  • Di tulisan, ‘Tampilan Notifikasi Keamanan’ geser saja toggle ke kiri sampai warnanya berubah jadi redup.

Dengan melakukan tindakan tersebut, kamu sudah berhasil menonaktifkan notif kode keamanan pada WA. Dengan menonaktifkan kode ini, kamu tidak akan mendapat notifikasi saat kode keamanan salah satu kontak yang ter-enkripsi end-to-end telah berubah.

Bagaimana dengan keamanannya? Apakah berubah atau jadi tidak aman lagi? Meski begitu, kamu tidak usah risau. Pasalnya, percakapan maupun chat yang kamu lakukan di aplikasi WhatsApp tetap aman.

Bukan hanya aman, privasi chat tersebut juga tetap terjaga dengan baik. Pasalnya, fitur enkripsi end-to-end pada WhatsApp tetap aktif dan bisa digunakan sesuai keinginan.

Jadi, kamu sudah tahu kenapa kode keamanan WA berubah secara berkala. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena hal tersebut tidak memengaruhi chat akun WhatsApp yang kamu miliki.